RPP GEOGRAFI KELAS XII (Mempraktikkan keterampilan dasar pemetaan)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH              : SMA 8 SURAKARTA
MATA PELAJARAN         :  Geografi
KELAS                                   :  XII
SEMESTER                            :  1 ( satu )
STANDAR KOMPETENSI  : Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
KOMPETENSI DASAR       : Mendeskripsikan prinsip – prinsip dasar peta dan pemetaan
TAHUN PELAJARAN         :  2010 / 2011
ALOKASI WAKTU              :  1 x 45 menit

A.    Indikator :
1.        Kognitif :
a. Produk :
1. Mampu menjelaaskan pengertian peta
2. Mampu menganalisis macam – macam peta
3. Mampu menganalisis unsure – unsure peta
b. Proses :
1. Pengertian peta
2. Mengidentifikasi macam – macam peta
3.Mengidentifikasi unsure – unsure peta
2.        Psikomotorik :
a. Melakukan pengamatan pada peta umum / khusus
3.        Afektif :
a. Karakter
     Terbuka, bekerjasama, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1.  Peta
2. Macam – macam peta
3. Unsur – unsure peta
b. Ketrampilan Sosial
Bertanya, memberikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi tentang :
1. Pengertian peta
2. Macam – macam peta
3. Unsur – unsure peta
B.     Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a. Produk
1. Siswa dapat menjelaskan bebnerapa pengertian peta
2. Siswa dapat menyebutkan macam – macam peta
3. Siswa dapat menyebutkan unsure – unsure peta
b. Proses
     1. Siswa dapat mengidentifikasi tentang peta umum / khusus
2. Afektif
a. Karakakter
     Siswa mengetahui dan memahami peta umum / khusus
b. Ketrampilan Sosial
Siswa mampu mengidentifikasi perbedaan peta umum / khusus
C.    Materi pembelajaran
1.      Mendeskripsikan peta menurut beberapa ahli.
2.      Menyebutkan fungsi dan macam – macam peta.
3.      Menyebutkan unsur – unsur peta.
4.       Menyebutkan informasi tepi pada peta
D.    Model / Metode pembelajaran
Metode pembelajaran : Ceramah dan pemecahan masalah (Tanya jawab).
Model pembelajaran   : Konstektual refleksi.
E.     Kegiatan Pembelajaran


No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
·         Guru memberi salam dan menanyakan kabar siswa serta melakukan presensi.
·         Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai.
·         Guru memberikan apersepsi berupa peta.
·         Guru memberikan kesempatan siswa untuk menanggapi peta tersebut.
15’.
Ceramah, tanya jawab.
2.
Kegiatan Inti
a)      Eksplorasi
·         Guru memulai materi tentang pengertian peta.
·         Guru menjelaskan tentang fungsi peta.
·         Guru menjelaskan tentang unsure – unsure peta dan pemetaan.
·         Guru memberikan penjelasan tentang marginal information (informasi tepi peta).
b)      Elaborasi
·         Kelas dibagi 6 kelompok, setiap kelompok diperintah untuk menganalisis antara peta umum dan peta khusus (tematik).
·         Guru memimpin jalannya diskusi, memberikan bimbingan dan arahan kepada kelompok yang kurang memahaminya.
c)      Konfirmasi
·         Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi. Kelompok lain berpartisipasi dalam presentasi tersebut.
·         Guru mengarahkan siswa dalam menyimpulkan hasil diskusi.
20.
Ceramah, tanya jawab, dan diskusi.
3.
Penutup
·         Guru memberi kesempatan siswa bertanya tentang materi yang di diskusikan tadi.
·         Melakukan refleksi materi yang dibahas.
·         Guru mengakhiri pelajaran.
10
Ceramah

H. SUMBER PEMBELAJARAN
·         Aryono Prihandito (1989), Kartografi, Yogyakarta: Mitra Gama Widya
·         Sinaga, Maruli. 1995. Pengethuan Peta, Yogyakarta
·         Subagio.2003. Pengetahuan Peta, Bandung: ITB Press
·         Partosohadi » Blog Archive » Esensi Peta
·         Materi ajar Bapak Partoso (Esensi Peta)
·         Peta GEOLOGI KOTA SURAKARTA : skripsi Budi Setiyaro k5404021
·         Peta rupabumi lembar 1408 – 343 SURAKARTA
F.     Alat Pembelajaran
·         White Board.
·         LCD.
·         Laptop.
·         Alat tulis menulis.
·         Peta
G. Media Pembelajaran
·         Power point presentasi.
·         Gambar peta umum  ( RBI SURAKARTA lembart 1408 – 343 ) dan peta khusus / tematik ( Peta GEOLOGI KOTA SURAKARTA )
H. Penilaian
Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan 3 ranah
    1. Ranah kognitif berupa:
·         Jenis tagihan                  : Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
·         Bentuk tagihan              :  Laporan, uraian berstruktur
·         Instrumen penilaian
Soal:
1.       Ditinjau dari informasinya ada berapa jenis peta? Berikan contohnya!
2.       Sebutkan komponen-komponen peta!
3.       Desain symbol peta menurut bentuknya ada berapa? Sebut dan jelaskan penggunaannya!
4.       Terdapat 4 penyajian relief muka bumi, jelaskan!
5.       Ada berapa informasi tepi peta (marginal information) sebutkan!
Jawaban:
1. Ditinjau dari informasinya
      Peta umum/PetaIkhtisar adalah peta yang menggambarkan segala Sesuatu yang ada di permukaan bumi.
Contohnya: Peta RBI, Peta Topografi
      Peta Khusus/Peta Tematik adalah peta yang menggambarkan kenampakan-kenampakan tertentu di permukaan bumi.
Contohnya : Peta kepadatan penduduk, Peta geologi, peta penggunaan lahan, dll.
1.      Komponen peta
·         Konstruksi peta
·         Penempatan nama nama unsure topografi di muka peta
·         Simbol simbol unsure topografi di peta
·         Generalisasi
·         Penyajian relief muka bumi
·         Graticule dan grid

