RPP GEOGRAFI KELAS IX
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Jambi
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IX/ I
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi perkembangan Negara di dunia
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi ciri Negara berkembang dan Negara maju
Indikator :
1. Kognitif
a. Produk
· Mengetahui pengertian negara maju dan negara berkembang
· Mengetahui ciri negara maju dan negara berkembang
· Mengetahui indikator negara maju dan negara berkembang menggunakan MDGs
b. Proses
· Mengidentifikasi suatu negara menggunakan mdgs
· Mengelompokkan negara-negara kedalam negara berkembang dan maju menggunakan indikator mdgs
· Menganalisis faktor penyebab terbentuknya kondisi negara maju dan berkembang
· Membuat peta negara maju dan berkembang berdasarkan indikator mdgs
2. Psikomotor
· Menyebutkan negara-negara yang tergolong dalam negara maju dan negara berkembang
· Mendeskripsikan negara-negara yang tergolong negara maju dan negara berkembang
· Membuat peta negara maju dan negara berkembang berdasarkan indikator MDGs
3. Afektif
a. Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
· Kondisi negara-negara didunia
· Persebaran negara maju dan negara berkembang berdasarkan indikator mdgs.
b. Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
· Kondisi negara-negara didunia
· Persebaran negara maju dan negara berkembang berdasar indikator mdgs
I. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a. Produk
Siswa dapat :
· Mengetahui pengertian negara maju dan negara berkembang
· Mengetahui ciri negara maju dan negara berkembang
· Mengetahui indikator negara maju dan negara berkembang menggunakan MDGs
b. Proses
· Siswa mampu mengidentifikasi suatu negara menggunakan mdgs
· Siswa mampu mengelompokkan negara-negara kedalam negara berkembang dan maju menggunakan indikator mdgs
· Siswa mampu menganalisis faktor penyebab terbentuknya kondisi negara maju dan berkembang
· Siswa mampu membuat peta negara maju dan berkembang berdasarkan indikator mdgs
2. Afektif
a. Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya mengetahui kondisi negara maju dan berkembang untuk dapat dibandingkan dengan negara sendiri.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mendeskripsikan kondisi negaranya berdasarkan indikator MDGs
II. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Negara Berkembang
2. Indikator Negara Berkembang menggunakan MDGs
3. Contoh Negara Berkembang di dunia
III. Metode Pembelajaran
Model pembelajaran kontekstual inkuiri dengan variasi ceramah dan evaluasi lisan
IV. Kegiatan pembelajaran
Pertemuan ke - 1
Tahapan | Kegiatan | Alokasi | Keterangan | Metode |
Kegiatan awal | · Apersepsi Guru memberi salam, berdoa dan melakukan presensi · Motivasi Guru memberikan gambaran Negara Berkembang | 7 menit | · Tahap ini guru memulai pelajaran, dengan memberi salam, berdoa dan melakukan presensi · Tahap apersepsi ini guru menyampaikan gambaran negara berkembang menggunakan media gambar kondis negara berkembang | Ceramah dan Tanya Jawab |
Kegiatan inti | · Guru menampilkan kerangka konsep pada pembelajaran Negara berkembang · Guru Meminta siswa untuk menarik hipotesis kondisi negara berkembang · Guru memberikan materi tentang pengertian negara berkembang dan memberikan indikator Negara berkembang brdasarkan MDGs · Guru menyampaikan kondisi salah satu negara berkembang · Guru mengajak siswa mencocokkan hipotesis dengan kondisi negara berkembang berdasarkan indkator MDGs | 15 menit 15 menit | · Tahap ini guru menunjukkan materi atau pokok bahasan yang akan dipelajari pada pertemuan ini. · Tahap ini guru meminta siswa untuk menarik hipotesis kondisi negara berkembang berdasarkan indikator dalam MDGs menggunakan contoh Negara Indonesia · Guru menerangkan pada siswa tentang pengertian negara berkembang, memberikan indikator Negara berkembang berdasarkan indikator dalam MDGs · Tahap ini guru mengambil contoh negara Indonesia serta memaparkan kondisi negara tersebut berdasarkan indikator MDGs · Tahap ini guru meminta siswa untuk menghubungkan hipotesis siswa sebelumnya mengenai negara berkembang dengan kondisi negara berkembang yang dipaparkan guru, berdasarkan indikator MDGs menggunakan contoh Negara Indonesia | Kontekstual Inkuiri |
Kegiatan penutup | · Guru menyimpulkan semua materi yang disampaikan · Guru memberikan tugas individu | 8 menit | · Penyimpulan berdasarkan hasil analisis dan kegiatan belajar · Evaluasi berupa penugasan untuk browsing http://www.un.org/millenniumgoals/, kemudian setiap siswa diberikan Negara yang berbeda dan membuat kesimpulan per indikator MDGs. | Ceramah dan Evaluasi |
V. Sumber dan Media Belajar
A. Sumber
2. http://id.m.wikipedia.org/wiki/Negara_Berkembang
5. Tim Penyusunan Laporan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) Indonesia Tahun 2007.2007. Laporan Perkembangan Pencapaian MDGs Indonesia 2007. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional
6. Gambar buruh
(Tim Penyusunan Laporan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) Indonesia Tahun 2007.2007. Laporan Perkembangan Pencapaian MDGs Indonesia 2007. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional)
7. Gambar anak sekolah
( Tim Penyusunan Laporan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) Indonesia Tahun 2007.2007. Laporan Perkembangan Pencapaian MDGs Indonesia 2007. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional )
8. Gambar polisi wanita
( Tim Penyusunan Laporan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) Indonesia Tahun 2007.2007. Laporan Perkembangan Pencapaian MDGs Indonesia 2007. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional)
9. Gambar anak-anak
( Tim Penyusunan Laporan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) Indonesia Tahun 2007.2007. Laporan Perkembangan Pencapaian MDGs Indonesia 2007. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional )
10. Gambar ibu
( Tim Penyusunan Laporan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) Indonesia Tahun 2007.2007. Laporan Perkembangan Pencapaian MDGs Indonesia 2007. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional )
11. Gambar pemeriksaan kesehatan
( Tim Penyusunan Laporan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) Indonesia Tahun 2007.2007. Laporan Perkembangan Pencapaian MDGs Indonesia 2007. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional )
12. Gambar tanaman
( Tim Penyusunan Laporan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) Indonesia Tahun 2007.2007. Laporan Perkembangan Pencapaian MDGs Indonesia 2007. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional )
Gambar panjat pinang
( Tim Penyusunan Laporan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) Indonesia Tahun 2007.2007. Laporan Perkembangan Pencapaian MDGs Indonesia 2007. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional )
B. Media
1. Slide show negara-negara berkembang
2. Powerpoint negara berkembang
3. Web Online Millennium Development Goals(MDGs)
(http ://www.un.org/millenniumgoals/)
VI. Alat pembelajaran
A. White board
B. Laptop
C. LCD Proyektor
VII. Penilaian
· Teknik Penilaian : Tanya jawab dan Tugas
· Bentuk instrumen : Uraian secara Lisan
Soal :
Menyimpulkan kondisi Negara berdasarkan indikator MDGs
1. Indonesia
2. Jepang
3. India
4. Mesir
5. Malaysia
6. Australia
7. Korea Selatan
8. Perancis
9. Sepanyol
Penugasan
1. Apa yang anda ketahui mengenai Negara tersebut ?
2. Negara tersebut termasuk ke dalam kategori Negara maju atau berkembang ?
3. Jelaskan alasan anda!
Komentar
Posting Komentar