RPP GEOGRAFI KELAS X (Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu: Drs Partoso Hadi,M.Si.

 







Oleh :
Mega Nusantara Putri
K5408076

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA BATIK 1 SURAKARTA
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/2 (dua)
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi               :1. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar                    : 1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan.
  1. Indicator
1.      Kognitif :
a.       Produk :
1.      Mengetahui  Gejala Tektonisme Sebagai Asal Mula Terbentuknya Lingkungan Hidup
2.      Mengetahui Gejala Vulkanisme Sebagai Asal Mula Terbentuknya Lingkungan Hidup
3.      Mengetahui Gejala Strukturalisme Sebagai Asal Mula Terbentuknya Lingkungan Hidup
4.      Mengetahui Bentuklahan Lingkungan Hidup
5.      Mengetahui  Pemanfaatan Lingkungan Hidup Berdasarkan Pembangunan Berkelanjutan
b.      Proses :
1.    Menjelaskan Gejala Tektonisme
2.    Menjelaskan Gejala Vulkanisme
3.    Menjelaskan Gejala Strukturalisme
4.    Menjelaskan Bentuklahan
5.    Menganalisis Pemanfaatan Lingkungan Hidup Berdasarkan Pembangunan Berkelanjutan
2.      Psikomotor
1.    Menganalisis masalah lingkungan hidup di sekitar lingkungan siswa
2.    Menganalisis pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan di lingkungan sekitar tempat tinggal siswa
  1. Afektif
a.       Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1.      Mengetahui  Gejala Tektonisme Sebagai Asal Mula Terbentuknya Lingkungan Hidup
2.      Mengetahui Gejala Vulkanisme Sebagai Asal Mula Terbentuknya Lingkungan Hidup
3.      Mengetahui Gejala Strukturalisme Sebagai Asal Mula Terbentuknya Lingkungan Hidup
4.      Mengetahui Bentuklahan Lingkungan Hidup
5.      Mengetahui  Pemanfaatan Lingkungan Hidup Berdasarkan Pembangunan Berkelanjutan
b.      Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1.         Gejala Tektonisme Sebagai Asal Mula Terbentuknya Lingkungan Hidup
2.         Gejala Vulkanisme Sebagai Asal Mula Terbentuknya Lingkungan Hidup
3.         Gejala Strukturalisme Sebagai Asal Mula Terbentuknya Lingkungan Hidup
4.         Bentuklahan Lingkungan Hidup
5.         Pemanfaatan Lingkungan Hidup Berdasarkan Pembangunan Berkelanjutan

B.     Tujuan Pembelajaran
  1. Kognitif
a.       Produk
Siswa dapat :
1.      Mengetahui  Gejala Tektonisme Sebagai Asal Mula Terbentuknya Lingkungan Hidup
2.      Mengetahui Gejala Vulkanisme Sebagai Asal Mula Terbentuknya Lingkungan Hidup
3.      Mengetahui Gejala Strukturalisme Sebagai Asal Mula Terbentuknya Lingkungan Hidup
4.      Mengetahui Bentuklahan Lingkungan Hidup
5.      Mengetahui  Pemanfaatan Lingkungan Hidup Berdasarkan Pembangunan Berkelanjutan
b.      Proses
1.    Siswa mengetahui pengertian lingkungan hidup
1.      Siswa Mengetahui Gejala Tektonisme
2.      Siswa Mengetahui Gejala Vulkanisme
3.    Siswa Mengetahui Gejala Strukturalisme
4.    Siswa Mengetahui Bentuklahan
5.    Siswa mampu menganalisis cara Pemanfaatan Dan Pelestarian Lingkungan Hidup Berdasarkan Pembangunan Berkelanjutan
  1. Afektif
a.       Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya Mengetahui
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya mengetahui gejala tektonisme dan gejala vulkanisme yang berperan terhadap keberadaan lingkungn hidup. Serta mengetahui pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan.
b.      Keterampilan Sosial
            Setelah proses pembelajaran siswa mampu menganalisis pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan.
C.     Materi Pembelajaran
1.         Gejala Tektonisme
2.         Gejala Vulkanisme
3.         Gejala Strukturalisme
4.         Bentuklahan
5.         Manfaatan Lingkungan Hidup Berdasarkan Pembangunan Berkelanjutan
D.    Model dan Metode Pembelajaran
Model        : Contextual Teaching Learning (CTL) pemodelan.
Metode      : Ceramah, Diskusi, dan Tanya jawab
E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan :
a.        Apersepsi
  1. Salam.
  2. Mengabsen
b.Guru menampilkan video yang berkaitan dengan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan.


