PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Penelitian pendidikan
selama ini kurang dirasakan dampaknya karena:
1.
Peneliti dari luar, sehingga
permasalahan yang diteliti kurang dihayati guru
2.
Hasil penelitian kurang mampu mendorong
perubahan secara cepat kepada pelaksana
3.
Penyebarluasan hasil penelitian kepada
guru sangat lama
Asumsi dasar yang
digunakan dalam penelitian adalah orang dapat belajar dan menciptakan ilmu
pengetahuan atas dasar pengalaman konkrit, melalui pengamatan dan refleksi atas
pengalaman itu.
Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dilakukan guru untuk meningkatkan proses dan hasil belajar secara
berkelanjutan. Permasalahan berbasis pada fenomena yang ada di sekolah. Dalam
pelaksanaanya, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat dilakukan oelh guru,
kelompok guru, maupun admininstrator pendidikan. Tujuan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) adalah:
1.
Perbaikan dan peningkatan praktek dan
mutu pembelajaran secara berkesinambungan
2.
Pengembangan keterampilan dosen dalam
menanggulangi berbagai permasalahan pembelajaran yang dihadapi
3.
Menumbuhkan budaya meneliti para guru
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan karena:
1.
Guru mendapatkan masalah dalam
pembelajaran yang harus segera ditanggulangi
2.
Adanya sikap tidak puas terhadap hasil
pembelajaran yang dilakukan
Perbedaan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dan penelitian konvensional:
DIMENSI
|
KONVENSIONAL
|
PTK
|
Motivasi
|
Mencari
kebenaran
|
Tindakan
perbaikan
|
Sumber
masalah
|
Teori
induksi-deduksi
|
Diagnosis
kondisi
|
Tujuan
|
Verifikasi
dan penemuan pengetahuan yang dapat digeneralisasi
|
Peningkatan
praktek disini dan sekarang
|
Penelitian
|
Peneliti
dari luar
|
Pelaku
dari dalam
|
Sampel
|
Sampel
representatif
|
Kasus
khusus
|
Metodologi
|
Baku,
objektif dan tidak memihak
|
Longgar
tapi tetap objektif
|
Interpetasi
|
Mendeskripsikan
|
Memahami
praktek
|
Langkah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) adalah:
1.
Identifikasi dan analisis masalah
2.
Penetapan fokus masalah
3.
Perencanaan tindakan
4.
Observasi
5.
Refleksi
6.
Rencana tindakan lanjutan
Komentar
Posting Komentar