RPP GEOGRAFI KELAS XII
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu: Drs Partoso Hadi, M. Si.
Disusun Oleh :
NIAR NURUL FALAKH
K5408038
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII (dua belas)/1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 x 90 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
Kompetensi Dasar : 2.2. Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis
A. Indikator
1. Ranah Kognitif :
a. Produk :
1) Mengetahui pengertian Sistem Informasi Geografi (SIG)
2) Mengetahui komponen-komponen yang ada pada SIG
3) Mengetahui tahapan-tahapan kerja dalam SIG
4) Mengetahui manfaat SIG dalam kajian geografi
5) Mengetahui penerapan SIG dalam pembuatan peta
6) Mengetahui peta-peta hasil kerja SIG
b. Proses :
1) Menjelaskan pengertian Sistem Informasi Geografi (SIG)
2) Mengidentifikasikan komponen-komponen yang ada pada SIG
3) Mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG
4) Mengidentifikasikan manfaat SIG dalam kajian geografi
5) Menjelaskan penerapan SIG dalam pembuatan peta
6) Menganalisis secara spasial peta hasil SIG
2. Ranah Psikomotor
a. Melakukan kegiatan overlay peta dengan kertas transparansi (kertas kalkir)
b. Menyebutkan komponen-komponen yang ada pada SIG
c. Melakukan kegiatan pembuatan peta dengan program Arc View
- Afektif
a. Karakter
Komitmen, disiplin, bekerjasama, tanggungjawab, dan menghargai pendapat orang lain dalam melakukan analisis :
1) Peta hasil kerja SIG dengan program Arc View
2) Kenampakan simbolik yang ada pada peta hasil kerja SIG.
3) Pemanfaatan SIG dalam kajian geografi.
b. Keterampilan Sosial
Menjadi pendengar yang baik, menghargai pendapat orang lain, mampu menyampaikan ide dan pendapat, mampu berkomunikasi, berinteraksi dan menjalin kerjasama dalam pembelajaran tentang :
1) Analisis input, proses, dan hasil kerja SIG.
2) Berbagai penerapan SIG dalam pembuatan peta.
3) Berbagai manfaat SIG dalam kajian geografi.
c. Keterampilan Softskill
Siswa mampu mencoba melakukan kegiatan overlay peta baik secara konvensional maupun dengan software SIG.
B. Tujuan Pembelajaran
- Kognitif
a. Produk :
1) Mengetahui pengertian Sistem Informasi Geografi (SIG)
2) Mengetahui komponen-komponen yang ada pada SIG
3) Mengetahui tahapan-tahapan kerja dalam SIG
4) Mengetahui manfaat SIG dalam kajian geografi
5) Mengetahui penerapan SIG dalam pembuatan peta
6) Mengetahui peta-peta hasil kerja SIG
b. Proses :
1) Menjelaskan pengertian Sistem Informasi Geografi (SIG)
2) Mengidentifikasikan komponen-komponen yang ada pada SIG
3) Mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG
4) Menjelaskan manfaat SIG dalam kajian geografi
5) Menjelaskan penerapan SIG dalam pembuatan peta
6) Menganalisis secara spasial peta hasil SIG
C. Materi Pembelajaran
1. Pengertian SIG
2. Komponen - komponen SIG
3. Tahapan Kerja dalam SIG
4. Pemanfaatan SIG dalam kajian geografi
5. Penerapan SIG dalam pembuatan peta
D. Model dan Metode Pembelajaran
Model : Quantum.
Metode : Ceramah, Diskusi, dan Tanya jawab.
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No | Kegiatan | Keterangan | Alokasi Waktu |
1. | Pendahuluan | · Memberi salam dan melakukan presensi · Guru membuka pelajaran dengan membacakan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator pelajaran namun dengan istilah tujuan pembelajaran yang akan dicapai para siswa pada akhir pembelajaran. Guru memberi penjelasan jika para siswa mengikuti pelajaran dengan baik, maka pada akhir pembelajaran siswa akan mampu : 1. Menjelaskan pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG) dari berbagai referensi 2. Mengidentifikasikan komponen-komponen yang ada pada SIG 3. Mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG 4. Melakukan kegiatan overlay peta dengan kertas transparansi 5. Mengidentifikasikan manfaat-manfaat SIG dalam kajian geografi 6. Menjelaskan penerapan SIG dalam pembuatan peta · Apersepsi materi: setelah guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kemudian guru menceritakan tentang kebutuhan informasi geografis saat ini. · Selanjutnya guru menyajikan google earth. · Guru menunjukkan contoh-contoh hasil analisis SIG · Guru menanyakan tentang pendekatan geografi dan SIG | 20 menit |
2. | Inti 1. Eksplorasi 2. Elaborasi 3. Konfirmasi | · Guru menugaskan siswa untuk membaca tentang SIG, pentingnya SIG, kemampuan SIG, dan tahapan kerja SIG · Guru mendemonstrasikan penggunaan SIG secara konvensional dan secara digital. · Beberapa siswa mencoba latihan penggunaan SIG · Pemberian tugas kepada siswa secara kelompok untuk melakukan analisis SIG secara konvensional. · Pemberian tugas untuk analisis keruangan dengan menggunakan Software SIG pembelajaran. · Presentasi hasil tugas siswa secara bergantian dalam diskusi kelas. · Penyampaian tanggapan oleh kelompok lain. | 40 menit |
2. | Penutup | · Guru menyampaikan tanggapan, penguatan, dan perayaan terhadap hasil kerja siswa dengan melakukan applause bersama-sama. · Guru melakukan post tes berupa tugas analisis data geografi menggunakan software SIG pembelajaran baik perorangan maupun kelompok. | 30 menit |
F. Media Pembelajaran
- Bagan komponen SIG
- Gambar perangkat keras SIG (CPU,RAM, scanner, keyboard, mouse, dan plotter)
- Tabel perangkat lunak SIG (Arc view, Map Info, AutoCAD)
- Bagan Jenis data spasial
- Gambar representasi data vektor
- Gambar representasi data raster
- Gambar visualisasi SIG
- Gambar Permodelan Bumi dengan SIG
- Gambar sumber-sumber data SIG
- Bagan sistem dasar teknik overlay
- Google Earth untuk overlay dengan Peta
- Slide Pengertian SIG
- Slide Komponen SIG
- Slide Tahapan Kerja dalam SIG
- Slide Penerapan SIG dalam kajian geografi
- Slide Pemanfaatan SIG dalam kajian geografi
- Peta rekomendasi kebutuhan lubang biopori kota Surakarta
- Peta administrasi Surakarta
- Peta RBI Surakarta
- Peta Satuanlahan Surakarta
- Peta kawasan resapan kota Surakarta
- Peta Digital Kota Surakarta sebagai DataBase
- Gambar 1. Skema Perangkat keras (Hardware)
- Gambar 2. Skema perangkat lunak (software)
- Gambar 3. Data dalam bentuk titik, garis dan poligon.(teristris),
- Gambar 4. Data dalam bentuk pixel.
