RPP GEOGRAFI KELAS X

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu : Drs. Partoso Hadi, M. Si
Drs. Wakino, M. Si


Disusun oleh :
Hasan Adiq Pramono
K5408031

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

MATA PELAJARAN                        :GEOGRAFI
SATUAN PENDIDIKAN     :  SMAN 3 SUKOHARJO
KELAS/PROGRAM              :X/ Gasal
SEMESTER                            :1
ALOKASI WAKTU              : 1 x 45 menit

I.                   Standar Kompetensi
Memahami sejarah pembentukan Bumi

II.                Kompetensi Dasar
:
2.1. Mendeskripsikan jagat raya dan  tata surya

III.             Indikator

  1. Kognitif :
a.       Produk :
1)      Mengidentifikasi macam-macam galaksi di jagad raya
2)      Dapat mengetahui bentuk-bentuk galaksi
b.      Proses :
1)      Mengindentifikasi ciri-ciri masing-masing galaksi
2)      Mencari sumber data yang relevan mengenai jagad raya dan galaksi
  1. Psikomotor
a.       Melatih siswa untuk mengenali macam galaksi berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
b.      Melatih siswa untuk belajar membedakan teori-teori tentang terbentuknya jagad raya
  1. Afektif
a.       Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1)      Perbedaan masing-masing galaksi di jagad raya
2)      Menemukan perbedaan teori-teori tentang terbentuknya jagad raya

b.      Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1)      Macam-macam galaksi
2)      Bentuk-bentuk galaksi


IV.             Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif
a.       Produk
1)      Siswa dapat mengidentifkasi pengertian jagad raya dan bagaimana teori terjadinya
2)      Siswa dapat mengetahui macam-macam galaksi di jagad raya

b.      Proses
1)      Siswa mampu mengenali macam-macam galaksi berdasarkan ciri-cirinya maupun bentuknya.
2)      Siswa mampu mencari sumber-sumber yang relevan tentang jagad raya untuk dijadikan paper
2.      Afektif
1)      Karakter
Siswa memiliki pandangan bagaimana bentuk jagad raya dan bentuk galaksi yang mereka tempati
2)      Keterampilan social
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu untuk mencari artikel yang berhubungan dengan jagad raya.


V.                Metode dan Model pembelajaran
1.      Metode Konstektual permodelan
2.      Model ceramah dan Tanya jawab
VI.             Materi Pembelajaran
1.      Pengertian  jagad raya
2.      Teori terjadinya jagad raya
3.      Mendeskripsikan nama galaksi
4.      Mendeskripsikan bentuk galaksi
VI.      Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan
1.      Guru member salam dan menanyakan kabar siswa serta melakukan presensi secara acak
2.      Guru memberikan apersepsi tentang gambar bagaimana bentuk jagad raya dan galaksi
3.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanggapi gambar-gambar tersebut..

B.Kegiatan Inti :
Pertemuan 1:
a.      Eksplorasi
·         Guru menampilkan gambar-gambar jagad raya dan bentuk-bentuk galaksi
b.      Elaborasi
·         Guru memberikan materi konsep tentang jagad raya
·         Guru menampilkan video tentang jagad raya dan teori big bang kemudian sekalian memberikan penjelasan tentang video tersebut.
·         Guru memberikan penjelasan teori-teori terbentuknya jagad raya
·         Guru memberikan penjelasan tentang pengertian dan teori terbentuknya galaksi
·         Guru memberikan penjelaskan tentang ciri-ciri galaksi
·         Guru memberikan penjelasan tentang bentuk-bentuk galaksi
·         Guru memberikan penjelasan tentang nama-nama galaksi di jagad raya

c.       Konfirmasi
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas atau belum dimengerti
·         Guru memberikan soal-soal berupa pilihan ganda kemudian dijawab murid bersama-sama satu kelas.

