RPP GEOGRAFI KELAS VII (Memahami usaha manusia untuk memahami lingkungannya.)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu: Drs Partoso Hadi,M.Si.
Oleh :
Ary Wijayanti
K5408059
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Boyolali
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk memahami lingkungannya.
Kompetensi Dasar : 4.1.2 Mendeskripsikan gejala – gejala yang terjadi di hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit
A. Indikator
1. Kognitif :
a. Produk :
1) Mengetahui siklus hidrologi dan bagian – bagiannya.
2) Mengetahui klasifikasi bentuk tubuh air permukaan dan air tanah .
b. Proses :
1) Mengetahui siklus hidrologi dan bagiannya.
2) Mengetahui klasifikasi bentuk tubuh air permukaan dan air tanah .
2. Psikomotor
a. Melakukan pengamatan terhadap siklus hidrologi.
b. Menentukan faktor yang terdapat pada siklus hidrologi.
c. Menentukan klasifikasi air permukaan dan air tanah.
- Afektif
a. Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1) Penyebab banjir
2) Bagaimana proses terbentuknya air.
3) Klasifikasi air permukaan dan air tanah.
b. Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
4) Penyebab banjir
5) Bagaimana proses terbentuknya air.
6) Klasifikasi air permukaan dan air tanah.
B. Tujuan Pembelajaran
- Kognitif
a. Produk
Siswa dapat :
1) Mengetahui siklus hidrologi dan bagian – bagiannya.
2) Mengetahui klasifikasi bentuk tubuh air permukaan dan air tanah .
b. Proses
1) Siswa mampu mengetahui siklus hidrologi dan bagian – bagiannya.
2) Siswa mampu mengetahui klasifikasi bentuk tubuh air permukaan dan air tanah .
- Afektif
a. Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya menjaga lingkungan sehingga tidak terjadi banjir dan menentukan langkah apa yang dilakukan untuk mengatasinya.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mendeskripsikan banjir dan proses yang menyebabkan banjir sehingga mampu menerapkan dengan kehidupan sehari-hari.
C. Materi Pembelajaran
1)Siklus hidrologi dan bagian – bagiannya.
2)Klasifikasi bentuk tubuh air permukaan dan air tanah .
D. Model dan Metode Pembelajaran
Model : Contextual Teaching Learning (CTL) pemodelan.
Metode : Ceramah, dan Tanya jawab.
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No | Kegiatan | Keterangan | Alokasi Waktu |
1. | Awal | · Memberi salam · Membaca doa · Melakukan presensi | 2 menit |
| | · Apersepsi materi berupa : guru menyajikan gambar hujan dan banjir, beserta gambar penyebab banjir. | 3 menit |
2. | Inti 1. Eksplorasi 2. Elaborasi 3. Konfirmasi | Guru menugaskan siswa untuk menganalisis penyebab banjir akibat hujan. Guru menjelaskan tentang siklus hidrologi dan bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya. .Guru memberikan umpan balik berupa pertanyaan secara mencongak tentang materi yang telah dibahas lewat video yang telah ditampilkan. | 10 menit 15 menit 7 menit |
3. | Penutup | Guru melakukan refleksi materi yang telah dibahas berupa menarik kesimpulan menyimpulkan secara keseluruhan materi tersebut. | 3 menit |
F. Sumber/ Alat/Media Belajar
- Sumber :
1. Seyhan, Ersin.1977.DASAR-DASAR HIDROLOGI.Gadjah Mada Universitas Press. Yogyakarta.
2. Hutabarat, Sahala dkk. 1984. PENGANTAR OCEANOGRAFI. Unversitas Indonesia Press. Jakarta.
3. http://img.gd.itb.ac.id/?p=15 materi siklus hidrologi.
4. Ginting , Fathurrahman. 2007. IPS GEOGRAFI untuk SMP kelas vii.Erlangga:Jakarta
5. Tim Abdi guru .2008. IPS GEOGRAFI untuk SMP kelas vii.Erlangga:Jakarta
6. Citra IKONOS tahun pencitraan 2006
7. Gambar rumah berpaving, http://www.google.co.id/search?q=rumah+berpaving
8. Gambar hujan
9. Gambar banjir
http://www.google.co.id/search?q=banjir
- Alat : laptop, papan tulis, spidol, LCD , slide presentasi.
- Media : 1. Gambar Hujan
2. Gambar rumah berpaving
3. Gambar banjir.
4. Video siklus hidrologi.
5. Citra ikonos berupa obyek: sungai, laut, dan waduk.
G. Penilaian.
- Kognitif
◦ Siswa akan dipilih secara acak untuk menjawab pertanyaan mencongak dari materi yang telah diajarkan.
- Afektif
Ditentukan dengan kriteria :
- Minat
- Sikap
- Psikomotor
Ditentukan oleh :
- Keterampilan dalam menentukan penyebab banjir
- Keterampilan dasar untuk mengetahui siklus hidrologi.
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | ≥ 90 |
Baik | 3 | 76 - 89 |
Cukup | 2 | 60 - 75 |
Kurang | 1 | < 60 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah _____________________ | Guru Geografi Ary Wijayanti |
Komentar
Posting Komentar