RPP GEOGRAFI KELAS VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
( Tenaga Eksogen)
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro
Diampu oleh Drs. Partoso Hadi, M.si.
 





Disusun Oleh:





DANANG TRI WIBOWO
K5408023


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
            Sekolah                       : SMPN 1 BOYOLALI
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas   / Semester       : VII / 1
Tahun Pelajaran       : 2010 / 2011
Alokasi Waktu           : 2 X 45 menit (1 X pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia.

B.     Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.

C.    Indikator
1.      Mendeskripsikan jenis-jenis tenaga eksogen.
2.      Mendeskripsikan jenis-jenis dan proses pelapukan.
3.      Mendeskripsikan proses erosi dan macam-macam jenis erosi.
4.      Mendeskripsikan pengertian sedimentasi dan menganalisis dampaknya terhadap perubahan muka bumi.
5.      Mendeskripsikan proses gerak massa batuan dan emberikan contoh gerak massa batuan.

D.    Tujuan Pembelajaran    
  1. Kognitif
a.       Produk
Siswa dapat :
1)      Mengetahui bentuk-bentuk tenaga eksogen.
2)      Mengetahui kenampakan-kenampakan alam di sekitar tempat tinggal sebagai akibat adanya tenaga eksogen.
3)      Mengetahui jenis-jenis erosi.
4)      Mengetahui jenis-jenis pelapukan.
5)      Mengetahui jenis-jenis gerak massa batuan.
6)      Mengetahui contoh-contoh bentuk mukabumi akibat tenaga eksogen.
b.      Proses
1)      Siswa mampu membedakan macam-macam bentuk tenaga eksogen.
2)      Siswa mampu untuk membedakan jenis-jenis erosi.
3)      Siswa mampu membedakan jenis-jenis gerak massa batuan.
4)      Siswa mampu membedakan jenis-jenis pelapukan.
5)      Siswa mampu menganalisis hubungan antara adanya tenaga eksogen dengan keberagaman bentuk mukabumi.
2.      Psikomotor
a.       Melakukan pengamatan terhadap kenampakan bentuk mukabumi di sekitar tempat tinggalnya.
b.      Menyebutkan kenampakan fisik yang ada disekitar wilayah sekolah maupun tempat tinggal.
c.       Mendeskripsikan bentuk-bentuk tenaga eksogen yang terdapat disekitar wilayah sekolah maupun tempat tinggal.
  1. Afektif
a.       Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya mempelajari dan mengetahui bentuk mukabumi pada daerah tempat tinggalnya dan mengetahui kenampakan mukabumi yang terdapat pada wilayahnya, serta siswa mampu mengkaitkan keadaan bentuk mukabumi yang berbeda-beda dengan tenaga eksogen yang terdapat pada wilayah tersebut.
b.      Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk tenaga eksogen pada daerah tempat tinggalnya dan mengaitkan dengan keragaman bentuk mukabumi di sekitar tempat tinggalnya.

E.     Materi Pembelajaran
Tenaga Eksogen
1.      Pelapukan
a.       Pelapukan Mekanik
b.      Pelapukan kimiawi
c.       Pelapukan biologi
2.      Erosi, Transportasi, dan Deposisi
2.1  Erosi oleh air
a.       Erosi Percik
b.      Erosi Lembar
c.       Erosi Alur
d.      Erosi Parit
2.2  Erosi oleh gelombang
2.3  Erosi oleh angin
2.4  Erosi oleh gletser
2.5  Deposisi atau Pengendapan
3.      Gerak Massa Batuan
a.       Gerakan Lambat (slow flowage)
·         Rayapan
-          Soil creep
-          Talus creep
-          Rock creep
·         Solifluksi
b.      Gerakan cepat (rapid flowage)
·         Earth flow
·         Mud flow
c.       Landslide / tanah longsor
·         Slumping
·         Debris slide
·         Debris avalance
·         Rockslide
·         rockfall
d.      Amblasan ( subsidence )
4.      Ekstraterestrial

F.     Model dan Metode  Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran         : Quantum
2.      Metode Pembelajaran       : Ceramah bervariasi, Diskusi, Tanya jawab, Penugasan.

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran     
KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
d.      Pendahuluan
Kegiatan pendahuluan selama 20 menit, dengan rincian kegiatan sebagai berikut:
-          Berdoa dilanjutkan dengan mengecek kehadiran siswa.
-          Setelah berdoa dan mengecek kehadiran siswa, kemudian pelajaran dimulai dengan penayangan video animasi banjir bandang, dan gambar-gambar mengenai tenaga eksogen sebagai apersepsi.
-          Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran.



5 menit

10 menit


5 menit
Total 20 menit
b.      Kegiatan inti
Kegiatan inti dilakukan selama 60 menit untuk melakukan diskusi kelompok dengan rincian kegiatan sebagai berikut:
-          Guru menampilkan kerangka konsep materi yang akan dipelajari
-          Guru menjelaskan materi mengenai bentuk-bentuk tenaga eksogen dan jenisnya sebagai pengantar diskusi siswa.
-          setelah selesai menjelaskan, kemudian guru membagi siswa dalam 8 kelompok diskusi. Setiap kelompok diberi tugas untuk berdiskusi dengan tema yang sudah ditentukan (terlampir).
-          Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
-          Tanya jawab tentang hasil diskusi.




