RPP GEOGRAFI KELAS VII
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah : Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu : Drs. Partoso Hadi, M.Si
Disusun oleh :
NURUL SULISTIYO PRIBADI
K5408042
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Kebumen
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VII/2
Pertemuan Ke : 1
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.3. Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit ( 1 kali pertemuan )
Indicator
1. Kognitif :
a. Produk :
1) Mengetahui wilayah – wilayah geografis Indonesia
2) Mengetahui kondisi penduduk Indonesia
3) Mengetahui kaitan kondisi geografis dengan keadaan penduduk.
b. Proses :
1) Mendeskripsikan wilayah - wilayah geografis Indonesia.
2) Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia.
3) Menganalisis kaitan kondisi geografis degan keadaan penduduk.
2. Psikomotor
a. Menyebutkan letak Indonesia, Luas Indonesia, dan bentuk muka bumi.
b. Mengetahui persebaran penduduk Indonesia.
c. Mendeskripsikan hubungan kondisi geografis suatu wilayah dengan aktivitas penduduk
.
3. Afektif
a. Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1) Wilayah - wilayah geografis Indonesia
2) Kondisi penduduk di Indonesia
3) Kaitan kondisi geografis dengan aktivitas penduduk.
b. Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1) Wilayah - wilayah geografis Indonesia
2) Kondisi penduduk di Indonesia
3) Kaitan kondisi geografis dengan aktivitas penduduk
Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a. Produk
Siswa dapat :
1) Mengetahui wilayah - wilayah geografis Indonesia.
2) Mengetahui kondisi penduduk.
3) Mengetahui kaitan antara kondisi geografis dengan kondisi penduduk.
b. Proses
1) Siswa mampu untuk mendeskripsikan wilayah geografis Indonesia.
2) Siswa mampu untuk mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia.
3) Siswa mampu menganalisis kaitan antara kondisi geografis dengan aktivitas penduduk.
2. Afektif
a. Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya mengetahui kondisi geografis Indonesia, khususnya daerah tempat tinggal dan mengetahui persebaran penduduk Indonesia. Serta mampu mengkaitkan keadaan mukabumi dengan aktivitas penduduk di wilayah tersebut.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mendeskripsikan kondisi geografis, kondisi penduduk, dan kaitan antara kondisi geografis dengan aktivitas penduduk di wilayah tersebut.
Materi Pembelajaran
1) Wilayah geografis Indonesia
2) Kondisi penduduk Indonesia
3) Kaitan kondisi geografis dengan keadaan penduduk Indonesia
Metode Pembelajaran
Model : Contextual Teaching Learning (CTL)
Metode : Ceramah,dan Tanya jawab.
Kegiatan Pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan 1. Apersepsi Guru memberi salam dan melakukan presensi Guru menyampaikan tujuan pembelajaran | 5 menit | Ceramah |
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi · Guru menunjuk siswa untuk menyebutkan letak astronomis dan geografis pada peta. · Guru menampilkan citra ikonos Indonesia dan siswa menunjukkan letak geologis Indonesia. Elaborasi · Guru menjelaskan kondisi geografis Indonesia. · Guru menjelaskan kondisi penduduk Indonesia. · Guru menampilkan bentuk mukabumi dan menjelaskan kaitan antara kondisi bentuk mukabumi dengan aktivitas penduduk Konfirmasi · Guru memberikan umpan balik mengenai kaitan antara kondisi geografis di suatu wilayah dengan aktivitas penduduk. Siswa menanggapi materi yang sudah disampaikan. | 5 menit 10 menit 5 menit | Ceramah, Tanya jawab |
3. | Penutup : 1. Penugasan secara individu siswa melakukan pengamatan di lingkungan sekitar tempat tinggal. Mengumpulkan informasi kondisi geografi, baik data sekunder maupun pengamatan, dibuat dalam bentuk karya tulis. | 5 menit | penugasan |
Sumber dan Media Belajar
A. Sumber :
5. http://surabaya.detik.com/images/content/2009/06/17/473/tambak02.jp, diakses 14 Mei 2011
8. http://akbarasia.wordpress.com/2009/08/30/hubungan-kondisi-fisik-wilayah-dengan-aktifitas-penduduk/, diakses 19 Mei 2011
9. http://www.adypadoe.com/KONDISI-FISIK-WILAYAH-GEOGRAFIS-DENGAN-AKTIVITAS-PENDUDUK.html#, diakses 15 Mei 2011
10. http://e-ducation-center.blogspot.com/2009/06/unsur-fisik-wilayah-indonesia-geografi.htmlma, diakses 19 Mei 2011
11. http://www.crayonpedia.org/mw/BAB_8._KONDISI_GEOGRAFI_DAN_PENDUDUK_INDONESIA, diakses 19 Mei 2011
12. Peta Rupabumi Lembar 1408-113 Kreweng
B. Media
1. Citra ikonos Indonesia dari Google Earth
2. Peta Astronomis Indonesia
3. Peta Laut Indonesia
4. Peta Geologi Indonesia
5. Gambar Daratan Rendah Kebumen (Citra Ikonos Google Earth)
6. Gambar Daratan Tinggi Dieng
7. Gambar Daratan Tinggi Dieng(Citra Ikonos Google Earth)
8. Gambar Gunung Slamet (Citra Ikonos Google Earth)
9. Gambar Pesisir Puring ( Citra Ikonos Google Earth)
10. Gambar Pertanian di Daratan Tinggi
11. Gambar Perkebunan Karet Krumput
12. Gambar Perkebunan Karet Krumput (Google Earth)
13. Gambar Penduduk di daratan rendah
(http://1.bp.blogspot.com/)
14. Gambar Aktivitas Tambak Bandeng
15. Gambar Aktivitas Penduduk Pesisir
Penilaian
- Kognitif
Jenis tagihan : Tugas individu, tes tertulis
Bentuk tagihan : Uraian
Instrumen penilaian : Terlampir
Penugasan
- Bentuk kelompok dengan teman sekelasmu, tiap kelompok beranggotakan 3-4 orang.
- Cari peta wilayah tempat tinggalmu. Peta dapat diperoleh di kantor kecamatan atau kantor Bappeda setempat.
- Kumpulkan informasi kondisi geografi daerahmu sebanyak – banyaknya meliputi kondisi bentang alam, sosial ekonomi, penggunaan lahan serta kependudukan lainnya.
- Lakukan pengamatan di lingkungan sekitarmu. Catatlah data geografis penting yang kamu temukan di lapangan.
- Susunlah informasi geografi yang telah kamu peroleh, baik dari pengamatan maupun data sekunder lainnya dalam sebuah karya tulis kemudian presentasikan karya tulis
Ketentuan :
Font : Times New Roman
Font Size : 12
Paper : A4
Dikumpulkan Senin 27 Juni 2011 Pukul 07.00 WIB
Skor | Nilai |
86-100 | Baik sekali |
71-85 | Baik |
56-70 | Cukup |
< 55 | Kurang |
2. Afektif
Ranah Afektif, dengan mempertimbangkan:
a) Kesiapan siswa sebelum mengikuti kegiatan belajar mengajar
b) Minat siswa dalam mengikuti pembelajaran
c) Keaktifan siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung maupun kehadirannya
3. Psikomotorik
Penilaian dilakukan dengan ukuran kemampuan siswa dalam mengkaitkan antara kondisi geografis suatu wilayah dengan aktivitas penduduk.
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
_________________________ _______________________
NIP/NRK.
Komentar
Posting Komentar