RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Well, selama PPL, saya mendapatkan tugas menyusun RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) untuk mengajar selama 1 tahun. Tanpa adanya RPP, pasti sulit memberikan pelajaran kepada siswa secara efektif.
Jadi, inilah RPP yang saya susun dengan sepenuh hati menggunakan format terbaru 2011. Acuan yang digunakan adalah format RPP baku yang diberikan saat PLPG Guru mata pelajaran Geografi SMA.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 6 Surakarta
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI/Gasal
Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami sumberdaya alam.
Kompetensi Dasar : 2. 1 Menjelaskan pengertian sumberdaya alam
A. Indikator
1. Kognitif
a. Produk :
1) Mampu menganalisis pengertian Sumber Daya Alam
2) Mampu menganalisis faktor penyebab Indonesia kaya sumberdaya alam
b. Proses :
1) Menganalisa pengertian Sumber daya alam
2) Mengidentifikasikan faktor penyebab Indonesia kaya Sumber daya alam
2. Psikomotor
1) Melakukan pengamatan terhadap media atau tayangan slide tentang Sumber daya alam
2) Melakukan pengamatan terhadap media atau tayangan slide tentang faktor Indonesia kaya sumber daya alam.
3) Melakukan interpretasi terhadap Peta Ring of Fire dan Peta Sebagian Tektonik Lempeng Dunia sebagai ilustrasi penyebab kekayaan sumberdaya alam Indonesia.
3. Afektif
a. Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1) Pengertian konsep sumberdaya alam
2) Faktor penyebab Indonesia kaya sumberdaya alam
b. Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1) Pengertian konsep Sumber daya alam
2) Faktor penyebab Indonesia kaya Sumber daya alam
B. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a. Produk
1) Siswa dapat menganalisis pengertian Sumber daya alam.
2) Siswa dapat menganalisis penyebab kekayaan Sumber daya alam Indonesia.
b. Proses
1) Siswa dapat melakukan analisis tentang konsep sumberdaya alam melalui media atau tayangan slide tentang definisi sumberdaya alam
2) Siswa dapat melakukan analisis tentang faktor Indonesia kaya sumberdaya alam melalui media atau tayangan slide.
3) Siswa dapat melakukan interpretasi terhadap Peta Ring of Fire dan Peta Sebagian Tektonik Lempeng Dunia sebagai ilustrasi penyebab kekayaan sumberdaya alam Indonesia.
2. Afektif
a. Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya dalam menganalisis, mengetahui pengertian Sumber daya alam dan faktor penyebab kekayaan sumber daya alam di Indonesia.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mendeskripsikan pengertian sumber daya alam dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberadaannya di Indonesia.
C. Materi Pembelajaran
· Pengertian Sumber Daya Alam
· Faktor proses terbentuknya Sumber daya alam di Indonesia.
D. Model atau Metode pembelajaran
· Model : Contextual Teaching Learning ( CTL )
· Metode : Ceramah dan tanya jawab
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan · Guru memberi salam dan menanyakan kabar siswa serta melakukan presensi. · Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai. · Guru memberikan apersepsi tentang apa yang akan dipelajari melalui video pembelajaran animasi eksploitasi sumberdaya alam dan kerangka berpikir. | 10’ 3’ 2’ 5’ | Ceramah, tanya jawab |
2. | Kegiatan Inti a) Eksplorasi - Guru menggali pengetahuan siswa tentang sumberdaya alam dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai pengertian sumberdaya alam. - Guru menampung berbagai pendapat siswa mengenai sumberdaya alam. b) Elaborasi - Guru menampung beberapa pendapat siswa untuk memberikan gambaran mengenai definisi sumberdaya alam. - Guru menjelaskan kepada siswa tentang konsep sumberdaya alam - Guru menampilkan video ilustratif tentang kekayaan SDA Indonesia. - Guru menjelaskan faktor proses yang mempengaruhi keberadaan sumberdaya alam di Indonesia - Guru menjelaskan pengaruh faktor astronomis, oseanografis, dan geologis sekaligus menampilkan Peta Sebagian Lempeng Tektonik Dunia dan Peta Ring of Fire. c) Konfirmasi - Guru menguatkan kembali definisi sumberdaya alam disertai dengan contoh yang ada di sekitar siswa. - Guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum aktif selama penyampaian materi berlangsung. | 60’ 10’ 40’ 10’ | Ceramah, tanya jawab, dan diskusi. |
3. | Penutup - Melakukan rangkuman materi atau bersama-sama melakukan refleksi, dan memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya. - Memberikan applaus dan pujian untuk siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran sebagai motivasi belajar. - Guru memberikan evaluasi dalam bentuk soal essay untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa pada materi yang telah dipelajari. - Guru menutup pelajaran dengan salam penutup. | 20’ 5’ 15’ | Ceramah |
F. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Sumber Belajar
a. Endarto, Danang dkk. 2009. Geografi Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
b. Anjayani, Ani dan Tri Haryanto. 2009. Geografi Untuk Kelas XI SMA/MA. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
c. Lembar Kerja Siswa
2. Media Belajar
a. Power point Sumber daya alam dan jenis - jenisnya
b. Peta Sebagian Lempeng Tektonik Dunia
c. Peta Ring of Fire
d. Video pembelajaran animasi eksploitasi sumberdaya alam
e. Video pembelajaran kekayaan sumberdaya alam Indonesia
3. Alat belajar
a. LCD
b. Laptop
c. Instrument soal
G. Penilaian
1. Teknik penilaian : tes tertulis
2. Bentuk instrument : soal essai
3. Instrument soal
a) Jelaskan apa yang dimaksud dengan sumberdaya alam?