20 menit

20 menit



10 menit

10 menit
Total 60 menit
c.       Penutup
-          Kegiatan penutup berupa refleksi materi yaitu guru memberikan tanggapan dan kesimpulan mengenai hasil diskusi yang telah dipresentasikan, kemudian dilanjutkan dengan perayaan terhadap hasil diskusi siswa dengan bertepuk tangan bersama-sama.
-          Guru menyampaikan rancangan materi untuk pertemuan berikutnya yaitu dampak tenaga eksogen bagi manusia.


5 menit




5 menit

Total 10 menit
Total waktu pembelajaran: 90 menit

H.    Sumber dan Media Pembelajaran
a.       Sumber :
1)      Hadi, Partoso. 2010. Modul PLPG IPS 2010 (Revisi 7 Juli). Surakarta. Prodi Geografi FKIP UNS.
2)      Ritter, Dale F.1979.Process Geomorphology.United States of America:Brown Company Publisher.
3)      Waluyo dkk.2008.Ilmu Pengetahuan Sosial.Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.Budi Utomo.
4)      Ichwan dan Sulistyana Dwi Nugraheny.2008.Bentuk Muka Bumi.Surakarta:cv Suara Media Indonesia.
7)      http://www.geologi.earthfactory.wordpress.com/Fisiografi-Regional-Jawa-Bagian-Barat(Van Bemmelen) « Dunia-Penelitian.mht

b.      Media :
a)      Video animasi banjir bandang.
b)      Gambar-gambar:
·         Gambar Hasil Proses Pelapukan Mekanis.
·         Gambar Hasil Proses Pelapukan Kimiawi.
·         Gambar Hasil Proses Pelapukan Biologi.
·         Gambar Hasil Proses Erosi Alur.
·         Gambar Hasil Proses Erosi Lembar.
·         Gambar Hasil Proses Erosi Parit.
·         Gambar Hasil erosi oleh angin.
·         Gambar  Hasil erosi oleh air laut.
·         Gambar Hasil Proses Sedimentasi.
·         Gambar hasil Rockslide.
·         Gambar Ilustrasi macam-macam Gerak Massa Batuan.
·         Gambar Segitiga Carson & Kirby memperlihatkan tipe-tipe gerak massa batuan berdasarkan kecepatan, material, dan kandungan air.
·         Gambar  Kawah Barringer (akibat tenaga ekstraterestrial).
·         Peta Tingkat Erosi Kecamatan Cepogo.
·         Peta Kerawanan Longsorlahan Kecamatan Cepogo.
·         Peta Kemiringan Lereng Kecamatan Cepogo.
·         Gambar Proses pelapukan fisik/mekanis.

c.       Alat :
a)      Laptop
b)      LCD Proyektor
c)      Gambar dari google earth yang telah dibuat tiga dimensi
d)     Whiteboard
e)      Spidol
f)       Printer


I.       Penilaian
  1. Kognitif
Penilaian dengan kisi-kisi soal sebagai berikut :
Kelompok 1 dan 3.
Perhatikan Peta Tingkat Erosi Kecamatan Cepogo! Berdasarkan peta tersebut, buatlah analisis mengapa daerah yang digambarkan pada peta memiliki tingkat erosi yang berbeda-beda!
Kelompok 2 dan 4.
Perhatikan Peta Kerawanan Longsorlahan Kecamatan Cepogo! Berdasarkan peta tersebut, buatlah analisis mengapa daerah yang digambarkan pada peta memiliki tingkat kerawanan longsor yang berbeda-beda!
Kelompok 5 dan 7.
Perhatikan Peta Kemiringan Lereng Kecamatan Cepogo! Berdasarkan peta tersebut, buatlah pengelompokan dan analisis daerah yang berpotensi mengalami sedimentasi!
Kelompok 6 dan 8.
Amati gambar  Proses pelapukan fisik/mekanis yang disediakan! Berdasarkan gambar tersebut, buatlah analisa mengenai proses pelapukan tersebut, mengapa pelapukan tersebut bisa terjadi!
Kriteria Penilaian kognitif:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
≥ 90
Baik
3
76 - 89
Cukup
2
60 - 75
Kurang
1
< 60

  1. Afektif
Ditentukan dengan kriteria :
-                      Minat belajar
-                      Sikap dalam belajar


  1. Psikomotor
Ditentukan oleh keaktifan siswa dalam diskusi. Penilaian psikomotorik dengan acuan table di bawah ini :
Table penilaian psikomotorik (keaktifan siswa dalam diskusi)
No
Nama
Siswa
Keaktifan Siswa
Kemampuan Bertanya
Kemampuan Berpendapat
Kemampuan Berdiskusi dan Kerjasama
B
C
K
B
C
K
B
C
K












B = Baik (80 – 100)
C = Cukup (60-80)
K = Kurang (< 60)

Mengetahui,
Kepala SMP N 1 BOYOLALI.                                                         Guru Mata Pelajaran IPS      Guru Mata Pelajaran,



Drs. H. Mas Guru, M.Pd.                                                                      Danang Tri Wibowo
   NIP : 1959070599001                                                                               K5408023



Komentar

Postingan Populer