RPP GEOGRAFI KELAS XII (Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PEMANFAATAN PENGINDERAAN JAUH
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu: Drs Partoso Hadi,M.Si.
Oleh :
M. Fauzin Aniskurlillah
K5408079
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA N 1 SURAKARTA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Geografi
Kelas : XII (dua belas)
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh
Kompetensi Dasar : 2.1 Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Indikator
1. Kognitif :
a. Produk :
1) Mengetahui pengertian penginderaan jauh.
2) Mengetahui manfaat penginderaan jauh
3) Mengetahui bentang alam dan bentang budaya menggunakan penginderaan jauh
b. Proses :
1) Menginterpretasi penginderaan jauh dari Peta Rupa bumi Indonesia, foto udara dan citra satelit.
2) Menginterpretasi manfaat penginderaan jauh pada Peta Rupabumi Indonesia foto udara dan citra satelit.
3) Mengidentifikasi bentang alam dan bentang budaya menggunakan penginderaan jauh.
2. Psikomotor
a. Melatih siswa untuk mengenali suatu obyek pada peta, foto udara dan citra satelit menggunakan penginderaan jauh.
b. Menyebutkan kenampakan bentang alam dan bentang budaya menggunakan penginderaan jauh.
c. Mendeskripsikan pola permukiman, pola aliran sungai dan pola jalan menggunakan penginderaan jauh pada Peta Rupabumi Indonesia, foto udara dan citra satelit .
- Afektif
a. Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1) Pemanfaatan penginderaan jauh
2) Kenampakan bentang alam dan bentang budaya menggunakan penginderaan jauh.
3) Perbedaan kenampakan yang ada pada Peta Rupabumi Indonesia, foto udara dan citra satelit.
b. Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1) Pemanfaatan penginderaan jauh
2) Kenampakan bentang alam dan bentang budaya menggunakan penginderaan jauh.
3) Perbedaan kenampakan yang ada pada Peta Rupabumi Indonesia, foto udara dan citra satelit.
B. Tujuan Pembelajaran
- Kognitif
a. Produk
Siswa dapat :
1) Mengetahui manfaat penginderaan jauh dengan menggunakan Peta Rupabumi Indonesia, foto udara dan citra satelit .
2) Mengetahui kenampakan bentang alam dan bentang budaya menggunakan penginderaan jauh.
3) Mengetahui profil mukabumi dari Peta Rupabumi Indonesia, foto udara dan citra satelit.
b. Proses
1) Siswa mampu untuk menginterpretasi penginderaan jauh dari Peta Rupa bumi Indonesia, foto udara dan citra satelit.
2) Siswa mampu untuk menginterpretasi kenampakan bentang alam dan bentang budaya menggunakan penginderaan jauh.
3) Siswa mampu menganalisis kenampakan bentang alam dan bentang budaya secara spasial menggunakan penginderaan jauh.
- Afektif
a. Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya mengetahui manfaat penginderaan jauh untuk menganalisis dan mendiskripsikan daerah tempat tinggalnya serta mengetahui kenampakan bentang alam dan bentang budaya yang terdapat pada wilayahnya.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk menggunakan penginderaan jauh untuk menganalisis potensi dan perkembangan pada suatu wilayah tertentu.
C. Materi Pembelajaran
- Pengertian penginderaan jauh
- Pemanfaatan penginderaan jauh
- Identifikasi bentang alam dan bentang budaya
D. Model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) / Kontekstual Penilaian.
E. Metode pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab, Penugasan
F. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu |
1. | Pendahuluan (Apersepsi) · Memberi salam · Berdoa · Melakukan presensi | 2 menit |
| · Guru menampilkan peta/citra satelit yang berkaitan dengan penginderaan jauh . | 3 menit |
2. | Kegiatan Inti 1. Eksplorasi Guru menjelaskan kenampakan penginderaan jauh yang terdapat pada citra Ikonos dengan kenampakan yang terdapat pada Peta Rupabumi Indonesia. Siswa menemukan perbedaan antara citra Ikonos dan Peta Rupabumi Indonesia. Siswa mendiskripsikan hasil penemuan kepada guru dan siswa yang lain. 2. Elaborasi Guru menjelaskan tentang pengertian pengunderaan jauh system penginderaan jauh dan interpretasi penginderaan jauh. Guru menjelaskan hasil penginderaan jauh. Guru menjelaskan manfaat penginderaan jauh. Siswa mencari dan membedakan kenampakan bentang alam dan bentang budaya pada citra ikonos. Siswa mampu menganalisis citra tersebut yang berkaitan dengan manfaat penginderaan jauh. 3. Konfirmasi Guru memberikan penjelasan terhadap hasil analisis siswa mengenai manfaat penginderaan jauh. | 10 menit 15 menit 5 menit |
3. | Penutup 1.Guru menanyakan kepada siswa apakah ada meteri yang belum jelas 2. Guru melakukan refleksi materi yang telah dibahas berupa menarik kesimpulan dari hasil presentasi siswa dan menyimpulkan secara keseluruhan materi tersebut. 3. Menberikan tugas paper tentang jenis citra, manfaat citra dan mengidentifikasi bentang alam dan bentang budaya yang berada lingkungan disekitar tempat tinggal. | 10 menit |
| Total | 45 menit |
G. Sumber / Bahan :
Sutanto. 1986. Penginderaan Jauh Jilid 1. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Lillesand, Kiefer, Penginderaan jauh dan Interpretasi Citra, Gajah Mada University
Press, 1988.
Lindgren, D.T., Land use Planning and Remote Sensing, Doldrecht: Martinus Nijhoff
Publisher, 1985.
Sugiyanto. 2008. Model – Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : UNS Press
http.//Lionlaptop.com
http://Ryzapraditama.blogspot.com
H. Alat Belajar :
- Laptop
- LCD
I. Media Pembelajaran :
- Hyperlink / Power Point - Citra Landsat
- Foto Udara - Citra Quickbird
- Citra Ikonos - Citra NOAA
J. Penilaian.
- Kognitif
Penilaian dengan kisi-kisi soal sebagai berikut :
Semua Siswa :
· Mengidentifikasi dan Mendiskripsikan kenampakan objek yang terdapat pada potongan citra IKONOS sesuai dengan apa yang telah kalian pelajari dalam penginderaan jauh.
· Buatlah paper tentang jenis citra dan manfaat citra !
· Identifikasi dan diskripsikanlah bentang alam serta bentang budaya yang berada di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda dengan menggunakan jenis citra yang telah kalian ketahui.
- Afektif
Ditentukan dengan kriteria :
- Minat
- Sikap
- Bahasa
- Psikomotor
Ditentukan oleh :
· Keterampilan mengidentifikasi objek pada Peta Rupabumi Indonesia, foto udara dan citra satelit.
· Keterampilan mendiskripsikan bentang alam serta bentang budaya yang berada di
lingkungan sekitar tempat tinggal Anda dengan menggunakan Peta Rupabumi Indonesia, foto udara dan citra satelit.
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | ≥ 90 |
Baik | 3 | 76 - 89 |
Cukup | 2 | 60 - 75 |
Kurang | 1 | < 60 |
Surakarta, ………………………..
Kepala Sekolah SMA N 1 SURAKARTA Guru Mata Pelajaran IPS Geografi
…………………………….. M. FAUZIN ANISKURLILLAH
K5408079
Komentar
Posting Komentar