·   Siswa menjawab salam
·   Menjawab siapa saja yang tidak masuk
·   Siswa mengamati video yang ditampilkan.

7 menit


2.
Kegiatan Inti
a.         Guru Menjelaskan Gejala Tektonisme terhadap lingkungan hidup.
b.        Guru Menjelaskan Gejala Vulkanisme yang berpengaruh terhadap lingkungan hidup.
c.         Guru Menjelaskan Gejala Strukturalisme yang berpengaruh terhadap lingkungan hidup.
d.        Guru Menjelaskan Bentuklahan
e.         Guru menjelaskan Pemanfaatan Lingkungan Hidup Berdasarkan Pembangunan Berkelanjutan
f.         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan memberikan tugas kepada siswa.

g.        Guru meminta beberapa perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan (guru memandu diskusi dan menyimpulkan jawaban yang benar pada akhir diskusi).

h.        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.

·   Siswa mengamati media dan mendengarkan guru mnerangkan materi, dan menjawab pertanyaan jika guru memberikan pertanyaan.




·   Siswa mendiskusikan pendeskripsian pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan.
·   Beberapa perwakilan dari setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.


·   Siswa bertanya kepada guru tentang meteri yang belum dimengerti

63 Menit

3.
Penutup :
1.      Guru memberikan kesimpulan materi
2.      Guru memberikan tugas atau PR.
3.      Mengucapkan salam penutup.
·  Siswa memperhatikan guru
·   Siswa menyimak tugas yang diberikan
·   Siswa menjawab salam
10menit

F.     Sumber / Media / Alat Belajar
a.      Sumber Belajar
·         Drs. Anwar Kurnia. 2009. Geografi SMA. Jakarta : Yudistira
·         Siahaan, NHT, 1987, Ekologi Pembangunan dan Hukum Tata Lingkungan. Jakarta: Lingkungan.
·         Charles C Plummer, Diane H Carlson, Lisa Hammersly.2010. Physical geology    thirteen edition.Newyork : Mcgraw hill
·         Prof. Dr. Ir. Moch Munir, M.S. 2003. Geologi Lingkungan. Malang : Banyumedia
·         Soemarwoto. Otto (1982). Ekologi Lingkungan
·         http://inigeonews.blogspot.com/2008/10/ Pelestarian Hutan Memberi Manfaat Bagi Ekonomi Rakyat Dan Lingkungan « Jurnal Lingkungan Hidup.Htm
·         gikita.blogspot.com/2008/12/batas-lempeng-konvergen.html



G.    Media Pembelajaran
·         Power Point
·         Gambar setudi kasus pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
·         Vidio pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
H.    Alat Pembelajaran
·         Laptop
·         Slide Presentasi
·         Papan Tulis
·         Spidol
·         LCD
Penilaian
I.       Kognitif
Kelompok 1 dan 4
v  Menganalisis pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan di lingkungan sekitar tempat tinggal siswa
v  Menganalisis usaha pelestarian lingkungan hidup
1.      Afektif
Ditentukan dengan kriteria :
-                      Minat
-                      Sikap
  1. Psikomotor
Ditentukan oleh :
-                      Keterampilan Menganalisis pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
≥ 90
Baik
3
76 - 89
Cukup
2
60 - 75
Kurang
1
< 60



Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..


Kepala Sekolah



_____________________
Guru Geografi



Mega Nusantara Putri

Komentar

Postingan Populer