RPP GEOGRAFI KELAS VII
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Materi Pokok Mendeskripsikan Keragaman Bentuk Muka Bumi, Proses Pembentukan dan Dampaknya terhadap Kehidupan
Disusun Guna Memenuhi Tugas Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu, Drs. Partoso Hadi, M.Si.
Drs. Wakino, M.Si.
Disusun oleh:
Nurul Lathifah
K5408041
Program Studi Pendidikan Geografi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sebelas Maret
Surakarta
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP N I Sukolilo
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : VII /I
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Keragaman Bentuk Muka Bumi, Proses dan Dampaknya Terhadap Kehidupan
A. Indikator
1. Kognitif
a. Produk
1) Mengetahui definisi tenaga eksogen.
2) Mengetahui macam-macam tenaga eksogen.
3) Mengetahui proses dan dampak tenaga eksogen.
b. Proses
1) Menganalisis perbedaan kenampakan bentang alam pada beberapa wilayah.
2) Menganalisis proses eksogen yang terjadi pada suatu wilayah dengan mengamati kenampakan yang ada.
3) Menganalisis dampak tenaga eksogen pada suatu wilayah.
2. Psikomotor
a. Menyebutkan contoh bentuk muka bumi di sekitar tempat tinggal.
b. Mendeskripsikan proses eksogen yang terjadi pada suatu wilayah.
c. Mendeskripsikan dampak proses eksogen terhadap bentuk muka bumi suatu wilayah.
3. Afektif
a. Karakter
Bekerjasama, bertanggungjawab, menghargai pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap:
1) Bentuk muka bumi.
2) Perbedaan kenampakan pada masing-masing muka bumi.
3) Proses eksogen yang bekerja pada masing-masing muka bumi.
b. Keterampilan Sosial
Bertanya, berdiskusi, mengungkapkan gagasan atau ide, menjadi pendengar yang baik, dan berinteraksi dalam pembelajaran tentang:
1) Macam-macam tenaga eksogen
2) Proses masing-masing tenaga eksogen dalam mempengaruhi bentuk muka bumi.
3) Dampak tenaga eksogen terhadap bentuk muka bumi.
B. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a. Produk
Siswa dapat :
1) Mengetahui bentuk muka bumi dan proses pembentukannya.
2) Mengetahui macam-macam tenaga eksogen.
3) Mengetahui pengaruh tenaga eksogen terhadap pembentukan muka bumi.
4) Mengetahui pengaruh positif dan negatif proses eksogen tersebut.
b. Proses
1) Siswa mampu menyebutkan bentuk-bentuk muka bumi.
2) Siswa mampu mendeskripsikan macam-macam serta proses tenaga eksogen.
3) Siswa mampu menjelaskan pengaruh tenaga eksogen dalam pembentukan muka bumi.
4) Siswa mampu menganalisis proses eksogen yang bekerja pada suatu wilayah.
5) Siswa mampu menganalisis dampak positif dan negatif proses eksogen pada suatu wilayah
2. Afektif
a. Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya mengetahui bentuk mukabumi pada daerah tempat tinggal dan proses pembentukan muka bumi tersebut. Serta mampu mengkaitkan keadaan mukabumi dengan potensi bencana di wilayah tersebut.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mendeskripsikan macam dan proses tenaga eksogen pada daerah tempat tinggal serta dampaknya bentuk muka bumi yang ada.
C. Materi Pembelajaran
· Pengertian tenaga eksogen.
· Macam-macam tenaga eksogen.
· Pengertian pelapukan, erosi dan transportasi, sedimentasi dan gerak massa batuan.
· Macam-macam pelapukan, erosi dan transportasi, sedimentasi dan gerak massa batuan.
· Contoh hasil pelapukan, erosi dan transpoortasi, sedimentasi dan gerak massa batuan.
· Dampak pelapukan, erosi dan transpoortasi, sedimentasi dan gerak massa batuan.
D. Metode Pembelajaran
Motode ceramarah dan diskusi. Sedangkan model pembelajaran yang digunakan adalah kooperatif keliling kelompok, yaitu model pembelajaran yang menekankan pada adanya kelompok-kelompok diskusi.
E. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
No. | Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa | Alokasi Waktu |
1. | Pendahuluan : a. Apersepsi
b. Menanyakan daerah asal dan bentuk muka bumi yang ada di daerah asal siswa | · Siswa menjawab salam dan berdoa · Menjawab pertanyaan yang diberikan guru · Siswa mengamati gambar yang ditampilkan guru, kemudian memberikan tanggapan. | 10 menit |
2. | Kegiatan Inti 1. Guru menjelaskan penyebab keragaman bentuk muka bumi 2. Guru menjelaskan perngertian tenaga eksogen 3. Guru menjelaskan bentuk-bentuk tenaga eksogen 4. Guru menayangkan video pembelajaran tentang erosi 5. Guru memberikan contoh bentuk muka bumi hasil dari tenaga eksoogen 6. Guru membentuk kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang 7. Guru memberikan materi untuk diskusi kelompok 8. Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya 9. Guru melakukan evaluasi dengan menanyakan hasil diskusi pada beberapa siswa secara individu | · Siswa mendengarkan penjelasan guru dan mengamati video yang ditanyangkan · kelompok mendiskusikan bahan materi untuk dianalisis. · Mendengarkan presentasi dari hasil diskusi. · Siswa menjawab soal yang diberikan guru. | 70 menit |
3. | Penutup : 1. Guru memberikan kesimpulan materi 2. Guru memberikan tugas atau PR. 3. Mengucapkan salam penutup. | · Siswa memperhatikan guru · Siswa menyimak tugas yang diberikan · Siswa menjawab salam | 10 menit |
F. Sumber / Media / Alat Belajar
· Sumber Belajar
4. Skripsi Siti Baroroh Barida Tahun 2010
· Alat
1. Laptop
2. LCD
3. White Board
4. Slide Presentasi
· Media
1. Video Erosi Air Laut
2. Gambar stalaktit dan stalakmit
3. Gambar sand dune
4. Gambar pelapukan kimia
5. Gambar pelapukan biogis
6. Gambar delta
7. Gambar kipas aluvial
8. Gambar sedimentasi air laut
9. Gambar tipe-tipe geark massa batuan
G. Penilaian
1. Kognitif
Penilaian dengan kisi-kisi soal sebagai berikut :
· Kelompok 1 & 4
Dari kedua gambar tersebut coba jelaskan proses eksogen yang terjadi!
· Kelompok 2 & 3
Jelaskan potensi wilayah dan potensi bencana pada masing-masing gambar
2. Afektif
Ditentukan dengan kriteria :
· Minat
· Sikap
3. Psikomotor
Ditentukan oleh :
· Keterampilan dasar membaca peta
· Keterampilan dasar pemetaan
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | ≥ 90 |
Baik | 3 | 76 – 89 |
Cukup | 2 | 60 – 75 |
Kurang | 1 | < 60 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah _____________________ | Guru Geografi Nurul Lathifah |
Komentar
Posting Komentar