TUTORIAL PENGISIAN SIMPEG BKD PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian atau disebut juga dengan SIMPEG merupakan fasilitas yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk memudahkan para ASN, terutama PNS, untuk mengelola data kepegawaian berbasis online. Hal ini memudahkan PNS untuk mengirimkan data kepegawaian dengan lebih cepat dan paperless, sehingga ramah lingkungan, tentunya. Semua data kepegawaian terhubung dengan sistem sehingga semua keperluan administrasi kepegawaian yang berhubungan dengan tunjangan provinsi, misalnya, dapat dengan lebih mudah diproses.
 Langkah pertama dalam pendaftaran adalah mempersiapkan data kepegawaian yang harus diunggah, yaitu SK Jabatan terakhir. Pada tahap ini, pengguna diminta untuk mengunggah file SK Peralihan pegawai provinsi dalam format .jpg atau .pdf dengan ukuran maksimal 2 mb.
Hal yang perlu diperhatikan adalah pengisian data SIMPEG merupakan kewajiban dan tanggung jawab masing-masing pegawai. Artinya, pengisian data tidak boleh diwakilkan oleh operator SKPD (operator sekolah) karena kesalahan input data menimbulkan konsekuensi langsung terhadap pegawai yang bersangkutan.
Setelah data SK peralihan provinsi sudah siap, silahkan masuk ke situs resmi SIMPEG Kalsel. Pengisian data dapat dilakukan menggunakan komputer, laptop, maupun smartphone. Salah satu tips untuk para ASN adalah siapkan semua berkas penting ada dalam bentuk .pdf maupun .jpg dalam smartphone. Hal ini sangat memudahkan ketika kita perlu untuk mencari data kepegawaian dengan cepat dan mudah dimanapun dan kapanpun. Simpan dalam folder khusus di smartphone sehingga kita tidak perlu membuka tumpukan file di kantor. Misalnya, SK Berkala yang selalu diperbaharui setiap 2 tahun sekali dapat segera di-scan kemudian salin ke laptop, smartphone, google drive, kalau perlu, supaya data kita aman.

Pada bagian registrasi, ASN diminta untuk mengisi data awal. Hal yang perlu diperhatikan adalah perbedaan antara unit kerja dan satuan kerja. Bagi guru di bawah naungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, unit kerja diisi dengan nama sekolah, sedangkan satuan kerjanya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. 
Unggah SK peralihan provinsi dan masukkan kode untuk registrasi.


Selanjutnya, silahkan log in dengan memasukkan email dan password yang telah didaftarkan. Jangan lupa untuk memilih tingkat pengguna sebagai ASN, lalu klik log in. Pilih email dan password yang mudah diingat dan masih aktif. Akan lebih baik lagi jika email yang dipakai selalu terkoneksi dengan smartphone, bukan email cadangan.



Tampilan dashboard menunjukkan data statistika secara umum kepegawaian provinsi Kalimantan Selatan sekaligus berita terbaru dari Badan Kepegawaian Daerah.
Perbedaan tampilan menubar sesuai dengan level kepegawaian. Pastikan akun yang sedang aktif adalah benar.
Menu data pokok menunjukkan data apa saja yang perlu diinput dalam situs tersebut. Tips selanjutnya adalah, sebelum memasukkan data, catat dan siapkan data apa saja yang perlu di-scan. Akan sangat merepotkan tentunya apabila di tengah aktivitas input data, ternyata masih ada SK Berkala yang lupa di-scan, misalnya. Jadi, setelah anda menemukan tampilan ini, jangan terburu-buru. Buat daftar SK atau sertifikat diklat apa saja yang harus dikumpulkan.
Jika anda menemukan data yang tidak sesuai dalam SIMPEG seperti di atas, segera lakukan perbaikan.
 ASN dapat mengisi data pada menu input data. Bukan riwayat data. Karena tab riwayat data hanya menunjukkan data apa saja yang telah diinput sebelumnya.
 Contoh tampilan tab riwayat data yang telah terisi.
 Hal yang perlu diingat adalah semua data kepegawaian yang diinput harus disertai dengan unggahan scan bukti fisiknya, baik berupa SK, sertifikat, dan lain-lain.
Tips selanjutnya adalah silahkan me-restore down layar browser dan photo viewer anda sehingga saling berdampingan untuk memudahkan proses input. Hal ini sangat menghemat waktu anda daripada berpindah-pindah dari satu windows ke windows lain. Setelah selesai, file bisa langsung diunggah.
 Semua data yang telah diisi akan dirangkum dalam biodata dalam tampilan siap cetak.
 Contoh pengisian data CPNS. Pejabat pengesahan tidak perlu mencantumkan nama.
 Hal yang sama juga pada pengisian data PNS. Penggunaan huruf kapital sangat dianjurkan.
 Data pangkat adalah data kepangkatan sejak awal ditugaskan. Bagi guru tentunya bermula dari III a, kecuali untuk kasus tertentu.
Pengisian data jabatan bagi guru dilakukan dengan mengacu pada SK Jabatan Fungsional. Bagi guru SMA/SMK instansi kerja diisi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, unit kerja adalah sekolah tempat mengajar, dan satuan kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Selatan. Jenis jabatan adalah fungsional tertentu, sedangkan jabatannya sesuai dengan SK (guru pertama/ guru muda, dst) dengan isian tingkat jabatan non-eselon.
 Data pendidikan diisi mulai dari jenjang SD hingga pendidikan terakhir yang telah diakui oleh BKD. Jadi, bagi yang melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2, misalnya, dan belum melaporkan ke BKD, tidak dapat menggunakan titel kependidikannya karena datanya belum diakui oleh BKD.
 Segala macam bentuk diklat yang diikuti oleh pegawai tentu saja mendapat penghargaan dalam bentuk Indeks Prestasi yang tentunya diperhitungkan berdasarkan data yang masuk melalui SIMPEG.
 Pengisian data keluarga agar lebih akurat dapat mengacu pada data di Kartu Keluarga.
 Tanda jasa yang diperoleh dapat diunggah melalui SIMPEG, seperti satya lencana.

Data organisasi adalah data keaktifan pegawai pada organisasi profesi maupun non profesi. File yang diungga adalah kartu tanda anggota.

Sekian tutorial pengisian data kepegawaian bagi pegawai pemerintah provinsi Kalimantan Selatan. Data ini diperoleh dari BKD pada bimbingan teknis peningkatan kemampuan tenaga kepegawaian di hotel Aria Barito pada 18-20 Maret 2019.

Komentar

Postingan Populer