RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(Pertemuan:8)
Nama Sekolah : SMA Negeri 6 Surakarta
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Program/Semester : XI/IPS/1
Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : 1.Menganalisis fenomena biosfer dan fenomena antroposfer
Kompetensi Dasar : 1.3. Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer.
A. Indikator
1. Kognitif :
a. Produk :
1) Mampu menganalisa komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
b. Proses :
1) Mengidentifikasi komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin.
2. Psikomotor
a. Melakukan pengamatan terhadap media atau tayangan slide tentang komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
- Afektif
a. Karakter
Bekerjasama, tanggung jawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1) Komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin.
b. Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1) Komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin.
B. Tujuan Pembelajaran
- Kognitif
a. Produk
1) Siswa dapat menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin.
b. Proses
1) Siswa dapat melakukan analisis tentang komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin melalui media atau tayangan slide
- Afektif
a. Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan tentang pentingnya mengetahui komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mengetahui komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin..
C. Materi Pembelajaran
1) Komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin.
D. Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : kontekstual pemodelan
Metode :,Ceramah , Tanya jawab , dan pemberian tugas.
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1. | Awal
| 10 menit | Ceramah, tanya jawab |
2. | Inti a) Eksplorasi · Guru memberikan pertanyaan tentang biosfer dalam tingkat kehidupan. · Guru memberikan pancingan pertanyaan tentang contoh fenomena antroposfer. b) Elaborasi · Guru menjelaskan komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin. c) Konfirmasi · Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan maupun isyarat. | 70 menit | Ceramah, tanya jawab |
3. | Penutup
| 10 menit | Ceramah |
F. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Sumber Belajar
a. Endarto, Danang dkk. 2009. Geografi Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
b. Lembar Kerja Siswa
2. Media Belajar
a. Power point pengertian biosfer dan fenomena antroposfer
3. Alat belajar
a. LCD
b. Laptop
c. Instrument soal
G. Penilaian
1. Kognitif:Kemampuan menguasai materi
1. Perhatikan pernyataan berikut ini...
1. Kawin pada usia muda
2. Keberhasilan keluarga berencana
3. Adanya undang-undang perkawinan tahun 1974
4. Anak menjadi kebanggaan orang tua
5. Adanya pandangan banyak anak banyak rezeki.
Yang merupakan faktor pendorong kelahiran terdapat pada nomor...
a. 1,2,3
b. 2,3,4
c. 3,4,5
d. 1,4,5
1. Kawin pada usia muda
2. Keberhasilan keluarga berencana
3. Adanya undang-undang perkawinan tahun 1974
4. Anak menjadi kebanggaan orang tua
5. Adanya pandangan banyak anak banyak rezeki.
Yang merupakan faktor pendorong kelahiran terdapat pada nomor...
a. 1,2,3
b. 2,3,4
c. 3,4,5
d. 1,4,5
e. 2
2. Pada tahun 2000 penduduk Indonesia berjumlah 25.500.000 jiwa. Dengan pertumbuhan sebesar 1,7%. Tahun, berapa jumlah penduduk Indonesia menjadi dua kali lipat jumlahnya ...
a. 2040 d. 2043
b. 2041 e. 2044
c. 2042
3. Penduduk suatu Negara pada tahun 2007 berjumlah 25.500.000 jiwa, pada tahu tersebut terjadi kelahiran 12.000.000 jiwa dan kematian 700.000 jiwa, migrasi masuk 50.000 jiwa dan migrasi keluar 25.000 jiwa maka jumlah penduduk alami Negara tersebut adalah...
a. 25,5% d. 44,4%
b. 11,4% e. 50,2%
c. 40,3%
4. Pramida penduduk yang menggambarkan rata-rata pertumbuhan penduduk pada tingkat ZGP (Zero Growth Population) adalah bentuk...
a. Kerucut
b. Stationer
c. Granat
d. Limas
e. kotak
5.Jumlah penduduk besar dapat dilihat sebagai beban pembangunan apabila struktur...
a. penduduk usia lanjut besar
b. muda terlalu besar
c. pendidikan rendah
d. penduduk usia produktif terlalu besar
e. pendidikan tinggi
6.Perbandingan jumlah penduduk yang pindah dengan jumlah penduduk yang ada disebut...
