RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu : Drs. Partoso Hadi, M. Si
Disusun oleh :
Ririn Wijiastuti
K5408047
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Karanganyar
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : X / Gasal
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
Tahun Ajaran : 2011/2012
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.1 Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
A. Indikator Pembelajaran
1. Kognitif :
a. Produk :
1) Mengetahui konsep terbentuknya bumi .
2) Mengetahui teori tektonik lempeng serta hubungannya dengan persebaran gunungapi dan gempa bumi di Indonesia.
b. Proses :
1) Menginterpretasi Peta Tektonik Lempeng
2) Menganalisis video ilustrasi pergerakan lempeng dan dampaknya terhadap gempa.
3) Menganalisis hubungan tektonik lempeng dan persebaran gunungapi dunia melalui Peta Lempeng Tektonik Dunia dan Jalur Cincin Api.
2. Psikomotor
1) Melakukan analisa perkembangan bumi dari awal terbentuknya hingga sekarang.
2) Mendeskripsikan hubungan pergerakan lempeng tektonik dan persebaran gunungapi dan gempa.
3. Afektif
a. Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1) Letak Indonesia yang berada di jalur cincin api
2) Bahaya yang mungkin terjadi sebagai konsekuensi letak Indonesia yang berada dalam jalur cincin api
3) Menganalisa langkah-langkah yang mungkin dilakukan untuk meminimalisasi dampak negatif yang mungkin terjadi.
b. Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1) Tahap-tahap pembentukan bumi yang mempengaruhi karakteristik bumi
2) Pergerakan lempeng tektonik dan dampak bahaya yang timbul di lingkungan siswa karenanya.
B. Tujuan Pembelajaran
- Kognitif
a. Produk
Siswa dapat :
1) Mengetahui konsep terbentuknya bumi .
2) Mengetahui teori tektonik lempeng serta hubungannya dengan persebaran gunungapi dan gempa bumi di Indonesia.
b. Proses
1) Siswa mampu menginterpretasi Peta Tektonik Lempeng
2) Siswa mampu menganalisis video ilustrasi pergerakan lempeng dan dampaknya terhadap gempa.
3) Siswa mampu menganalisis hubungan tektonik lempeng dan persebaran gunungapi dunia melalui Peta Lempeng Tektonik Dunia dan Jalur Cincin Api.
- Afektif
a. Karakter
Setelah proses pembelajaran, siswa dapat memahami letak Indonesia yang berada di jalur cincin api dan bahaya yang mungkin terjadi sebagai konsekuensi letak Indonesia yang berada dalam jalur cincin api. Dengan demikian, siswa dapat menganalisa langkah-langkah yang mungkin dilakukan untuk meminimalisasi dampak negatif yang mungkin terjadi.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk memahami karakteristik bumi akibat tahap-tahap proses pembentukannya serta mendeskripsikan bahaya yang mungkin terjadi akibat pergerakan tektonik lempeng di lingkungan sekitar tempat tinggal siswa karena berada di jalur cincin api.
C. Materi Pembelajaran
1. Proses terjadinya bumi
2. Teori lempeng tektonik
3. Persebaran gunungapi dan gempa bumi
D. Metode dan Model Pembelajaran
Metode pembelajaran : Metode kontekstual bertanya
Model pembelajaran : Ceramah dan Tanya jawab.