b) Analisis mengapa Indonesia memiliki kekayaan SDA yang sangat melimpah!
c) Sebutkan contoh SDA yang melimpah ruah di Indonesia dan memiliki nilai ekonomi tinggi!
4. Kunci jawaban
a) Sumber daya alam (Natural Resource) ialah semua kekayaan bumi, baik biotik (mahkluk hidup) maupun abiotik (benda mati) yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kesejahteraan manusia.
b) Indonesia memiliki kekayaan sumberdaya alam yang melimpah disebabkan oleh 3 faktor, yaitu :
1. Letak astronomis
Letak astronomis Indonesia yang berada di daerah lintang rendah, mengakibatkan Indonesia mendapatkan intensitas cahaya matahari yang tinggi. Hal ini sangat baik bagi siklus hidrologi. Sehingga, curah hujan di Indonesia sangat tinggi. Hal ini berimbas pada kesuburan tanah dan secara tidak langsung berdampak pada suburnya tanaman-tanaman di Indonesia. Selanjutnya, Indonesia pun menjadi negara yang kaya akan flora dan fauna serta sumberdaya lainnya.
2. Geologis
Letak Indonesia yang berada di daerah pertemuan dua lempeng tektonik, yaitu lempeng benua Eurasia dan lempeng Indo-australia mengakibatkan banyaknya gunungapi-gunungapi di Indonesia (karena proses subduksi). Indonesia pun terletak di jalur pegunungan muda yang masih aktif. Banyaknya jumlah gunungapi tentu saja menambah kesuburan tanah sehingga sangat baik untuk dijadikan tempat tumbuhnya tanaman.
3. Oseanografis
Indonesia yang merupakan negara maritim tentu saja memiliki wilayah laut yang sangat luas. Hal ini ditambah dengan kekayaan laut yang melimpah dan belum tereksploitasi secara maksimal. Otomatis hal ini menjadikan Indonesia kaya akan sumberdaya alam terutama yang berasal dari laut.
c) Sumberdaya alam yang memiliki nilai ekonomi tinggi sekaligus melimpah jumlahnya di Indonesia adalah minyak bumi, timah, gas alam, emas, bijih besi, dan sebagainya.
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 – 79 |
Cukup | 2 | 56 – 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, Surakarta, 1 November 2011
Guru Pengampu Praktikan,
Dra. Diani Marhaenita Ririn Wijiastuti
NIP/NIK.1966 1120 1990 03 2 008 NIM. K5408047
Lampiran Materi
1. Pengertian Sumber Daya Alam
Sumber daya alam (Natural Resource) ialah semua kekayaan bumi, baik biotik (mahkluk hidup) maupun abiotik (benda mati) yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kesejahteraan manusia.
Proses terbentuknya sumber daya alam di Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain :
1. Secara astronomis, Indonesia terletak di daerah tropik dengan curah hujan tinggi menyebabkan aneka ragam jenis tumbuhan dapat tumbuh subur. Oleh karena itu Indonesia kaya akan berbagai jenis tumbuhan.
2. Secara geologis, Indonesia terletak pada pertemuan jalur pergerakan lempeng tektonik dan pegunungan muda menyebabkan terbentuknya berbagai macam sumber daya mineral yang potensial untuk dimanfaatkan.
3. Wilayah lautan di Indonesia mengandung berbagai macam sumber daya nabati, hewani, dan mineral antara lain ikan laut, rumput laut, mutiara serta tambang minyak bumi.
2. Penggolongan Sumber Daya Alam
a. Berdasarkan bentuk yang dapat dimanfaatkan
1) Sumber daya alam ruang, yaitu tempat yang diperlukan manusia dalam hidupnya. Makin besar kenaikan jumlah penduduk maka sumber daya alam ruang makin sempit dan sulit diperoleh. Ruang dalam hal ini dapat berarti ruang untuk areal peternakan, pertanian, perikanan, ruang tempat tinggal, ruang arena bermain anak-anak, dan sebagainya.