2.      Jenis symbol menurut bentuknya
·         Simbol titik digunakan untuk menyatakan lokasi, atau bentuk unsure-unsur lain yang erat hubungannya dengan skala peta. Misalnya bentuk suatu kota dalam skala 1: 1.000.000 dapat diwakili dengan symbol titik, tetapi dalam skala 1: 1.000 simbol titik digunakan untuk menandai titik control tanah.

·         Simbol garis digunakan untuk mewakili unsure-unsur yang berbentuk garis seperti sungai, jalan, batas administrasi, garis pantai, dan sebagainya.

·         Simbol luas/ruang digunakan untuk mewakili unsure-unsur topografi yang berbentuk luas seperti areal permukiman, danau, daerah administrasi, garis pantai, dan sebagainya.

3.      4 penyajian relief mukabumi
·         Kontur
adalah garis khayal yang menghubungkan titik-titik yang mempunyai ketinggian sama. Kontur ini dapat memberikan informasi relief, baik secara relative maupun absolute. Informasi relief secara relative ini diperhatikan dengan menggambarkan garis-garis kontur secara rapat untuk daerah terjal, sedangkan untuk daerah yang landai dapat diperlihatkan dengan menggambarkan garis-garis kontur secara renggang. Informasi relief secara absolute diperlihatkan dengan cara menuliskan nilai kontur yang merupakan ketinggian garis tersebut diatas suatu bidang acuan tertentu. Bidang acuan yang umum digunakan adalah bidang permukaan laut rata-rata.

·         Titik tinggi (spot height)
Titik tinggi merupakan titik pada permukaan bumi yang mempunyai harga ketinggian diatas suatu datum tertentu. Datum yang umum digunakan untuk ketinggian ini adalah permukaan laut rata-rata.

·         Warna ketinggian
 Selain dengan menggunakan kontur, relief permukaan bumi dapat pula disajikan dalam bentuk warna. Caranya adalah dengan memberi warna khusus untuk tiap interval kontur tertentu, sehingga setiap interval kontur tersebut mempunyai warna yang berlainan. Warna-warna yang digunakan pada umumnya dipilih warna-warna tertentu secara berurutan, misalnya dari warna terang ke gelap. Dengan cara pemberian warna ini, akan lebih memudahkan pembaca peta dalam memahami bentuk relief daerah yang dipetakan.

·         Bayangan Gunung
Penyajian ketinggian dengan cara-cara diatas adakalanya masih sulit untuk dibaca sehingga untuk membantu pemecahan permasalahan tersebut diatas dicari alternative lain, yaitu dengan menambah bayangan gunung. Dengan adanya penambahan bayangan tersebut, diharapkan dapat membantu pengguna peta dalam membaca bentuk-bentuk topografi yang menonjol , seperti pebukitan/ pegunungan, serta daerah cekungan.

4.      Marginal Information (Informasi tepi peta)
·         Judul Peta
·         Skala Peta
·         Tanda Arah atau Tanda Orientasi
·         Legenda atau keterangan
·         Inset peta
·         Koordinat (Grid & Graticule)
·         Garis tepi
·         Sumber Peta
·         Pembuat Peta

2. Ranah Afektif, dengan mempertimbangkan:
a)      Kesiapan siswa sebelum mengikuti kegiatan belajar mengajar
b)      Minat siswa dalam mengikuti pembelajaran
c)      Keaktifan siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung maupun kehadirannya

3. Ranah Psikomotorik
         Penilaian dilakukan dengan ukuran kemampuan siswa dalam Memahami ketrampilan dasar peta dan pemetaan.

Kriteria penilaian
 Setiap soal yang betul akan mendapatkan poin 4
Jadi jika soal betul semua akan mendapatkan poin 20
Rumus = JUMLAH SOAL BETUL x 4 = JUMLAH TOTAL  = 10
                                                                                 2
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Memuaskan
4
 > 8
Baik
3
6, 5 - 8
Cukup
2
5.6 – 6.4
Kurang
1
< 5.5








                                                        

Mengetahui

Kepala Sekolah,


NIP




Guru Mata Pelajaran


                 NIP

Komentar

Postingan Populer