RPP GEOGRAFI KELAS IX (memahami sda)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SMA N 3 Surakarta
MATA PELAJARAN : Geografi
KELAS : XI
SEMESTER : 1 ( satu )
TAHUN PELAJARAN : 2010 / 2011
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA N 3 Surakarta
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : XI (sebelas) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sumber daya alam
Kompetensi Dasar : 2.2 Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Indicator
1. Kognitif :
a. Produk :
1. Mengetahui gejala tektonisme sebagai asal mula terbentuknya sumberdaya alam
2. Mengetahui gejala vulkanisme sebagai asal mula terbentuknya sumberdaya alam
3. Mengetahui macam-macam bentukan alam yang mengandung sumberdaya alam
4. Mengetahui macam-macam sumberdaya alam
b. Proses :
1) Mengamati proses tektonisme
2) Mengamati proses vulkanisme
3) Menganalisis zona subduksi yang terdapat di indonesia melalui citra IKONOS
4) Menganalisis jenis-jenis sumberdaya alam
2. Psikomotor
a. Menyebutkan jenis-jenis pergerakan lempeng dunia
b. Menyebutkan jenis pergerakan lempeng yang terjadi di Indonesia berdasarkan peta pergerakan lempeng dunia
c. Mendeskripsikan proses tejadinya subduksi sebagai akibat proses pergerakan lempeng
d. Mendeskripsikan gejala vulkanisme sebagai akibat dari proses subduksi
e. Mengidentifikasi jenis-jenis lipatan dan patahan sebagai lokasi terbentuknya sumberdaya alam
f. Menyebutkan jenis-jenis sumberdaya alam yang terdapat di mukabumi sebagai akibat dari proses distropisme dan vulkanisme
- Afektif
a. Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1) Gejala tektonisme
2) Gejala vulkanisme
3) Jenis-jenis sumberdaya alam
b. Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1. Gejala tektonisme
2. Gejala vulkanisme
3. Jenis-jenis sumberdaya alam
B. Tujuan Pembelajaran
- Kognitif
a. Produk
Siswa dapat :
1. Mengetahui gejala tektonisme sebagai asal mula terbentuknya sumberdaya alam
2. Mengetahui gejala vulkanisme sebagai asal mula terbentuknya sumberdaya alam
3. Mengetahui macam-macam bentukan alam yang mengandung sumberdaya alam
4. Mengetahui macam-macam sumberdaya alam
b. Proses
1. Siswa mampu mengamati proses tektonisme
2. Siswa mampu mengamati proses vulkanisme
3. Siswa mampu menganalisis zona subduksi yang terdapat di indonesia melalui bantuan citra IKONOS
4. Siswa mampu menganalisis jenis-jenis sumberdaya alam
- Afektif
a. Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya mengetahui gejala tektonisme dan gejala vulkanisme yang berperan terhadap keberadaan sumberdaya alam di mukabumi ini.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mendeskripsikan jenis-jenis sumberdaya alam dan proses terbentuknya di mukabumi.
C. Materi Pembelajaran
- Gejala tektonisme (pergerakan lempeng)
- Gejala vulkanisme
- Jenis-jenis sumberdaya alam
D. Model dan Metode Pembelajaran
Model : Contextual Teaching Learning (CTL) pemodelan.
Metode : Ceramah, Diskusi, dan Tanya jawab.
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No | Kegiatan | Keterangan | Alokasi Waktu |
1. | Awal | · Memberi salam · Melakukan presensi | 2 menit |
| | · Apersepsi materi berupa : guru menampilkan gambar mengenai jenis-jenis sumberdaya alam yang terdapat disekitar lingkungan siswa dan bertanya tentang perbedaan lokasi dari beberapa jenis sumberdaya alam tersebut | 5 menit |
2. | Inti 1. Eksplorasi 2. Elaborasi 3. Konfirmasi | - guru meminta siswa untuk menyebutkan keberadaan sumberdaya alam di mukabumi - siswa menjawab jenissumberdaya alam yang terdapat dimuka bumi - guru bertanya kepada siswa mengenai perbedaan jenis sumberdaya alam yang terdapat antara satu lokasi dengan lokasi lainnya - siswa secara sederhana menjawab alasan perbedaan lokasi keberadaan sumberdaya alam di mukabumi - Guru menjelaskan tentang tatanan tektonik lempeng dunia yang senantiasa bergerak dinamis dan berpengaruh terhadap keberadaan sumberdaya alam di mukabumi - Guru menjelaskan tentang subduksi dan gejala vulkanisme yang berpengaruh terhadap keberadaan sumberdaya alam di mukabumi - Guru menjelaskan tentang jenis-jenis sumberdaya alam dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari - Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok dan memberikan tugas diskusi kepada setiap kelompok - Murid melakukan diskusi dan guru melakukan pemantauan terhadap aktivitas diskusi - Murid mempresentasikan hasil diskusi - guru memberikan umpan balik terhadap hasil diskusi | 15 menit 45 menit 13 menit |
3. | Penutup | Guru melakukan refleksi materi yang telah dibahas dan bertanya apakah siswa sudah memahami materi yang telah disampaikan | 10 menit |
F. Sumber/ Alat/Media Belajar
- Sumber :
Charles C Plummer, Diane H Carlson, Lisa Hammersly.2010. Physical geology thirteen edition.Newyork : Mcgraw hill
Prof. Dr. Ir. Moch Munir, M.S. 2003. Geologi Lingkungan. Malang : Banyumedia
Soemarwoto. Otto (1982). Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berwawasan Lingkungan.Jakarta
Tim penyusun. 2006. Geografi Program Ilmu Alam. Klaten : Cempaka Putih
Gatot Harmanto. 2008. Geografi Bilingual. Bandung : Yrama Widya
- Media Pembelajaran : Power Point
Peta persebaran sumberdaya alam di Indonesia
Contoh gambar jenis-jenis sumberdaya alam
Gambar proses terjadinya subduksi
Video pembelajaran : proses terbentuknya minyak bumi
- Alat : laptop, papan tulis, spidol, LCD , slide presentasi.
Komentar
Posting Komentar