RPP GEOGRAFI KELAS XI (Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer)
PENGERTIAN FENOMENA ANTROPOSFER
Makalah Ini Disusun dalam Rangka
Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro
Diampu oleh Drs. Partoso Hadi,MSi
Disusun Oleh :
Nama : IKKA PUTRI W.S.
NIM : K 5408073
Prodi : Pendidikan Geografi
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA 2011
ANTROPOSFER
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Muhammadiyah I Surakarta
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar : 1.3. Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer
Indikator : -Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
-Mengelompokkan data kependudukan berdasarkan umur dan jenis kelamin
- Menjelaskan perbedaan sensus penduduk dan
registrasi penduduk
- Mengidentifikasi jenis-jenis sensus
- Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur
dan jenis kelamin
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
- Mengelompokkan data kependudukan berdasarkan umur dan jenis kelamin
- Menjelaskan perbedaan sensus penduduk dan registrasi penduduk
- Mengidentifikasi jenis-jenis sensus
- Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
B. Materi Pembelajaran
- Komposisi penduduk
B. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan
C. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Guru menyapa siswa dan mengabsen.
· Apersepsi materi.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menjelaskan secara garis besar tentang komposisi penduduk
· Siswa secara individu mencatat dan mengumpulkan hasil tugas yang dikerjakan
· Secara kelompok, mengerjakan tugas yang telah diberikan
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Penugasan secara kelompok, siswa mengerjakan soal tentang sensus penduduk
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Data Monografi Kelurahan
- OHP / Slide Proyektor
- Internet :
· http:/ratriri.blogspot.com/2009
F. Penilaian
Penilaian Performance/Sikap
- Penilaian saat tanya jawab, lihat rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian
Hari/Tanggal : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
Nama Siswa : .................................................................................
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kerja sama dalam kelompok | | | | |
Partisipasi dalam tanya jawab | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam tanya jawab | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Keterangan:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP. K5408073
Komentar
Posting Komentar