RPP SUMBERDAYA ALAM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(Pertemuan:2)

            Nama Sekolah                         : SMA Negeri 6 Surakarta
            Mata Pelajaran                        : Geografi
            Kelas/Program/Semester         : XI/IPS/1
            Alokasi Waktu                        : 2 × 45 menit
            Standar Kompetensi                : 2.     Memahami sumberdaya alam.
            Kompetensi Dasar                   : 2. 2  Mengidentifikasi Jenis-Jenis Sumberdaya Alam

A.    Indikator
1.      Kognitif
a.      Produk
1)      Mampu menganalisis klasifikasi sumberdaya alam
b.      Proses
1)      Mengidentifikasi penggolongan Sumber daya alam

2.      Psikomotorik
1) Melakukan pengamatan terhadap media/tayangan tentang klasifikasi sumberdaya alam di Indonesia beserta contohnya.
3.      Afektif
a.      Karakter
Peduli, tanggungjawab, bekerjasama, terbuka, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap:
1)    Klasifikasi sumberdaya alam
b.      Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang:
1)                                                                           Klasifikasi sumberdaya alam
B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif
a.      Produk
1)   Siswa dapat menganalisis klasifikasi Sumber daya alam
b.      Proses
1)    Siswa dapat memanfaatkan media power point untuk           mengidentifikasi penggolongan sumberdaya alam

2.      Afektif
a.      Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan dan pemahaman yang baik tentang klasifikasi sumberdaya alam
b.      Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu mendeskripsikan tentang klasifikasi sumberdaya alam di Indonesia.

C.    Materi Pembelajaran
1.      Klasifikasi sumberdaya alam

D.    Metode dan Model Pembelajaran
Metode pembelajaran       : Kolaboratif  (STAD)

E.     Langkah-langkah Pembelajaran

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
·         Guru memberi salam dan menanyakan kabar siswa serta melakukan presensi.
·         Guru menjelaskan standar kompetensi, kompetensi dasar.
·         Guru memberikan apersepsi dengan menampilkan gambar contoh sumberdaya alam yang ada di lingkungan siswa.
·         Guru meminta siswa untuk bertanya dan memberikan pendapat.
10
Ceramah, tanya jawab
2.
Kegiatan Inti
a)      Eksplorasi
·         Guru menyampaikan materi kepada siswa tentang klasifikasi sumberdaya alam.
·         *) Dalam menyampaikan materi guru menampilkan gambar dan menyelingi dengan beberapa pertanyaan yang disesuaikan dengan materi.
b)      Elaborasi
·         Kelas dibagi  8 kelompok, setiap kelompok diperintah untuk mengidentifikasi sumberdaya alam tambang di Indonesia dengan menggunakan Peta Persebaran Sumberdaya Alam Tambang di Indonesia dan analisa alasan terbentuknya pola persebaran sumberdaya alam tambang di peta tersebut.
·         Guru memimpin jalannya diskusi, memberikan bimbingan dan arahan kepada kelompok yang kurang memahaminya.
c)      Konfirmasi
·         Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi. Kelompok lain berpartisipasi dalam presentasi tersebut.
·         Guru mengarahkan siswa dalam menyimpulkan hasil diskusi.
70
Ceramah, tanya jawab, dan diskusi (STAD).
3.
Penutup
·         Guru memberi kesempatan siswa bertanya tentang materi yang di diskusikan tadi.
·         Melakukan refleksi materi yang dibahas.
·         Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam.
10’
Ceramah

F.     Sumber Pembelajaran
1.      Endarto  Danang, Geografi 2 : Untuk SMA/MA Kelas XI, Jakarta: Pusat Perbukuan, DepartemenPendidikan Nasional, 2009
2.      Lembar Kerja Siswa

G.    Alat Pembelajaran
·         White Board
·         LCD
·         Laptop

H.    Media Pembelajaran
·         Powerpoint klasifikasi sumberdaya alam
·         Peta Persebaran Sumberdaya Alam Tambang di Indonesia
·         Peta Persebaran Sumberdaya Alam Minyak Bumi di Indonesia
·         Peta Persebaran Gas Alam di Indonesia
·         Peta Persebaran Nikel di Indonesia
·         Peta Persebaran Geotermal di Indonesia
·         Peta Persebaran Deforestasi Hutan di Indonesia

