RPP GEOGRAFI KELAS VII (memahami lingkungan kehidupan manusia.)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMP NEGERI 1 LEMBEYAN
MATA PELAJARAN : Geografi
KELAS / SMT / TH : VII/Ganjil
TAHUN : 2010/2011
WAKTU : 1 x 45 Menit
A. Standar Kompetensi
Memahami lingkungan kehidupan manusia.
B. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampanya terhadap kehidupan.
C. Indikator Pembelajaran
Siswa dapat mengetahui apa saja dampak yang ditimbulkan dari tenaga endogen (tektonisme, vulkanisme, dan seisme).
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan mampu memberikan contoh negative dan positive dari tenaga endogen yang ada dilingkungan sekitar siswa.
E. Materi Pembelajaran
1. Dampak dari tektonisme terhadap kehidupan.
2. Dampak dari vulkanisme terhadap kehidupan.
F. Metode dan Model Pembelajaran
Metode pembelajaran : Ceramah dan Pemecahan masalah (problem solving method dan diskusi kelompok.
Model pembelajaran : Kooperatif jigsaw.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan · Guru memberi salam dan menanyakan kabar siswa serta melakukan presensi. · Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai. · Guru memberikan apersepsi tentang video dari dampak pembentukan bumi. · Guru memberikan kesempatan siswa untuk menanggapi video tersebut. | 15’ | Ceramah, tanya jawab |
2. | Kegiatan Inti a) Eksplorasi · Guru memulai materi dampak tenaga endogen, dengan merifres kembali apa yang dimaksud dengan tenaga endogen. · Guru memberikan contoh gambar dampak yang ditimbulkan dari tektonisme dan vulkanisme beserta penjelasannya. · Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menanggapi foto tersebut. b) Elaborasi · Kelas dibagi menjadi 10 kleompok, setiap kelmpok membahas tentang bencana alam yang ditimbulkan dari tenaga endogen. · Guru memimpin jalannya diskusi, memberikan bimbingan dan arahan kepada kelompok yang kurang memahaminya. c) Konfirmasi · Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi. Kelompok lain berpartisipasi dalam presentasi tersebut. · Guru mengarahkan siswa dalam menyimpulkan hasil diskusi. · Menanyakan kesulitan siswa dalam mempelajari dampak tenaga endogen. | 60’ | Ceramah, tanya jawab, dan diskusi. |
3. | Penutup · Guru memberi kesempatan siswa bertanya tentang materi yang di diskusikan tadi. · Melakukan refleksi materi yang dibahas. · Guru mengakhiri pelajaran. | 15’ | Ceramah |
H. Sumber Pembelajaran
I. Alat Pembelajaran
· White Board
· LCD
· Laptop
J. Media Pembelajaran
· Powerpoint pengertian dari tenaga endogen.
· Pengertian tektonisme dan dampak tektonisme terhadap kehidupan.
· Pengertian vulkanisme dan dampak vulkanisme terhadap kehidupan.
K. Penilaian
Soal diskusi
1. Jelaskan hubungan antara tektonisme dengan vulkanisme
2. Selang waktu terjadinya tsunami di Aceh dan Jepang berbeda, waktu datangnya tsunami di Aceh lebih cepat dibandingkan di Jepang. Jelaskan mengapa bisa demikian.!
Komentar
Posting Komentar