RPP GEOGRAFI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(Pertemuan:3)
Nama Sekolah : SMA Negeri 6 Surakarta
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Program/Semester : XI/IPS/1
Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi :1.Menganalisis fenomena biosfer dan fenomena antroposfer
Kompetensi Dasar : 1.2 Menganalisis sebaran flora dan fauna
A. Indikator
- Kognitif :
a. Produk :
1) Mampu menganalisa sebaran flora dan fauna di dunia
b. Proses :
1) Mengidentifikasi sebaran flora dan fauna di dunia.
- Psikomotor
a. Melakukan pengamatan terhadap media atau tayangan slide tentang sebaran flora dan fauna di dunia
b. Melakukan interpretasi peta tentang sebaran flora dan fauna di dunia
- Afektif
a. Karakter
Bekerjasama, tanggung jawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1) Pengertian sebaran flora dan fauna di dunia
b. Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1) Sebaran flora dan fauna di dunia.
B. Tujuan Pembelajaran
- Kognitif
a. Produk
1) Siswa dapat menganalisis sebaran flora dan fauna di dunia
b. Proses
1) Siswa dapat melakukan analisis tentang sebaran flora dan fauna di dunia melalui media atau tayangan slide
2) Siswa dapat melakukan analisis tentang sebaran flora dan fauna di dunia melalui interpretasi peta tematik.
- Afektif
a. Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan tentang pentingnya mengetahui sebaran flora dan fauna di dunia.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mendeskripsikan sebaran flora dan fauna di dunia.
C. Materi Pembelajaran
1) Sebaran flora dan fauna di dunia
D. Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : kontekstual pemodelan
Metode :Ceramah , Tanya jawab , dan pemberian tugas.
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Awal
|
5 menit
|
Ceramah, tanya jawab
|
2.
|
Inti
a) Eksplorasi
· Guru memberikan tayangan berbagai macam gambar flora dan fauna di dunia
· Guru memberikan pancingan pertanyaan tentang kekayaan flora dan fauna di dunia
b) Elaborasi
· Guru menjelaskan keanekaragaman flora dan fauna dunia
· Guru menjelaskan sebaran flora dan fauna di dunia.
· Siswa diajak untuk menginterpretasi peta tematik tentang sebaran flora dan fauna di dunia.
c) Konfirmasi
· Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan maupun isyarat.
|
10 menit
15 menit
5 menit
|
Ceramah, tanya jawab
|
3.
|
Penutup
· Guru memberi kesempatan siswa bertanya tentang materi yang dipelajari.
· Melakukan refleksi materi yang dibahas.
· Guru mengakhiri pelajaran dengan memberikan tugas secara individu
|
5 menit
|
Ceramah
|
F. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Sumber Belajar
a. Endarto, Danang dkk. 2009. Geografi Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
b. Lembar Kerja Siswa
- Media Belajar
a. Power point pengertian biosfer dan fenomena biosfer
- Alat belajar
a. LCD
b. Laptop
c. Instrument soal
G. Penilaian
1. Kognitif: Kemampuan menguasai materi
A. Tugas individu:
1. Ciri-ciri bioma gugur (decidous) antara lain …
a. Curah hujan 2.000 mm/tahun dan cukup penyinaran matahari
b. Terdapat burung cendrawasih
c. Suhu dingin dengan curah hujan > 2.000 mm/tahun dan tumbuhannya rapat
d. Temperatur udara panas sepanjang tahun dan hujan terjadi secara musiman
e. Curah hujan 750 – 1.000 mm/tahun dan merata serta floranya tidak terlalu rapat
2. Vegetasi khas yang hidup dan berkembang di daerah tundra adalah …
a. Hutan heterogen
b. Padang rumput
c. Lumut
d. Hutan jati
e. Hutan pinus
3. Persebaran fauna wilayah oriental meliputi kawasan ...
a. Amerika Utara
b. Amerika Tengah dan Selatan
c. Afrika Utara, Eropa
d. Australia
e. Asia Selatan, Tenggara
4. Usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian Flora dan Fauna dengan berbagai cara. Usaha untuk membentuk kawasan secara khusus melindungi satwa tertentu disebut dengan …
a. Suaka margasatwa
b. Taman Nasional
c. Suaka alam
d. Cagar alam
e. Cagar satwa
5. Ciri-ciri hutan
1. lebat 4. homogeny
2. meranggas 5. berdaun jarum
3. heterogen 6. hujan sepanjang tahun
Yang termasuk ciri bioma hutan hujan tropik ialah ...