2) Sumber daya alam materi, yaitu bila yang dimanfaatkan oleh manusia adalah materi sumber daya alam itu sendiri. Contoh: Mineral magnetit, hematit, limonit, siderit, dan pasir kuarsa dapat dilebur menjadi besi/baja yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, di antaranya untuk kerangka beton, kendaraan, alat rumah tangga, dan lainlain.
3) Sumber daya alam energi, yaitu energi yang terkandung dalam sumber daya alam. Bahan bakar minyak (bensin, solar, minyak tanah), batu bara, gas alam, dan kayu bakar merupakan sumber daya alam energi karena manusia menggunakan energinya untuk memasak, menggerakkan kendaraan, dan mesin industri.
4) Sumber daya alam hayati, yaitu sumber daya alam berbentuk makhluk hidup, yaitu hewan dan tumbuhan. Sumber daya alam tumbuh-tumbuhan disebut sumber daya alam nabati, sedang kan sumber daya hewan disebut sumber daya hewani.
5) Sumber daya waktu. Sulit dibayangkan bahawa waktu merupakan sumber daya alam. Sebagian sumber daya alam, waktu tidak berdiri sendiri melainkan terikat dengan pemanfaatan sumberdaya alam lainnya. Contohnya air sulit didapatkan pada musim kemarau. Akibatnya mengganggu tanaman pertanian.
b. Berdasarkan Pembentukannya / pemulihannya
1) Renewable Resource /dapat diperbaharuhi
Adalah sumber daya alam yang dapat dikembalikan persediaannya dengan cara yang relatif mudah dan waktunya relatif cepat, misal hasil pertania, perkebunan, kesuburan tanah dll.
a) Pembaruan dengan reproduksi contohnya pada SDA Hayati, seperti :tumbuhan, hewan
b) Pembaruan dengan adanya siklus pada SDA materi, seperti air, udara dan tanah.
2) Unrenewable Resource/tidak dapat diperbaharuhi
Adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharuhi setelah habis dipergunakan atau pemulihannya memakan waktu yang sangat lama jutaan tahun, misal minyak bumi, batu bara dan berbagai jenis tambang mineral yang lain. Contohnya batu bara, emas, batugamping, minyak bumi, bahan radioaktif.
c. Berdasarkan Sifatnya
1) Sumber Daya Alam Fisik
Adalah sumber daya alam yang berupa benda (tak hidup), misal barang tambang, air, tanah dll
2) Sumber Daya Alam Hayati
Adalah sumber daya alam yang berupa makhluk hidup, baik tumbuhan maupun hewan. Misal padi, rumput, pohon, , ikan, rumput laut, plankton, zooplankton, fitoplankton, harimau, semut,
d. Berdasarkan Kecepatan Habisnya
1) Sumber daya alam yang cepat habis
Sumber daya alam yang cepat sekali habis, karena nilai konsumtifnya tinggi, sehingga banyak pemakainya. Misal ; minyak bumi, gas alam dan bahan bakar lainnya konsumsinya tinggi.
2) Sumber Daya Alam yang tidak cepat habis
Sumber daya alam yang nilai nya tidak akan pernah habis, dan biasanya nilai konsumtifnya rendah, misal emas, intan mutiara dll
3) Sumber Daya Alam yang tidak akan habis
Sumber daya alam yang tidak akan habis karena ada pembaharuan secara alami, misal ; sinar matahari, udara/oksigen.
e. Berdasarkan Lokasinya
1) Sumber Daya Alam Terestrial
Adalah sumber daya alam yang berada di daratan, misalnya bahan galian, tanah, hutan dll
2) Sumber Daya Alam Akuatik
Adalah sumber daya alam yang berada di lautan, misalnya ikan, rumput laut, garam, energi gelombang dll.
f. Berdasarkan asalnya
1) Sumber Daya Alam Biotik (organik) merupakan SDA yang berasal dari kehidupan.
Contoh: batubara, minyak bumi.
Contoh: batubara, minyak bumi.
2) Sumber Daya Alam Abiotik (anorganik) merupakan SDA yang berasal bukan dari kehidupan. Contoh: timah, emas, bauksit.
g. Sumber daya alam berdasarkan nilai ekonomis atau nilai kegunaannya
1) Sumber Daya Alam Ekonomis Tinggi merupakan sumber daya alam yang dalam mendapatkannya memerlukan biaya yang tinggi. Contoh: mineral dan logam mulia seperti emas, perak, intan.
2) Sumber Daya Alam Ekonomis Rendah merupakan sumber daya alam yang dalam mendapatkannya memerlukan biaya yang relatif murah. Contoh: Pasir, Batu.
3) Sumber Daya Alam nonEkonomis merupakan sumber daya alam yang dalam mendapatkannya tidak memerlukan biaya. Contoh: Udara, Sinar dan Panas Matahari
Komentar
Posting Komentar