I.       Penilaian
  1. Kognitif
     Penilaian dengan kisi-kisi sebagai berikut:
Identifikasi potensi dan persebaran sumberdaya alam tambang berikut ini! Gunakan Peta Persebaran SDA Tambang Indonesia.

a.       Minyak bumi
b.      Timah
c.       Emas
d.      Garam
e.       Kapur

Kunci jawaban:
a.                   Minyak bumi
Minyak bumi digunakan sebagai nahan bakar mesin serta penghasil lilin dan benda-benda lain yang digunakan untuk industri. Minyak bumi Indonesia tersebar di Cepu (Jawa Tengah), Cirebon (Jawa Barat), Kutai, Tarakan (Kalimantan Timur), dan Sorong (Papua).
b.                   Timah
Pemanfaatan timah di antaranya digunakan untuk peluru, pelapis kaleng, pembungkus rokok, campuran kuningan dan perunggu. Bijih timah tersebar di Pulau Bangka Belitung, Pulau Singkep, dan Pulau Karimun.
c.                   Emas
Logam emas digunakan sebagai bahan baku perhiasan dan bahkan saat ini digunakan untuk bahan kosmetik. Potensi endapan emas terdapat di hampir setiap daerah di Indonesia, seperti di Pulau Sumatra, Kepulauan Riau, Pulau Kalimantan, Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.
d.                  Garam
Yodium biasa digunakan untuk campuran garam dapur yang berupa bahan kimia berwarna kelabu kehitaman dan mengkilat. Selain sebagai campuran garam, yodium juga sebagai bahan obat-obatan antiseptik.Mineral yodium tersebar di Madura, Semarang dan Mojokerto.
e.                   Kapur
Pemanfataan kapur digunakan untuk bahan bangunan merupakan bahan baku semen , teraso, keramik. Batu kapur tersebar di Pegunungan Seribu (DIY), Kebumen, Cilacap (Jawa Tengah), Gresik (Jawa Timur), Cibinong, dan Pelimanan (Jawa Barat).
  1. Afektif
Ditentukan dengan kriteria:

a)    Minat
b)   Sikap

  1. Psikomotor
Ditentukan oleh:
c)    Keterampilan dasar mengutarakan pendapat
d)   Keterampilan dasar menganalisis studi kasus
Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pemahaman materi pembahasan




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:

Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 – 79
Cukup
2
56 – 67
Kurang
1
< 55

Mengetahui,                                                                Surakarta, 1 November 2011
Guru Pengampu                                                                        Praktikan,



Dra. Diani Marhaenita                                                            Ririn Wijiastuti
NIP/NIK.1966 1120 1990 03 2 008                                       NIM. K5408047