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 3 dan 4
c. 2, 4, dan 5
d. 1, 3 dan 6
e. 4, 5 dan 6
6.Di daerah tropis banyak terdapat mangrove yang berfungsi untuk…
a. Menambah oksigen
b Tempat rekreasi
c. Sumber obat-obatan
d. Tempat hidup ikan
e. Sumber bahan pangan
7.Ilmuan yang membagi permukaan bumi menjadi enam kawasan adalah…
a. Aristoteles
b. Schalter
c. Charles Darwin
d. Wallace
e. Christaller
8.Cenderawasih merupakan fauna khas dari kawasan…
a. Paleartik
b. Australia
c. Neartik
d. Neotropik
e. Tropik
9.Dalam pembagian wilayah biografi dunia, fauna Indonesia termasuk dalam kelompok kawasan...
a. Neotropik
b. Paleartik
c. Neartik
d. Ethiopia
e. Oriental
10.Berbagai jenis tumbuhan tidak dapat hidup di satu bioma saja. Bioma yang didominasi oleh tumbuhan kaktus adalah...
a Sabana
b. Padang rumput
c. Gurun
d. Taiga
e. Tundra
11.Ciri-ciri fisik ekosistem padang pasir adalah...
a. Perbedaan suhu siang dan malam sangat besar
b. Curah hujan 5.000-7.500 mm per tahun
c. Terdapat iklim mikro dan iklim makro
d. Keadaan tangah sangat subur
e. Mempunyai lapisan humus sangat tebal
12.Tanaman yang selalu hiaju daunnya (evergreen) terdapat pada hutan ,..
a. Mangrove
b. Tropis
c. Hujan tropis
d. Tundra
e. Taiga
13. Jenis vegetasi yang mampu hidup di daerah gurun antara lain...
a. Kaktus
b. Mangrove
c. Savana
d. Suplir
e. Bakau
14. Fauna seperti jerapah dan zebra banyak dijumpai di kawasan biogeografis...
a. Australia
b. Oriental
c. Paleartik
d. Ethiophia
e. Neo tropik
15. Daerah tundra terletak di daerah...
a. Kutub utara
b. Kutub selatan
c. Iklim tropic
d. Iklim subtropik
e. Iklim sedang
16. Jenis hutan konifer dan tanaman pinus merupakan jenis tumbuhan yang banyak terdapat di hutan...
a. Musim
b. Tropis
c. Sabana
d. Taiga
e. Tundra
17. Contoh fauna khas region Paleartik adalah...
a. Kalkun
b. Ikan piranha
c. Beruang
d. Kasuari
e. Rusa kutub
18. Bioma tropik, subtropik , sedang, dan bioma kutub merupakan pengelompokan bioma berdasarkan...
a. Edafik
b. Aquatik
c. Regional
d. Bentuklahan
e. Klimatik
19. Unit wilayah yang menunjukkan kesedrhanaan kondisi habitat, tempat organisme hidup disebut..
a. Biologi
b. Biosiklus
c. Bioma
d. Biota
e. Ekosistem
20. Kawasan hutan yang memiliki suhu dan kelembaban tinggi, hijau sepanjang tahun, pohon-pohonnya besar dan tinggi, terdapat tumbuhan semak-semak di bawah dan terdapat tumbuhan merambat merupakan kawasan hutan.
a. Musim
b. Tropis
c. Hujan tropis
d. Mangrove
e. Sabana
Skoring:20x5=100
1. Afektif
Ditentukan dengan kriteria :
a) Minat
b) Sikap
2. Psikomotor
Ditentukan oleh :
a) Keterampilan dasar mengutarakan pendapat
b) Keterampilan dasar menganalisis studi kasus
Mengetahui, Surakarta, 18 November 2011
Kepala SMA N 6 Surakarta Guru Geografi
Drs. Yusmar Setyobudi MM.M.Pd Dra. Diani Marhaenita
NIP. 19630309 198903 1 014 NIP:196611201990032008
Komentar
Posting Komentar