RPP GEOGRAFI KELAS IX
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Memahami Hubungan Manusia Dengan Bumi
(Mendeskripsikan Keterkaitan Unsur-unsur Geografis dan Penduduk di Kawasan Asia Tenggara)
Disusun guna memenuhi tugas Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu:
Drs. Partoso Hadi, M.Si.
Drs. Wakino, M.Si.
Disusun oleh:
Dian Muthia Dwi Putri
K5408027
Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan PIPS
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sebelas Maret
Surakarta
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMP Negeri 1 Karanganyar
MATA PELAJARAN : Geografi
KELAS / SMT / TH : IX (Sembilan) / 2
TAHUN : 2010/2011
WAKTU : 1 x 45 Menit
A. Standar Kompetensi
5. Memahami hubungan manusia dengan bumi.
B. Kompetensi Dasar
5.2 Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara.
C. Indikator Pembelajaran
· Menunjukkan letak geografis kawasan Asia Tenggara.
· Menginterpretasi peta untuk mendapatkan informasi bentang alam kawasan Asia Tenggara.
· Mendeskripsikan keadaan iklim dan sumberdaya alam di kawasan Asia Tenggara.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan mampu:
· Menginterpretasikan peta untuk mendapatkan informasi tentang bentang alam kawasan Asia Tenggara.
· Mendeskripsikan keadaan iklim dan sumberdaya alam di kawasan Asia Tenggara.
E. Materi Pembelajaran
· Unsur-unsur fisik dan sosial kawasan Asia Tenggara.
· Bentang alam di kawasan Asia Tenggara.
· Iklim di kawasan Asia Tenggara.
F. Metode dan Model Pembelajaran
Metode pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi, resitasi (siswa diharuskan membuat resume dengan kalimat sendiri), penugasan.
Model pembelajaran : Kontekstual bertanya.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan · Guru memberi salam, menanyakan kabar siswa, dan melakukan presensi. · Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai. · Apersepsi materi: Motivasi dengan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan negara di kawasan ASEAN. | 5’ | Ceramah, tanya jawab. |
2. | Kegiatan Inti a) Eksplorasi · Guru menunjukkan letak kawasan Asia Tenggara pada peta. · Bersama-sama menginterpretasi peta untuk mendapatkan informasi bentang alam kawasan Asia Tenggara. · Guru menjelaskan mengenai keadaan iklim dan sumberdaya di Asia Tenggara. · Guru membentuk siswa menjadi 6 kelompok untuk berdiskusi mengenai: - Kaitan antara sumberdaya alam yang terdapat di Asia Tenggara dengan letak kawasan tersebut. - Analisis mengenai kaitan posisi Asia Tenggara dengan iklim yang terbentuk di kawasan tersebut. b) Elaborasi · Kelas dibagi menjadi 6 kelompok, setiap kelompok diperintahkan untuk mendiskusikan: - Kelompok genap (2, 4, dan 6: Kaitan antara sumberdaya alam Asia Tenggara dengan letak kawasan tersebut. - Kelompok ganjil (1. 3 dan 5): Analisis mengenai kaitan antara letak Asia Tenggara (letak astronomis dan letak geografis) dengan iklim yang terbentuk di kawasan tersebut. · Guru memimpin jalannya diskusi, memberikan bimbingan dan arahan kepada kelompok yang kurang memahami. c) Konfirmasi · Perwakilan kelompok harus mempresentasikan hasil diskusi. Kelompok lain berpartisipasi dalam presentasi tersebut. · Guru mengarahkan siswa dalam menyimpulkan hasil diskusi. | 30’ | Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan resitasi. |
3. | Penutup · Guru memberi kesempatan siswa bertanya tentang materi yang telah di diskusikan. · Melakukan refleksi materi yang dibahas. · Guru memberi tugas yang harus dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. · Guru mengakhiri pelajaran. | 10’ | Ceramah, penugasan |
H. Sumber Pembelajaran
1.