LAMPIRAN MATERI
PENGGOLONGAN SUMBER DAYA ALAM

a.      Berdasarkan Bentuk Yang Dapat Dimanfaatkan
1)      Sumber daya alam ruang, yaitu tempat yang diperlukan manusia dalam hidupnya. Makin besar kenaikan jumlah penduduk maka sumber daya alam ruang makin sempit dan sulit diperoleh. Ruang dalam hal ini dapat berarti ruang untuk areal peternakan, pertanian, perikanan, ruang tempat tinggal, ruang arena bermain anak-anak, dan sebagainya.
2)      Sumber daya alam materi, yaitu bila yang dimanfaatkan oleh manusia adalah materi sumber daya alam itu sendiri. Contoh: Mineral magnetit, hematit, limonit, siderit, dan pasir kuarsa dapat dilebur menjadi besi/baja yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, di antaranya untuk kerangka beton, kendaraan, alat rumah tangga, dan lainlain.
3)      Sumber daya alam energi, yaitu energi yang terkandung dalam sumber daya alam. Bahan bakar minyak (bensin, solar, minyak tanah), batu bara, gas alam, dan kayu bakar merupakan sumber daya alam energi karena manusia menggunakan energinya untuk memasak, menggerakkan kendaraan, dan mesin industri.
4)      Sumber daya alam hayati, yaitu sumber daya alam berbentuk makhluk hidup, yaitu hewan dan tumbuhan. Sumber daya alam tumbuh-tumbuhan disebut sumber daya alam nabati, sedang kan sumber daya hewan disebut sumber daya hewani.
5)      Sumber daya waktu. Sulit dibayangkan bahawa waktu merupakan sumber daya alam. Sebagian sumber daya alam, waktu tidak berdiri sendiri melainkan terikat dengan pemanfaatan sumberdaya alam lainnya. Contohnya air sulit didapatkan pada musim kemarau. Akibatnya mengganggu tanaman pertanian.
b.      Berdasarkan Pembentukannya / pemulihannya
1)      Renewable Resource /dapat diperbaharuhi
Adalah sumber daya alam yang dapat dikembalikan persediaannya dengan cara yang relatif mudah dan waktunya relatif cepat, misal hasil pertanian, perkebunan, kesuburan tanah dll.
a)      Pembaruan dengan reproduksi contohnya pada SDA Hayati, seperti :tumbuhan, hewan
b)      Pembaruan dengan adanya siklus pada SDA materi, seperti air, udara dan tanah.
2)      Unrenewable Resource/tidak dapat diperbaharuhi
Adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharuhi setelah habis dipergunakan atau pemulihannya memakan waktu yang sangat lama jutaan tahun, misal  minyak bumi, batu bara dan berbagai jenis tambang mineral yang lain. Contohnya batu bara, emas, batugamping, minyak bumi, bahan radioaktif. 
c.       Berdasarkan Sifatnya
1)      Sumber Daya Alam  Fisik
Adalah sumber daya alam yang berupa benda (tak hidup), misal barang tambang, air, tanah dll
2)      Sumber Daya Alam Hayati
Adalah sumber daya alam yang berupa makhluk hidup, baik tumbuhan maupun hewan.
d.      Berdasarkan Kecepatan Habisnya
1)      Sumber daya alam yang cepat habis
      Sumber daya alam yang cepat sekali  habis, karena nilai konsumtifnya tinggi, sehingga banyak pemakainya. Misal ; minyak bumi, gas alam dan bahan bakar lainnya konsumsinya tinggi.
2)      Sumber Daya Alam yang tidak cepat habis
      Sumber daya alam yang nilai nya tidak akan pernah habis, dan biasanya nilai konsumtifnya rendah, misal emas, intan mutiara dll
3)      Sumber Daya Alam yang tidak akan habis
      Sumber daya alam yang tidak akan habis karena ada pembaharuan secara alami, misal ; sinar matahari, udara/oksigen.
e.       Berdasarkan Lokasinya
1)      Sumber Daya Alam Terestrial
      Adalah sumber daya alam yang berada di daratan, misalnya bahan galian, tanah, hutan dll
2)      Sumber Daya Alam Akuatik
      Adalah sumber daya alam yang berada di lautan, misalnya ikan, rumput laut, garam, energi gelombang dll.
f.       Berdasarkan asalnya
1)      Sumber Daya Alam Biotik (organik) merupakan SDA yang berasal dari kehidupan.
Contoh: batubara, minyak bumi.
2)      Sumber Daya Alam Abiotik (anorganik) merupakan SDA yang berasal bukan dari kehidupan. Contoh: timah, emas, bauksit.
g.      Sumber daya alam berdasarkan nilai ekonomis atau kegunaannya
1)      Sumber Daya Alam Ekonomis Tinggi merupakan sumber daya alam yang dalam mendapatkannya memerlukan biaya yang tinggi. Contoh: mineral dan logam mulia seperti emas, perak, intan.
2)      Sumber Daya Alam Ekonomis Rendah merupakan sumber daya alam yang dalam mendapatkannya memerlukan biaya yang relatif murah. Contoh: Pasir, Batu.
3)      Sumber Daya Alam non Ekonomis merupakan sumber daya alam yang dalam mendapatkannya tidak memerlukan biaya. Contoh: Udara, Sinar dan Panas Matahari



Komentar

Postingan Populer