C. Penutup :
1.      Guru memberikan kesimpulan tentang materi yang diajarkan tadi.
2.      Guru memberikan pekerjaan rumah untuk membuat paper yang berhubungan jagad raya beserta isinya


VI.Media dan Sumber Belajar
·         Buku Geografi (Grafindo)
·         Materi kuliah Kosmografi
·         Gunawan. 1999. Tata Surya dan Alam Semesta. Yogyakarta: Kanisius.
·         Endarto, Danang. 2005. Pengantar Kosmografi. Surakarta: UNS Press
·         Media informasi lain yang relevan( Internet, surat kabar, majalah dan lain-lain.)

1.      Internet.
·         http://adhvara.wordpress.com
·         http://www.kafeastronomi.com/macam-macam-bentuk-galaksi.html

VII.      Alat Pembelajaran
1.      White board
2.      LCD
3.      Laptop
4.      Spidol
Media
-          Video teori Big Bang
-          Video Jagad Raya
-          Gambar Teori Bigbang
-          Gambar Galaksi bentuk spiral
-          Gambar Galaksi bentuk spiral berpalang
-          Gambar Galaksi bentuk elips
-          Gambar Galaksi bentuk tak beraturan
-          Gambar Galaksi Bima Sakti

VIII.       Penilaian.
1.      Kognitif
Penilaian dengan kisi-kisi soal sebagai berikut :
Semua Siswa :
-          Menjawab soalyang disediakan oleh guru mengenai jagad raya dan galaksi
2.      Afektif
Ditentukan dengan kriteria :
-          Minat
-          Sikap
-          Bahasa



3.      Psikomotor
Ditentukan oleh :
-          Keterampilan membuat paper
-          Keterampilan mencari sumber data yang baku
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
≥ 90
Baik
3
76 - 89
Cukup
2
60 - 75
Kurang
1
< 60


Mengetahui,   
………,……………,…..       
Kepala Sekolah                                                  Guru Geografi

----------------------                                     Hasan Adiq Pramono






LAMPIRAN
Soal-Soal Pilihan Ganda
1.      Benda langit berikut ini yang merupakan bintang adalah … .
A.    bulan
B.     matahari
C.     mars
D.    yupiter
E.     neptunus
2.      Paham heliosentris mengatakan bahwa yang menjadi pusat beredarnya planet-planet dalam tata surya adalah … .
A.    bumi
B.     bulan
C.     matahari
D.    pluto
E.     mars
3.      Teori kabut dikemukakan oleh … .
A.    Kant-Laplace
B.     Chamberlain-Moulton
C.     Jeans-Jeffreys
D.    GeraldP.Kuiper
E.     Von Weiszacker
4.      Inti kabut dari teori Kant-Laplace menjadi … .
A.    bumi
B.     bulan
C.     satelit
D.    matahari
E.     mars
5.      Ilmu yang mempelajari benda-benda angkasa, khususnya yang berhubungan dengan sifat-sifat fisik benda-benda angkasa disebut ….
A.    kosmografi
B.     astronomi
C.     astrologi
D.    kosmologi
E.     geografi
6.      Kelompok jutaan bintang yang tampak keputihan di malam hari yang cerah adalah … .
A.    galaksi
B.     planet
C.     satelit
D.    meteor
E.     komet
7.      Bumi dan matahari terdapat terdapat dalam galaksi … .
A.    bimasakti
B.     Magellan
C.     Andromeda
D.    Silvercoin
E.     Whirlpool
8.      Istilah istilah seperti cancer,Taurus,aquarius,gubuk penceng dan sebagainya merupakan bentuk … .
A.    galaksi
B.     Rasi
C.     Cluster
D.    Nebula
E.     Meteor
9.      Nama nama berikut ini yang bukan merupakan galaksi adalah … .
A.    andromeda
B.     aquarius
C.     whirlpool
D.    blue pinweel
E.     silvercoin
10.  Galaksi terdekat dengan bimasakti adalah … .
A.    andromeda
B.     Magellan
C.     Whirlpool
D.    Aquarius
E.     Silvercoin
11.  Planet-planet melakukan gerak mengelilingi matahari yang disebut … .
A.    revolusi
B.     rotasi
C.     evolusi
D.    adaptasi
E.     migrasi
12.  Bumi berputar pada porosnya disebut … .
A.    revolusi
B.     rotasi
C.     evolusi
D.    adaptasi
E.     migrasi

Komentar

Postingan Populer