RPP GEOGRAFI KELAS VII
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah : Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu : Drs. Partoso Hadi, M.Si
Disusun oleh :
Desta Tri Sugiyarto
K5408024
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP N 1 Surakarta
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.1. Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit (satu pertemuan)
A. Indikator
1. Kognitif :
a. Produk :
1) Mengetahui karakteristik peta, atlas, dan globe
2) Mengetahui jenis dan atribut peta
3) Mengetahui informasi geografis dari peta, atlas, dan globe.
b. Proses :
1) Mengidentifikasi karakteristik peta, atlas dan globe.
2) Mengidentifikasi jenis dan atribut peta.
3) Mengidentifikasi informasi geografi dari peta, atlas dan globe.
2. Psikomotor
a. Membedakan peta, atlas dan globe.
b. Menyebutkan jenis dan atribut peta.
c. Mendeskripsikan jenis peta dan pemanfaatannya.
- Afektif
a. Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1) Karakteristik peta, atlas dan globe
2) Jenis dan atribut peta.
3) Informasi geografi dari peta, atlas dan globe.
b. Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1) Karakteristik peta, atlas dan globe
2) Jenis dan atribut peta.
3) Informasi geografi dari peta, atlas dan globe..
B. Tujuan Pembelajaran
- Kognitif
a. Produk
Siswa dapat :
1) Mengetahui karakteristik peta, atlas, dan globe.
2) Mengetahui jenis dan atribut peta.
3) Mengetahui informasi geografi dari peta, atlas dan globe.
b. Proses
1) Siswa mampu untuk mengidentifikasi karakteristik peta, atlas dan globe.
2) Siswa mampu untuk mengidentifikasi jenis dan atribut peta.
3) Siswa mampu mengidentifikasi informasi geografi dari peta, atlas dan globe.
- Afektif
a. Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan tentang pentingnya mengetahui karakteristik peta, atlas dan globe, Jenis dan atribut peta serta mengetahui informasi geografi dari peta, atlas dan globe.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mendeskripsikan Informasi geografi dari peta, atlas dan globe serta pemanfaatannya bagi lingkungan tempat tinggal siswa.
C. Materi Pembelajaran
- Peta, atlas dan globe
- Jenis-jenis dan atribut peta.
- Informasi geografi dari peta atlas dan globe.
D. Model dan Metode Pembelajaran
Model : Kooperatif STAD
Metode : Ceramah, diskusi, penugasan.
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan
Guru membuka kegiatan dengan salam dan kalimat sapaan. Berdoa dan mengabsen siswa Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
- Guru meminta peserta didik untuk menuliskan rute perjalanan dari rumah ke sekolah - Peserta didik diminta untuk saling bertukar tulisan tentang rute perjalanan tersebut dengan temannya, kemudian ditanya “Mudah atau sukarkah kamu menemukan rumah temanmu dengan uraian rute perjalanan tersebut?” - Alat bantu apakah yang dapat memudahkan untuk menemukan rumah temanmu tersebut? - Guru menampilkan 3 pilihan gambar peta, atlas dan globe, mana yang mudah di gunakan | 5 menit 5 menit | Ceramah, tanya jawab |
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi · Guru megaskan mengenai karakteristik peta, atlas, dan globe. · Guru menjelaskan jenis-jenis dan atribut peta · Guru menampilkan contoh jenis peta (Peta RBI lembar Surakarta, Peta tematik kepadatan penduduk kecamatan Banjarsari) Elaborasi · Guru menjelaskan informasi geografi yang diperoleh dari peta, atlas dan globe · Siswa dibagi menjadi 8 kelompok, Diberikan tugas untuk mendeskripsikan peta yang telah diberikan · Menunjuk beberapa kelompok untuk mempersentasikan hasil diskusinya Konfirmasi · Guru memberikan umpan balik terhadap hasil interpretasi peta rupabumi. | 10 menit 10 menit 5 menit | Ceramah, Tanya jawab, Diskusi kelompok |
3. | Penutup : 1. Guru melakukan refleksi dan menyimpulkan materi yang telah dibahas. 2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang kurang dipahami. 3. Penugasan secara individu siswa mencari contoh masing-masing jenis peta yang mencakup wilayah tempat tinggal siswa dan dikumpulkan pertemuan berikutnya. | 5 menit | Ceramah, tanya jawab, penugasan |
F. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
Ø Sumber
· Sinaga, Maruli. 1995. Pengetahuan Peta, Yogyakarta: Direktorat Menengah Umum bekerjasama dengan Fakultas Geografi UGM
· Tim Abdi Guru. 2006. Buku IPS Terpadu SMP Kelas VII : Erlangga
· Anwar Kurnia. 2006. Buku IPS SMP Kelas VII : Yudhistira.
· Aryono Prihandito (1989), Kartografi, Yogyakarta: Mitra Gama Widya
· Subagio.2003. Pengetahuan Peta, Bandung: ITB Press
· Peta RBI Lembar Surakarta 1408-343 (BAKOSURTANAL)
· Peta Kepadatan Penduduk Skripsi Novika Pradanesti (K5406033), POTENSI KAWASAN RESAPAN KOTA SURAKARTA TAHUN 2010
· Peta Kepadatan Penduduk Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta Tahun 2007( Nelson Sugiarto K5408024)
· Citra IKONOS tahun pencitraan 2006 diunduh tanggal 5 Maret 2011
· Internet:
- http://partosohadi.staff.fkip.uns.ac.id/esensial-peta/ diakses tanggal 5 Maret 2011
- http://rahmatkusnadi6.blogspot.com/2010/05/peta-atlas-dan-globe.html diakses tanggal 5 Maret 2011
- http://fis.um.ac.id/rudi-geografi/2010/11/18/kartografi-dasar/diakses tanggal 23 Maret 2011
Ø Alat
· Atlas Indonesia dan Dunia
· Papan tulis
· Spidol
· Laptop
· LCD (Projector)
Ø Media
· Slide powerpoint
· Citra Ikonos
· Globe
· Peta Umum (RBI lembar Surakarta)
· Peta Tematik (Peta prakiraan curah hujan di indonesia tahun 2010)
G. Penilaian
Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan 3 ranah
- Ranah kognitif berupa:
· Jenis tagihan : Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
· Bentuk tagihan : Uraian
· Instrumen penilaian : Terlampir
Pedoman penilaian diskusi
No | Nama Siswa | Aktivitas Peserta | |||||||||||
Kemampuan bertanya | Kemampuan berpendapat | Aktivitas diskusi | Kerjasama dalam kelompok | ||||||||||
B | C | K | B | C | K | B | C | K | B | C | K | ||
| | | | | | | | | | | | | |
Keterangan :
· B : Baik (80-100)
· C : Cukup (60-80)
· K : Kurang (< 60)
2. Ranah Afektif, dengan mempertimbangkan:
a) Kesiapan siswa sebelum mengikuti kegiatan belajar mengajar
b) Minat siswa dalam mengikuti pembelajaran
c) Keaktifan siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung maupun kehadirannya
3. Ranah Psikomotorik
Penilaian dilakukan dengan ukuran kemampuan siswa dalam Memahami informasi keruangan dari penggunaan peta, atlas dan globe
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK
Komentar
Posting Komentar