a. Angka beban ketergantungan
b. Usia produktif
c. Densitas
d. Natalitas
e. Angka mobilitas
7.Perbedaan profil kependudukan antara daerah pedesaan dan daerah perkotaan adalah dalam hal...
a. Jenis pekerjaan
b. Umur
c. Penghasilan
d. Jenis kelamin
e. Status sosial
8.Di Indonesia wanita usia subur adalah wanita yang berumur...
a. 15-29 tahun
b. 30-39 tahun
c. 40-49 tahun
d. 15-49 tahun
e. 49-50 tahun
9.Jumlah penduduk Indonesia tahun 1999 sebanyak 200 juta jiwa dan pertumbuhannya sebesar 4% setahun. Jika diproyeksikan, jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 400 juta jiwa pada tahun...
a. 2016
b. 2015
c. 2017
d. 2024
e. 2019
10.Mobilitas penduduk yang melintasi batas wilayah tertentu dan pada waktu periode tertentu dinamakan...
a. mobilitas vertikal
b. mobilitas insidental
c. mobilitas horisontal
d. mobilitas dalam negeri
e. mobilitas permanen
11.Yang bukan merupakan indikator yang menggambarkan kuantitatif
a. jumlah penduduk
b. distribusi penduduk
c. pendidikan penduduk
d. pertumbuhan penduduk
e. komposisi penduduk
12.Pengelompokan penduduk yang tergolong usia produktif adalah...
a. Usia 0-14 tahun
b. Usia 20-60 tahun
c. Usia 15-64 tahun
d. Usia 25-50 tahun
e. Usia 65 tahun keatas
13.Penduduk yang bertempat tinggal di daerah pinggiran pada pagi hari bekerja di kota dan pada sore hari kembali ke rumah. Penduduk tersebut diketegorikan...
a. Penglaju
b. Buruh bangunan
c. Tenaga kerja sampingan
d. Employment
e. Migrasi desa kota
14.Piramida penduduk negara Indonesia menampakkan golongan penduduk muda, sebab...
a. Sebagian besar penduduk indonesia berumur 0-14 tahun
b. Sebagian besar penduduk indonesia berumur 5-50 tahun
c. Sebagian besar penduduk indonesia berumur muda
d. Sebagian besar penduduk indonesia berumur 64 tahun
e. Sebagian besar penduduk indonesia berumur balita
15.Rasio ketergantungan penduduk suatu negara dapat dihitung dari komposisi penduduk menurut...
a. Umur
b. Jenis pekerjaan
c. Agama yang dianut
d. Ras/etnis
e. Tempat tinggalnya
16.Agar mendapatkan data tentang jumlah penduduk usia subur di suatu negara maka diperlukan data konkret tentang...
a. Angka ketergantungan
b. Angka kelahiran besar
c. Jumlah seluruh penduduk
d. Jumlah wanita yang telah menikah
e. Komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin
17.Penduduk Indonesia apabila diwujudkan dalam piramida penduduk akan bercirikan...
a. Eksplosif
b. Konstruktif
c. Ekspansif
d. Stationer
e. Hiperaktif
18.Jumlah penduduk akan bertambah secara...
a. alami
b. geometrik
c. aritmatik
d. eksponensial
e. statistik
19.Tingkat pertumbuhan penduduk suatu daerah dapat dilihat dari...
a. CBR, ASFR, dan migrasi neto
b. CBR, CDR, dan migrasi neto
c. CBR, ASFR, ASBR, dan migrasi
d. CDR dan CBR
e. CBR, CDR, dan migrasi
20.Pertumbuhan penduduk alami dapat dihitung dengan cara...
a. Angka kematian dikurangi angka transmigrasi
b. Angka kelahiran ditambah angka emigrasi
c. Angka emigrasi dikurangi angka imigrasi
d. Angka kelahiran dikurangi angka kematian
e. Angka kelahiran ditambah angka kematian
Skoring=20x5=100
2. Afektif
Ditentukan dengan kriteria :
a) Minat
b) Sikap
3. Psikomotor
Ditentukan oleh :
a) Keterampilan dasar mengutarakan pendapat
b) Keterampilan dasar menganalisis studi kasus
Mengetahui, Surakarta, 18 November 2011
Kepala SMA N 6 Surakarta Guru Geografi
Drs. Yusmar Setyobudi MM.M.Pd Dra. Diani Marhaenita
NIP. 19630309 198903 1 014 NIP:196611201990032008
Komentar
Posting Komentar