MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN
Kewirausahaan
adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mendirikan, mengelola,
mengembangkan, dan melembagakan perusahaan miliknya sendiri.
Entrepreneur
adalah seorang penemu bisnis yang sama sekali baru dan mampu mengembangkannya
menjadi perusahaan sukses. Misalnya Microsoft, Walls, dan Aqua.
Intra
preneurship adalah pengembangan perilaku kewirausahaan dalam lingkup internal
yang lebih besar (korporal).
Ultrapreneur
adalah entrepreneur plus yang pandai melakukan strategi alliance out searching strategy, inner orative, dll. Misalnya Group Ciputra yang bergerak di bidang
otomotif
Wirausaha
adalah orang yang berani mengambil resiko profit/ keuntungan.
Kontrak
usaha adalah harga diantara wirausaha dengan pemerintah.
10
perintah utama entrepreneur:
1. Datang setiap hari dan siap untuk
dipecat
2. Mencegah setiap perintah yang
memberhentikan impiannya
3. Melakukan setiap pekerjaan
4. Mencari orang –orang yang dapat
membantu
5. Mengikuti intuisinya dan bekerja
hanya dengan yang baik
6. Bekerja secara rahasia sepanjang
bisa mempublikasikan bidikan-bidikan yang telah dicapai
7. Tidak pernah bertaruh pada
pertandingan kecuali ikut serta dalam pertandingan
8. Ingat: lebih mudah minta maaf
daripada minta ijin
9. Jujur dan benar dalam sasarannya
10. Menghargai sponsor-sponsor
Ciri-ciri wirausahawan:
1. Tujuan yang berkelanjutan
2. Ketekunan
3. Pengetahuan bisnis
4. Mengatasi kegagalan
5. Upaya diri
6. Mengambil resiko
7. Memecahkan masalah
8. Inisiatif
9. Potensi
10. Memohon berkonsultasi dengan
ahli,
11. Kesehatan fisik
12. Kesehatan mental dan emosi,
toleransi terhadap ketidakpastian
13. Memanfaatkan masukan
14. Bersaing dengan standar buatan
sendiri
15. Mencari tanggung jawab pribadi
16. Percaya diri
17. Kepandaian
18. Keinginan tidak bergantung
19. Memanfaatkan imajinasi positif
20. Pencapaian tujuan
21. Objektif
22. Berorientasi pada tujuan
23. Fleksibel
24. Keinginan mencipta
25. Keterlibatan jangka panjang
26. Percaya kekuatan diri
27. Komitmen
28. Inovasi
29. Gambaran jangka panjang
30. Pandangan positif
31. Pengetahuan taknis dan industri
32. Hubungan antara manusia
33. Akses pada sumber keuangan
34. Hasrat pada uang
35. Kemampuan berpikir
36. Kemampuan menjual
37. Kemampuan berkomunikasi
38. Keberanian
39. Umur
40. Latar belakang keluarga
41. Latar belakang suku
42. Latar belakang pekerjaan
43. Latar belakang pendidikan
Kelemahan
Mental Bangsa Indonesia
1. Sumber ide bisnis
Selama ini sumber ide bisnis berasal
dari pekerjaan terdahulu (43%), hobi/ minat pribadi (18%), peluang (10%), saran
orang lain (8%), pendidikan (6%), teman/saudara (6%), bisnis keluarga (6%), dan
lain-lain (3%)
2. Modal
Modal terdiri dari 2, yaitu modal
financial (uang), dan non finanansial (kemerdekaan, kesempatan, diri sendiri,
waktu, belajar)
Ciri-ciri
wirausaha yang berhasil adalah yang mempunyai kemampuan manajemen, kemampuan
komunikasi, teknis, kemampuan mengambil resiko dan bersaing, sikap mental
positif, kreatif, inovatif, dan motivasi. Kreativitas (Woolfolk, 1984) adalah
kemampuan individu untuk menghasilkan sesuatu yang baru (asli) atau pemecahan
masalah. Cara mengembangkan kemampuan kreativitas:
1. Di rumah: jangan menyalahkan atau
menilai; menyediakan fasilitas
2. Di sekolah: mengembangkan aspek
afektif, kognitif, psikomotorik
3. Di lingkungan kerja: member
kompensasi yang sesuai, member kepuasan kerja,
Hambatan
berpikir kreatif:
1. Internal: hambatan emosional,
persepsi, hambatan karena sulit dipelajari
2. Eksternal: hambatan kebudayaan, lingkungan
kerja, keluarga
Tahapan
dalam berpikir kreatif: tahapan persiapan, usaha, inkubasi, pengertian, dan
evaluasi.
Kepribadian
adalah keseuruhan dari sifat-sifat jasmani, pikiran, jiwa, dan watak seseorang
sehingga membedakan seseorang dari yang lain, baik dalam individualitas dan
budi pekertinya. Proses pembentukan modal diawali kesempatan mempunyai peluang dan sumber
kekuatan berupa pengetahuan, sikap mental, keahlian, keterampilan, pengalaman,
kemampuan hubungan perkenalan; semuanya dapat diperoleh dari proses
pembelajaran.
Pengenalan
diri adalah kemampuan seseorang untuk melihat kekuatan dan kelemahan yang ada
pada dirinya sehingga dapat melakukan respon yang tepat terhadap tuntutan yang
muncul.
Konsep
diri adalah persepsi seseorang terhadap dirinya sendiri meliputi fisik (tubuh,
pakaian, benda milik), psikis (mental dan emosional), sosial (bagaimana peranan
sosial dalam masyarakat), moral dan spiritual (nilai dan prinsip yang memberi
arti dan arah).
Teori
terbentuknya kepribadian manusia:
1. Teori nature: bawaan lahir
2. Teori nurture: didominasi faktor luar/ lingkungan
3. Teori konvergen: kombinasi
keduanya
Proses
penyusunan rencana usaha:
1. Melakukan analisis situasi:
pasar, competitor, staff, struktur
organisasi, teknologi sistem pengendalian, pemasok, performance (produksi, pemasaran, sumberdaya manusia), keuangan
(neraca, laporan laba/rugi)
2. Melakukan strategic audit: SWOT (strength,
weakness, opportunity, threat), misi, basis perkembangan, keunggulan
bersaing berkelanjutan.
3. Penentuan tujuan, target, dan
pengukuran performance
4. Penentuan strategi yang relevan:
strategi pemasaran (positioning,
target pasar, inovasi produk, penentuan harga), strattegi produksi, strategi
keuangan (investasi yang diperlukan, proyeksi laba/rugi), proyeksi cash flow, proyeksi neraca, analisis
keuangan.
Aspek
manajemen:
1. Kepemilikan perusahaan
2. Gambaran tim manajemen
3. Struktur organisasi
4. Kualifikasi dan penempatan
karyawan
5. Kebijakan mengenai karyawan dan
aturan umum termasuk penggajian
Komentar
Posting Komentar