RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(Pertemuan:1)
Nama Sekolah : SMA Negeri 6 Surakarta
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Program/Semester : XI/IPS/1
Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : 1.Menganalisis fenomena biosfer dan fenomena antroposfer
Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan pengertian fenomena biosfer.
A. Indikator
1. Kognitif :
a. Produk :
1) Mampu menganalisa pengertian biosfer.
2) Mampu menganalisa fenomena biosfer.
b. Proses :
1) Mengidentifikasi pengertian biosfer.
2) Mengidentifikasi fenomena biosfer.
2. Psikomotor
1. Melakukan pengamatan terhadap media atau tayangan slide tentang pengertian biosfer
2. Melakukan pengamatan terhadap media atau tayangan slide tentang fenomena biosfer
- Afektif
a. Karakter
Bekerjasama, tanggung jawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1) Pengertian fenomena biosfer
2) Fenomena biosfer dalam kehidupan sehari-hari.
b. Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1) Definisi fenomena biosfer.
2) Contoh fenomena biosfer dalam kehidupan sehari-hari
B. Tujuan Pembelajaran
- Kognitif
a. Produk
1) Siswa dapat menganalisis pengertian biosfer.
2) Siswa dapat menganalisis contoh fenomena biosfer.
b. Proses
1) Siswa dapat melakukan analisis tentang pengertian biosfer melalui media atau tayangan slide
2) Siswa dapat melakukan analisis tentang contoh fenomena biosfer melalui media atau tayangan slide
- Afektif
a. Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan tentang pentingnya mengetahui konsep biosfer dan mengetahui contoh fenomena biosfer.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mendeskripsikan pengertian biosfer dan fenomena biosfer yang ada di sekitar siswa.
C. Materi Pembelajaran
1) Pengertian biosfer.
2) Mendeskrisikan fenomena biosfer dan contoh fenomena biosfer
D. Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : kontekstual pemodelan
Metode :,Ceramah , Tanya jawab , dan pemberian tugas.
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1. | Awal
| 5 menit | Ceramah, tanya jawab |
2. | Inti a) Eksplorasi · Guru memberikan pertanyaan tentang biosfer dalam tingkat kehidupan. · Guru memberikan pancingan pertanyaan tentang contoh fenomena biosfer. b) Elaborasi · Guru menjelaskan definisi biosfer · Guru menjelaskan fenomena biosfer . · Siswa mampu memberikan contoh fenomena biosfer kedalam kehidupan sehari-hari. c) Konfirmasi · Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan maupun isyarat. | 10 menit 15 menit 5 menit | Ceramah, tanya jawab |
3. | Penutup
| 5 menit | Ceramah |
F. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Sumber Belajar
a. Endarto, Danang dkk. 2009. Geografi Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
b. Lembar Kerja Siswa
2. Media Belajar
a. Power point pengertian biosfer dan fenomena biosfer
3. Alat belajar
a. LCD
b. Laptop
c. Instrument soal
G. Penilaian
1. Kognitif: Kemampuan menguasai materi
A. Tugas individu:
1. Biosfer merupakan gabungan dua kata yaitu bios dan sphere yang mempunyai arti …
a. Hidup dan lapisan
b. Makhluk hidup dan ilmu
c. Manusia dan lapisan
d. Hidup dan ilmu
e. Ekosistem dan lapisan
2. Tingkat kehidupan yang kompleks dalam persebaran flora dan fauna pada kumpulan komunitas adalah …
a. Ekosistem
b. Kelompok
c. Individu
d. Populasi
e.Bioma
3. Persebaran flora di muka bumi tersebar secara merata. Flora seperti kopi, kina, teh. Flora ini dipengaruhi oleh faktor utama yaitu...
a. Klimatik dan edafik
b. Edafik dan biologis
c. Topografi dan biologis
d. Biologis dan vegetasi
e. Edafik dan topografi
4. Faktor utama yang mempengaruhi persebaran hutan hujan tropis di daerah equator ialah …
a. Manusia
b. Biologis
c. Vegetasi
d. Edafik
e. Klimatik
5.Biosfer dapat terbentuk karena adanya keterkaitan antara lapisan-lapisan...
a. Kromosfer-litosfer-hidrosfer
b. Antroposfer-atmosfer-hidrosfer
c. Litosfer-atmosfer-hidrosfer
d. Pedosfer-litosfer-ionosfer
e. Antroposfer-stratosfer-pedosfer
6. Pohon jati tumbuh subur di pegunungan kapur. Pohon yang meranggas saat musim kemarau ini tumbuh di….
a. Hutan gugur
b. Hutan musim
c. Taiga
d. Sabana
e. Stepa
7. Banyak hal yang mempengaruhi persebaran tumbuhan. Salah satunya adalah faktor fisik. Di bawah ini faktor fisik yang mempengaruhi persebaran tumbuhan adalah...
a. Binatang
b. Jenis tumbuhan
c. Manusia
d. Iklim
e. Penyerbukan alami
8. Hutan yang didominasi pohon berdaun jarum dinamakan...
a. Taiga
b. Tundra
c. Hutan gugur
d. Hutan hujan tropis
e. Stepa
9. Pada daerah yang merupakan dasar endapan di perairan, organisme yang sering hidup adalah...
a. Plankton
b. Bentos
c. Periphyton
d. Asbestos
e. Nekton
10. Hutan yang paling cocok untuk tumbuhnya pohon jati adalah jenis hutan..
a. tropik sedang
b. pantai
c. konifer
d. musim
e. tropik hujan
Essay
1. Apakah yang dimaksud dengan biosfer?
2. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna!
3. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis hutan yang ada di Indonesia!
4. Jelaskan ciri-ciri hutan tropis!
2. Afektif
Ditentukan dengan kriteria :
a) Minat
b) Sikap
3. Psikomotor
Ditentukan oleh :
a) Keterampilan dasar mengutarakan pendapat
b) Keterampilan dasar menganalisis studi kasus
Mengetahui, Surakarta, 18 November 2011
Kepala SMA N 6 Surakarta Guru Geografi
Drs. Yusmar Setyobudi MM.M.Pd Dra. Diani Marhaenita
NIP. 19630309 198903 1 014 NIP:196611201990032008
Komentar
Posting Komentar