CONTOH RPP GEOGRAFI SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MENGANALISIS PEMANFAATAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu: Drs Partoso Hadi, M.Si.



 













Oleh :

RAHMAT YOGA WIBOWO
K5408015

PROGRAM  STUDI GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMA Batik 1 Surakarta
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : XI (sebelas) / 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 3. Menganalisis Pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar                   : 3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Indikator
1.      Kognitif :
a.       Produk :
1)      Mengetahui konsep pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
2)      Mengidentifikasikan tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan 
b.      Proses :
1)      Mendeskripsikan dan mengidentifikasi kegiatan sehari-hari di lingkungan sekitar siswa yang mengandung unsur pemanfaatan lingkungan.
2)      Mengidentifikasi kerusakan dan upaya untuk menanggulangi akibat dari pemanfaatan lingkungan hidup yang tidak sesuai dengan pembaginan yang berkelanjutan.
2.      Psikomotor
a.       Menyebutkan contoh kerusakan lingkungan oleh upaya pelestariannya di sekitar tempat tinggal siswa
b.      Menganalisis peta yang dikaitkan dengan karakteristik fisik lingkungan di sekitar tempat tinggal siswa.

  1. Afektif
a.       Karakter
Bekerjasama dan bertanggung jawab terhadap :
1)      Kualitas dan keberlanjutan lingkungan hidup.
2)      Kerusakan lingkungan hidup akibat kegiatan manusia dan peristiwa alam.
3)      Upaya pelestarian lingkungan hidup.
a.       Keterampilan Sosial
Menanggapi dan memberi saran terhadap :
1)      Kualitas dan keberlanjutan lingkungan hidup.
2)      Kerusakan lingkungan hidup akibat kegiatan manusia dan peristiwa alam.
3)      Usaha atau upaya pelestarian lingkungan hidup.
B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif
1)      Produk
Siswa dapat:
1)      Mengetahui konsep pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup.
2)      Mengidentifikasikan tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan  kerusakan lingkungan hidup dan usaha pelestariannya.
2)      Proses
1.      Mendeskripsikan dan mengidentifikasi kegiatan sehari-hari di lingkungan sekitar siswa yang mengandung unsur pemanfaatan lingkungan.
2.      Mengidentifikasi kerusakan dan upaya untuk menanggulangi akibat dari pemanfaatan lingkungan hidup yang tidak sesuai dengan pembaginan yang berkelanjutan.
2.      Afektif
a.       Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya mengetahui pentingnya pelestarian lingkungan hidup dan kerusakan lingkungan pada daerah tempat tinggal siswa serta mengetahui upaya penanggulangan yang terdapat pada wilayahnya berdasarkan kondisi fisik wilayah tempat tinggal siswa masing-masing.
b.      Ketrampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mendeskripsikan upaya pelestarian lingkungan hidup dan kerusakan lingkungan pada daerah tempat tinggal berdasarkan kondisi fisik wilayah tempat tinggal siswa masing-masing.
C.  Materi Pembelajaran
1.      pengertian lingkungan hidup.
2.      Kerusakan lingkungan.
Ø  Peristiwa Alam
a.       Banjir
b.      Tanah Longsor
Ø  Faktor Manusia
a.       Pencemaran Tanah
b.      Pencemaran Air
c.       Pencemaran Udara
3.      Upaya pelestarian hidup.
D.    Model dan Metode pembelajaran
1.      Model Pembelajaran   : Kooperatif Struktural
2.      Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Penugasan.


E.     Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
o   Pembelajaran diawali dengan berdoa dilanjutkan dengan mengecek kehadiran siswa.
o   Guru melakukan apersepsi dengan dengan penayangan video dan gambar mengenai kerusakan lingkungan.

2.      Kegiatan Inti: 60 menit
·            Guru menampilkan kerangka konsep materi yang akan dipelajari.
·            Guru menjelaskan pengertian lingkungan hidup secara garis besar dengan menggunakan gambar sebagai media.
·            Guru menjelaskan kerusakan lingkungan dan usaha pelestariannya.
·            Setelah selesai menjelaskan guru membagi siswa menjadi 6 kelompok ,Kemudian tiap kelompok diberi sebuah sebuah gambar yang berbeda ,dan mendiskusikan tentang :
Kelompok 1 dan 2 : tempat pembuangan sampah
Kelompok 3 dan 4 : rumah di bantaran sungai
Kelompok 5 dan 6 : banjir di Surakarta
·            Siswa menganalisis kerusakan lingkungan hidup dan upaya pelestariannya
·            Siswa mempresentasikan hasil diskusi

3.   Kegiatan Penutup, dengan alokasi waktu 10 menit.
·            Kegiatan penutup berupa guru memberikan kesimpulan dari materi yang telah dipelajari
Sebelum ditutup, siswa diberi tugas untuk menganalisis Peta yang dikaitkan dengan karakteristik lingkungan
·           Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·           Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·           Penugasan secara kelompok, membuat makalah tentang kerusakan lingkungan yang terjadi di Indonesia (bebas dalam menentukan tema bahasan), Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

F.     Sumber Belajar/ Alat/ Bahan
1.      Sumber Belajar
·         Undang-undang no.32 tahun 2009
·         Skripsi :Muhammad Firdaus NIM K 5404046 ANALISIS TINGKAT KERUGIAN BANJIR (STUDI KASUS BANJIR KOTA SURAKARTA 26 – 31 DESEMBER 2007)”
·         Citra ikonos Surakarta (google earth)
2.      Media
·         Peta bencana banjir di sebagian Kota Surakarta Tahun 2007
·         Slide powerpoint dengan judul “MENGANALISIS PEMANFAATAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP
·         Video tentang sampah
·         Video tentang pertambangan
·         Gambar-gambar:
Gambar 1. Citra ikonos Kota Surakarta
Gambar 2. Kondisi fisik Kota Surakarta
Gambar 3. banjir di Surakarta
Gambar 4. Pencemaran Oleh Sampah
Gambar 5. Pencemaran Udara Oleh Asap Pabrik
Gambar 6. Gambar lumpur lapindo dan PT.Freeport
3.      Alat
 laptop,  papan tulis, spidol, LCD , slide presentasi

Komentar

Postingan Populer