RPP GEOGRAFI KELAS XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD  MENGANALISIS WILAYAH DAN PEWILAYAHAN NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG


Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro yang Diampu oleh: Drs. Partoso Hadi, M.Si dan Drs. Wakino, M.Si



Disusun Oleh:
Nur Indahwati
K5408040


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 1 Comal
Mata Pelajaran            : Geografi
Kelas/Semester            : XII (dua belas)/2 (dua)
Standar Kompetensi   : 3. Menganalisis wilayah dan pewilayahan
Kompetensi Dasar       : 3.3. Menganalisis wilayah atau pewilayahan negara maju dan negara berkembang
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit
                                                                                                           
A.          Indikator
1.      Kognitif :
a.       Produk :
1)      Memahami ciri atau indikator negara maju dan negara berkembang berdasarkan pedoman MDGs.
2)      Mengetahui region negara maju dan negara berkembang
3)      Mengetahui contoh negara maju dan negara berkembang
b.      Proses :
1)      Mengkaji ciri atau indikator negara maju dan negara berkembang dengan pedoman MDGs .
2)      Menganalisis region negara maju dan negara berkembang
3)      Mencari contoh negara maju dan negara berkembang
2.      Psikomotor
a.       Menyebutkan contoh-contoh negara maju dan negara berkembang.
b.      Menggali informasi mengenai factor yang mempengaruhi persebaran negara maju dan negara berkembang dilihat dari letak astronomis melalui berbagai sumber/referensi.
c.       Tanya jawab dan diskusi antar kelompok dengan perwakilan masing-masing dua siswa dari tiap kelompok tentang factor yang mempengaruhi persebaran negara maju dan negara berkembang dilihat dari letak astronomis.
d.      Mengidentifikasi factor yang mempengaruhi persebaran negara maju dan negara berkembang dilihat dari letak astronomis secara mandiri.
3.      Afektif
a.       Karakter
Melatih kerjasama, bertanggungjawab, dan mendengarkan serta menghormati pendapat orang lain dalam melakukan analisis pemecahan masalah mengenai:
1)      Ciri atau indikator negara maju dan negara berkembang berdasarkan pedoman MDGs.
2)      Region negara maju dan negara berkembang
3)      Contoh negara maju dan negara berkembang
b.      Keterampilan Sosial
Melatih keberanian bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, kemampuan berkomunikasi dalam kegiatan diskusi dan pembelajaran tentang :
1)      Ciri atau indikator negara maju dan negara berkembang berdasarkan pedoman MDGs.
2)      Region negara maju dan negara berkembang
3)      Contoh negara maju dan negara berkembang

B.           Tujuan Pembelajaran
  1. Kognitif
a.       Produk
Siswa dapat :
1)      Mengetahui ciri atau indikator negara maju dan negara berkembang berdasarkan pedoman MDGs.
2)      Mengetahui region negara maju dan negara berkembang
3)      Menyebutkan contoh negara maju dan negara berkembang
b.      Proses
1)      Siswa mampu mengkaji ciri atau indikator negara maju dan negara berkembang dengan pedoman MDGs .
2)      Siswa mampu menganalisis region negara maju dan negara berkembang berdasarkan letak astronomisnya.
3)      Siswa mampu mencari contoh negara maju dan negara berkembang berdasarkan ciri atau indicator yang telah dikaji sebelumnya.
  1. Psikomotor
Setelah bekerja keras bersama rekan-rekannya untuk mencari dan menemukan jawaban tugas yang diberikan oleh guru, siswa diharapkan dapat memiliki kemampuan lebih dalam memecahkan suatu permasalahan. Yakni, akan lebih mudah jika dipecahkan secara bersama-sama. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.
  1. Afektif
a.       Karakter
Melalui diskusi, dapat membentuk pribadi siswa yang bertanggungjawab, saling menghormati dan musyawarah  serta gotong royong dalam masyarakat sebagai ciri utama bangsa Indonesia.

b.      Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat mengerti sopan santun dalam berdiskusi dan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan yang membangun.

C.          Materi Pembelajaran
1.      Konsep dasar wilayah dan pewilayahan
2.      Indikator Tujuan Millenium Pembangunan (MDGs) sebagai dasar analisis ciri negara maju dan negara berkembang.
3.      Region negara maju dan negara berkembang
4.      Contoh negara maju dan negara berkembang

D.          Model dan Metode Pembelajaran
Model        : Kooperatif Model Dua Tinggal Dua Tamu atau Two Stay Two Stray (TSTS).
Metode      : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan Penugasan.

