RPP GEOGRAFI KELAS IX
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu: Drs Partoso Hadi,M.Si.
Oleh :
Probo Cahyono
K5408044
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Sukoharjo
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan) / 1 (satu)
Standar Kompetensi :1.Memahami kondisi perkembangan negara-negara di Dunia
Kompetensi Dasar :1.1.Mengidentifikasi ciri-ciri dan persebaran negara-negara berkembang di Dunia.
Alokasi Waktu : 1 x40 menit
A. Indicator
1. Kognitif :
a. Produk :
1) Mengetahui definisi negara berkembang.
2) Mengetahui ciri-ciri negara berkembang.
3) Mengetahui persebaran negara-negara berkembang di dunia.
4) Mampu memberikan contoh negara-negara yang tergolong ke dalam negara berkembang
b. Proses :
1) Mencari dan mempelajari definisi negara berkembang melalui buku-buku yang relevan.
2) Memahamiciri-ciri negara berkembang
3) Menganalisis persebaran negara-negara berkembang di dunia
4) Memberikan contoh negara-negara yang tergolong ke dalam negara berkembang berdasarkan ciri-cirinya.
2. Psikomotor
a. Melakukan Identifikasi persebaran negara-negara berkembang di dunia
b. Menyebutkan contoh negara-negara yang tergolong ke dalam negara berkembang.
c. Mendeskripsikan ciri-ciri negara berkembang.
- Afektif
a. Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1) Definisi dan Ciri-ciri negara sedang berkembang
2) Persebaran negara-negara berkembang di dunia.
3) Contoh negara yang tergolong negara sedang berkembang
b. Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1) Definisi dan Ciri-ciri negara sedang berkembang
2) Persebaran negara-negara berkembang di dunia.
3) Contoh negara yang tergolong negara sedang berkembang.
B. Tujuan Pembelajaran
- Kognitif
a. Produk
Siswa dapat :
1) Mengetahui definisi negara berkembang.
2) Mengetahui ciri-ciri negara berkembang.
3) Mengetahui persebaran negara-negara berkembang di dunia.
4) Mampu memberikan contoh negara-negara yang tergolong ke dalam negara berkembang.
b. Proses
1) Siswa mampu untuk mencari dan mempelajari definisi negara berkembang melalui buku-buku yang relevan.
2) Siswa mampu untuk memahami ciri-ciri negara berkembang
3) Siswa mampu untuk menganalisis persebaran negara-negara berkembang di dunia
4) Siswa mampu untuk memberikan contoh negara-negara yang tergolong ke dalam negara berkembang berdasarkan ciri-cirinya.
- Afektif
a. Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya mengetahui definisi negara berkembang yang benar berdasarkan ciri-ciri yang terdapat atau disampaikan dalam pembelajaran. Serta mengetahui persebaran dan mampe memberikan contoh negara yang termasuk tergolong negara sedang berkembang di dunia.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mendeskripsikan ciri-ciri negara berkembang, persebaran negara berkembang dan contoh negara berkembang di dunia.
C. Materi Pembelajaran
1. Definisi negara berkembang.
2. Ciri-ciri negara sedang berkembang
3. Persebaran negara-negara berkembang di dunia
4. Contoh negara sedang berkembang
D. Model dan Metode Pembelajaran
Model : Pembelajaran Tematik.
Metode : Ceramah, Diskusi, dan Tanya jawab.
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No | Kegiatan | Keterangan | Alokasi Waktu |
1. | Awal | · Memberi salam · Melakukan presensi | 2 menit |
| | · Apersepsi materi berupa : guru menyajikan ataumenunjukkan gambar yang berhubungan dengan ciri-ciri negara-negara maju dan berkembang. | 3 menit |
2. | Inti 1. Eksplorasi 2. Elaborasi 3. Konfirmasi | Dengan melihat gambar-gambar tersebut Guru meminta siswa untuk mendefinisikan dan menganalis keadaan negara berkembang melalui gambar yang ditampilkan. Guru menugaskan siswa untuk memberikan contoh negara yang memiliki keadaan yang sama dengan gambar dan juga peta persebaran yang ditampilkan. Guru menerangkan materi kepada siswa, mengenai negara maju dan berkembang, baik definisi, indikator/ciri-ciri, contoh negaranya dan persebarannya secara garis besar. Guru membagi siswa dalam 5 kelompok. Guru membagi soal pada masing-masing kelompok. Tiap kelompok mengidentifikasi persebarannegara-negara yang sedang berkembang di dunia berdasarkan peta yang diberikan. Masing-masing kelompok kemudian akan mempresentasikan hasil kelompoknya diwakili oleh anggota masing-masing. Siswa/tiap kelompok mambacakan hasil diskusi untuk di tanggapi kelompok lainnya. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil interpretasi peta rupabumi. Guru mengarahkan selama diskusi dan mengadakan tanya jawab | 10 menit 15 menit 7 menit |
3. | Penutup | Guru melakukan refleksi materi yang telah dibahas berupa menarik kesimpulan dari hasil presentasi siswa dan menyimpulkan secara keseluruhan materi tersebut. Guru memberi tugas untuk menyiapkan peta dunia dan mendiskripsikan keadaan geografisnya | 3 menit |
F. Sumber/ Alat/Media Belajar
- Sumber :
2. http://www.crayonpedia.org/mw/Negara-Negara_Yang_Digolongkan_Sebagai_Negara_Maju_dan_Berkembang_9.1
3. http: wikipedia.org
5. Buku Geografi Negara Berkembang terjemahan
- Alat : laptop, papan tulis, spidol, LCD , slide presentasi.
- Media : 1. Gambar indikator MDGs negara maju dan berkembang
3. Peta negara Mesir
4. Gambar kondisi pertanian di Mesir
G. Penilaian.
- Kognitif
Penilaian dengan kisi-kisi soal sebagai berikut :
Kelompok 1 - 5
- Amati peta tersebut, kemukakan mengapa negara-negara berkembang sebagian besar berada di sebelah selatan garis katulistiwa dan di zona iklim tropis?
- Sebutkan salah satu contoh negara berkembang di Asia Tenggara!
- Afektif
Ditentukan dengan kriteria :
- Minat
- Sikap
- Psikomotor
Ditentukan oleh :
- Keterampilan dasar membaca peta untuk menemukan negara berkembang
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | ≥90 |
Baik | 3 | 76 - 89 |
Cukup | 2 | 60 - 75 |
Kurang | 1 | <60 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah _____________________ | Guru Geografi Probo Cahyono |
Komentar
Posting Komentar