- Gambar 5. Contoh data peta yang diubah menjadi data digital (angka).
- Gambar 6. citra Ikonos yang menunjukan Pegunungan Kendeng,Jawa Tengah.
- Gambar 7. Analisis Lebar Sungai
- Gambar 8. Analisis Penjumlahan
- Gambar 9. Analisis garis dan bidang (Buffering).
- Gambar 10. Hasil output data yang menunjukkan potensi aliran permukaan di DAS Pheasant Branch di Wisconsin (Amerika Serikat). Makin gelap simbol, makin tinggi potensi aliran sungainya.
- Gambar 11. Hasil output data yang menunjukkan daerah potensi erosi tanah di DAS Pheasant Branch di Wisconsin (Amerika Serikat). Makin gelap simbol, makin tinggi potensi erosinya.
- Gambar 12 Peta persebaran sawah dan hutan di Jawa.
- Gambar. 13 Peta perkebunan hutan di Jawa.
- Gambar 14. Peta ikhtisarpengusahaan tanah di Lampung
- Gambar 15. Peta daerah gempa Indonesia.
- Gambar 16. Peta batas administrasi Kotamadya Bandung setelah dilakukan pemekaran kota.
- Gambar 17. Peta persebaran penduduk Jawa.
- Gambar 18. Peta jaringan transportasi.
G. Sumber Pembelajaran
• Anam, Saiful. 2004. Menggunakan ArcINFO untuk Proyeksi Peta. Bandung. Penerbit Informatika.
• Budiyano, Eko. 2006. Sistem Informasi Geografi Menggunakan ARC VIEW GIS. Yogyakarta. penerbit Andi.
• Prahasta, Eddy. 2003. Konsep-Konsep dasar Sistem Informasi Geografi. Bandung. Penerbit Informatika bandung.
• Yousman,Yeyep. 2008. Google Earth. Yogyakarta. Penerbit Andi Yogyakarta.
• ______. 2005. Sistem Informasi Geografi AutoCAD Map. Yogyakarta. penerbit Andi dan Penerbit Wahana
H. Penilaian
Ø Teknik : Tanya Jawab
Ø Bentuk tagihan : Uraian
Ø Tema : Pengertian dan Komponen-komponen SIG
Rubrik Penilaian Tanya Jawab
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam tanya jawab | | | | |
Keaktifan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 – 79 |
Cukup | 2 | 56 – 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Ø Penilaian Produk: Melakukan overlay peta transparansi dan mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG.
Rubrik Penilaian Produk*)
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kelengkapan komponen peta | | | | |
Kerapihan dan kejelasan isi peta | | | | |
Pemakaian warna yang sesuai | | | | |
Kebersihan dan kerapihan peta | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab!
Ø Penilaian Produk: tahapan-tahapan pengerjaan SIG yang harus dilakukan dalam menentukan lokasi industri yang tepat dengan overlay, buffering, dan analisis sederhana.
Rubrik Penilaian Produk*)
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kelengkapan komponen peta | | | | |
Kerapihan dan kejelasan isi peta | | | | |
Pemakaian warna yang sesuai | | | | |
Kebersihan dan kerapihan peta | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab!
Ø Jenis tagihan : Portofolio
Ø Bentuk tagihan : Karangan Tertulis
Ø Bahan diskusi :Manfaat SIG di berbagai bidang dalam kajian geografi
Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan penjelasan tentang manfaat-manfaat SIG di berbagai bidang dalam kajian geografi | | | | |
Isi menunjukkan contoh-contoh pemanfaatan SIG di berbagai bidang dalam kajian geografi | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab!
Ø Jenis tagihan : Unjuk Kerja
Ø Bentuk tagihan : Diskusi
Ø Bahan diskusi : Manfaat SIG di berbagai bidang dalam kajian geografi
Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai Kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Partisipasi dalam diskusi | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab!
Surakarta, 20 Juni 2011
Niar Nurul Falakh
Komentar
Posting Komentar