E.           Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·            Memberi salam dan mengabsen.
·            Guru menyampaikan pencapaian silabus pembelajaran selama satu semester.
·            Apersepsi materi: guru menanyakan pengalaman siswa yang pernah pergi ke luar negeri. Menceritakan gambaran tentang perbedaan suasana antara negara maju dan negara berkembang dengan memperlihatkan gambar dan video negara maju dan negara berkembang.
·            Guru memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti: 70 menit
Eksplorasi (15 menit):
·            Guru menjelaskan secara singkat garis besar konsep wilayah dan pewilayahan serta pengertian negara maju dan negara berkembang dari berbagai pendapat ahli.
·            Tanya jawab tentang ciri atau indicator negara maju dan berkembang.
·            Secara individu, siswa menyebutkan contoh-contoh negara maju dan negara berkembang.
Elaborasi (45 menit):
·            Guru menampilkan gambar persebaran negara maju dan negara berkembang.
·            Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok yang beranggotakan masing-masing 4 orang dengan proporsi yang seimbang.
·            Guru memberi tugas kepada setiap kelompok untuk menggali informasi mengenai factor yang mempengaruhi persebaran negara maju dan negara berkembang dilihat dari letak astronomis melalui berbagai sumber/referensi.
·            Tanya jawab dan diskusi antar kelompok dengan perwakilan masing-masing dua siswa dari tiap kelompok tentang factor yang mempengaruhi persebaran negara maju dan negara berkembang dilihat dari letak astronomis.
·            Secara mandiri, siswa mengidentifikasi factor yang mempengaruhi persebaran negara maju dan negara berkembang dilihat dari letak astronomis.
Konfirmasi (10 menit):
·            Guru memberikan umpan balik terhadap hasil diskusi siswa.
·            Guru menugaskan siswa untuk membuat peta wilayah negara maju dan negara berkembang. Dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·            Melakukan refleksi materi yang telah dibahas dan memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi dan tugas yang kurang dimengerti. (5 menit)
·            Bersama-sama menarik kesimpulan. (5 menit)

F.           Sumber/ Bahan Ajar dan Alat Belajar
1.         Sumber Ajar
-        Buku panduan yang meliputi :
Methuen. Diterjemahkan oleh Prof. Dr. Suharyono. 1991. Geografi Negara Berkembang. Semarang: IKIP Semarang Press.
Yusman Hestiyanto. 1999. Geografi SMA. Surabaya: Yudhistira
-        Internet
           Citra IKONOS tahun pencitraan 2011 diunduh tanggal 16 Juni 2011.
           Gambar pembagian iklim matahari, sumber gambar: http://www.yudhistira-book.co.id

2.         Alat Belajar
-        Power point analisis wilayah dan pewilayahan negara maju dan negara berkembang.
-        Atlas, dan Globe
-        Kerangka konsep
-        World Population Data Sheet 2006
-        Laptop dan LCD
-        Papan tulis dan spidol

G.          Media
1.         Gambar negara-negara di dunia
2.         Video negara maju dan negara berkembang
3.         Musik instrument piano.
4.         Peta batas Negara maju dan Negara berkembang tahun 2010

H.          Penilaian
No
Teknik
Bentuk Tagihan
1
Tugas kelompok
Diskusi dan hasil berupa makalah
3
Unjuk kerja
Presentasi
4
Portofolio
Peta wilayah negara maju dan negara berkembang

Macam aspek penilaian
a.       Aspek kognitif
Pedoman penilaian penugasan (makalah kelompok)
Skor
Nilai
86-100
Baik sekali
71-85
Baik
56-70
Cukup
< 55
Kurang

b.      Psikomotorik
Menilai keaktifan siswa dalam diskusi
Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pemahaman materi pembahasan




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 – 79
Cukup
2
56 – 67
Kurang
1
< 55

c.       Afektif
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pemahaman tentang materi




Kemampuan melakukan analisis atas suatu pernyataan/kutipan




Sikap terhadap pernyataan/kutipan




Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar




Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
70 - 79
Cukup
2
60 - 69
Kurang
1
< 60





Comal,   Juni 2011
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Comal                                    Guru Mata Pelajaran Geografi          
                                   
                                                           
                       
                                                                                                Nur Indahwati
---------------------------------
NIP....…………………….                                        NIM…………………………

Komentar

Postingan Populer