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Kegiatan | Keterangan | Alokasi Waktu |
1. | Awal | · Memberi salam · Melakukan presensi · Menyampaikan SK dan KD | 2 menit |
| | · Apersepsi materi berupa : guru menyajikan citra gambar ilustrasi sejarah terbentuknya bumi, lempeng tektonik, gunungapi, dan gempa bumi | 3 menit |
2. | Inti 1. Eksplorasi 2. Elaborasi 3. Konfirmasi | Guru memancing siswa untuk menganalisa hubungan antara gambar-gambar tersebut sesuai dengan SK dan KD. Siswa memberikan tanggapan. Guru membantu mengarahkan siswa untuk memasuki materi inti Guru menjelaskan konsep terbentuknya bumi berdasarkan rangkuman dari berbagai teori. Guru menjelaskan tentang lapisan bumi. Guru menjelaskan tentang teori tektonik lempeng. Guru menjelaskan batas antar lempeng Siswa diminta menjelaskan Peta Lempeng Tektonik Dunia dengan bimbingan guru. Guru menjelaskan perubahan tatanan tektonik lempeng dari 200 juta tahun yang lalu hingga 50juta tahun ke depan. Guru menampilkan video ilustrasi dampak gerakan lempeng tektonik. Siswa mengamati dan diminta meringkas poin-poin penting di dalamnya. Siswa diminta untuk menganalisa Peta Tektonik Lempeng kedua, dihubungkan dengan persebaran gunung api dan informasi yang diperoleh dari video sebelumnya. Guru menjelaskan hubungan antara pergerakan tektonik lempeng dan gempa bumi Guru memberikan umpan balik terhadap interpretasi Peta Tektonik Lempeng dan Jalur Cincin Api Dunia. | 10 menit 15 menit 7 menit |
3. | Penutup | Guru melakukan refleksi materi yang telah dibahas berupa menarik kesimpulan dari hasil presentasi siswa dan menyimpulkan secara keseluruhan materi tersebut serta memberikan pekerjaan rumah. | 3 menit |
F. Sumber Pembelajaran
1. Sugiyanto & Danang Endarto. 2008. Mengkaji Ilmu Geografi untuk SMA dan MA kelas X. Surakarta: PLATINUM
2. Silver, Cheryl Simon dan Ruh S. DeFries. 1992 . Satu Bumi Satu Masa Depan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
3. Materi kuliah Geologi dasar
4. Materi kuliah Geomorfologi dasar
5. Internet.
G. Alat Pembelajaran
· White Board
· LCD
· Laptop
H. Media Pembelajaran
· Gambar ilustrasi sejarah terbentuknya bumi, lempeng tektonik, patahan, gempa, dan gunungapi sebagai stimulus untuk mengarahkan siswa memasuki materi inti.
· Gambar proses terbentuknya bumi untuk menjelaskan tahap-tahap pembentukan bumi.
· Gambar lapisan-lapisan bumi untuk menjelaskan struktur lapisan bumi
· Animasi dan gambar lempeng tektonik untuk menjelaskan pergerakan lempeng
· Peta Lempeng Tektonik Dunia untuk menjelaskan batas-batas antar lempeng.
· Gambar ilustratif bentuk lempeng bumi dari masa-ke masa untuk menjelaskan pergerakan lempeng tektonik dunia
· Video subduksi dan kaitannya dengan persebaran gunungapi dan gempabumi untuk menjelaskan kaitan antara keduanya
· Peta sebagian lempeng tektonik dunia dan persebaran gunungapi untu menjelaskan hubungan antara keduanya.
· Peta lempeng tektonik dan ring of fire.
I. Penilaian
1. Kognitif
Penilaian dengan kisi-kisi soal sebagai berikut :
Pekerjaan Rumah:
Berdasarkan peta tersebut,
1. Identifikasi negara-negara yang berada dalam jalur cincin api.
2. Analisa dampak positif & negatif yang dialami negara-negara yang berada di jalur cincin api!
Tuangkan hasil diskusi dalam bentuk paper!
Masing-masing kelompok beranggotakan maksimal 3 orang.
2. Afektif
Ditentukan dengan kriteria :
- Minat
- Sikap
3. Psikomotor
Ditentukan oleh :
- Keterampilan melakukan analisa terhadap Peta Tektonik Lempeng dan Jalur Cincin Api Dunia
- Keterampilan menarik suatu kesimpulan berdasarkan hasil pengolahan data.
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 – 79 |
Cukup | 2 | 56 – 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Guru Pamong Arif Mahdiyanto, S.Pd NIP. 195306161981031017 | Karanganyar, 22 April 2012 Mahasiswa PPL Ririn Wijiastuti NIM. K5408047 |
Dosen Pembimbing Drs. Partoso Hadi, M.Si NIP. 19520706 197603 1007 | Mengetahui, Kepala SMA N 1 Karanganyar Drs. Ismail NIP. 19590324 198603 1006 |
Komentar
Posting Komentar