2. Kartiman Kudonarpodo dan Didang Setiawan. 1997. Geografi 2 SMA Kelas II. Jakarta: Balai Pustaka
3. Wismuliani, Endar dkk. 2009. IPS SMP dan MTs Kelas IX. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
4. Internet.
· http://www.crayonpedia.com
· http://www.bdg.lapan.org.id
I. Alat Pembelajaran
· White Board
· LCD
· Laptop
J. Media Pembelajaran
· Powerpoint materi Asia Tenggara.
· Video Asia Tenggara
· Peta Asia Tenggara.
· Gambar jalur sirkum mediterania
· Gambar sirkum pasifik
· Gambar sumberdaya alam Asia Tenggara
K. Penilaian
Jenis tagihan :Unjuk kerja
Bentuk tagihan :Diskusi
Bahan diskusi :Diskusikanlah mengenai kegiatan ekonomi penduduk di Asia Tenggara kaitannya dengan sumberdaya alam yang dihasilkan.
Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
Nama Siswa : .................................................................................
Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pemahaman materi pembahasan | | | | |
Kemampuan melakukan analisis | | | | |
Kemampuan menyampaikan pendapat | | | | |
Partisipasi dalam diskusi | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar : | ||||
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 – 79 |
Cukup | 2 | 56 – 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Soal Evaluasi
Cermati pernyataan-pernyataan berikut ini. Pilihlah satu jawaban: BENAR atau SALAH beserta alasan yang mendukung jawaban tersebut. Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
1. B – S : Kawasan Asia Tenggara merupakan kawasan tempat berkumpulnya negara maju.
Alasan :................................................................................................
2. B – S : Iklim yang mendominasi Asia Tenggara adalah iklim tropis.
Alasan :................................................................................................
3. B – S : Indonesia dan Filipina adalah negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki gunungapi terbanyak.
Alasan :................................................................................................
4. B – S : Seluruh negara di Asia Tenggara memiliki laut.
Alasan :................................................................................................
5. B – S : Kegiatan perekonomian mayoritas penduduk di Asia Tenggara adalah pada sektor industri.
Kunci jawaban :
1. Kawasan Asia Tenggara merupakan kawasan tempat berkumpulnya negara maju. (SALAH)
Alasan : Asia Tenggara merupakan kumpulan negara-negara Asia yang terletak di bagian tenggara. Negara-negara yang termasuk dalam kawasan ini mayoritas adalah negara berkembang kecuali Singapura dan Brunei Darussalam.
2. Iklim yang paling mendominasi Asia Tenggara adalah iklim tropis. (BENAR)
Alasan : Asia Tenggara dipengaruhi oleh iklim tropis. Hal ini terjadi karena pengaruh letak astronomis kawasan tersebut yaitu pada posisi 28º LU – 11º LS. Sesuai dengan pembagian iklim matahari, wilayah yang terletak pada 0º - 23º30’ LU dan 0 - 23º30’ LS tergolong dalam iklim tropis.
3. Indonesia dan Filipina adalah negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki gunungapi terbanyak. (BENAR)
Alasan : Indonesia dilalui oleh Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania, sedangkan Filipina dilalui oleh Sirkum Pasifik. Kedua sirkum tersebut mempengaruhi bentang alam kedua negara itu sehingga muncul banyak gunungapi.
4. Seluruh negara di Asia Tenggara memiliki laut. (SALAH)
Alasan : Laos adalah satu-satunya negara di kawasan tersebut yang tidak memiliki laut karena letaknya yang berada di tengah. Laos diapit oleh Vietnam di sebelah timur, Kamboja di sebelah selatan, Myanmar di sebelah barat, dan RRC di sebelah utara.
5. Kegiatan perekonomian mayoritas penduduk di Asia Tenggara adalah pada sektor industri. (SALAH)
Alasan : Kawasan Asia Tenggara merupakan kawasan pertanian yang sangat penting. Lebih dari 50% penduduk di Asia Tenggara bekerja di sektor pertanian kecuali Malaysia (< 40%), serta Brunei Darussalam dan Singapura (<10%).
Komentar
Posting Komentar