RPP GEOGRAFI KELAS VIII



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP                            : SMP N 8 SURAKARTA
Mata Pelajaran            : Geografi
Kelas/Semester            : VIII/1
Satuan Pendidikan      : 2 x 45 Menit
Standar Kompetensi   : Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan
  pertumbuhan jumlah Penduduk
Kompetensi Dasar       : Mendiskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan
  upaya penanggulangan dalam pembangunan berkelanjutan
Indikator                      :
v  Menganalisis jenis-jenis lingkungan hidup
v  Menganalisis kualitas lingkungan hidup
v  Menganalisis pengelolaan lingkungan hidup

I.     Tujuan Pembelajaran
Tujuan Kognitif
A.  Produk
Siswa dapat:
1.    Siswa dapat mengetahui apa hakekat lingkungan bagi kehidupan manusia.
2.    Siswa dapat mengetahui permasalahan lingkungan hidup.
3.    Siswa dapat mengetahui sebab-sebab terjadinya permasalahan lingkungan hidup.
4.    Siswa dapat menghasilkan sebuah ide, gagasan, sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup yang sedang terjadi dan yang akan terjadi.
B.  Proses
Siswa dapat mengetahui penyebab permasalahan lingkungan hidup serta merumuskan solusi dalam upaya penanggulangannya sehingga tercipta pembangunan yang berkelanjutan yang bermanfaatan bagi kehidupan manusia.
C.  Keterampilan Sosial
Siswa dapat:
1.    Siswa dapat mengajukan pertanyaan.
2.    Siswa dapat menyampaikan pendapat/menjawab pertanyaan.
3.    Siswa dapat mendengarkan dengan aktif.

Tujuan Afektif
1.      Menumbuhkan sikap kepedulian terhadap lingkungan hidup
2.      Dapat menghasilkan sebuah ide, gagasan, sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup yang sedang terjadi dan yang akan terjadi.

Tujuan Psikomotorik
Siswa terlibat aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan baik di rumah, sekolah maupun di lingkungan masyrakat.


II.     Pendekatan dan Model Pembelajaran:
Pendekatan                 : CTL
Model                          : Kontekstual Bertanya
Metode                        : Kontekstual Bertanya
III.     Sumber/ Bahan/ Alat Pembelajaran:
v Kurikulum KTSP dan perangkatnya
v Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
v Buku-buku penunjang yang relevan
v Internet
v Jurnal ilmiah
v Laptop
v Proyektor
v OHP
IV.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Bertanya kepada siswa, apakah di sekitar tempat tinggal mereka ada kerusakan lingkungan
b.    Memotivasi siswa agar dapat menemukan sebuah solusi untuk mengatasi masalah tersebut, baik masalah pada dirinya sendirinya maupun masalah temannya yang ada disampingnya. Guru menanyakan apakan sudah mendapatkan ide untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
c.    Menjelaskan hubungan permasalahan yang sudah ditanyakan dengan materi ajar yang akan disampaikan.
d.   Menyampaikan inti tujuan pembelajaran, meliputi produk, proses, psikomotor, dan keterampilan sosial.
2.    Kegiatan inti
a.       Menyajikan berbagai informasi semua permasalahan lingkungan hidup yang sekarang sedang terjadi.
b.      Meminta siswa duduk dalam tatanan pembelajaran kooperatif sambil mengingatkan keterampilan kooperatif yang akan dilatihkan dan bagaimana mengikuti pelatihan tersebut.
c.       Membagi kelompok dan meminta tiap-tiap kelompok bekerja sama sesuai dengan tema yang akan dibahas yaitu berupa permasalahan lingkungan hidup.
d.      Membimbing masing-masing kelompok untuk melakukan kegiatan dan menganalisis sesuai dengan tema
e.       Meminta siswa/kelompok mempresentasikan hasil analisis dan kesimpulannyadan ditanggapi siswa/kelompok lain. Guru memastikan bahwa seluruh telah mengetahui jawaban yang benar
3.    Penutup
a.       Melibatkna siswa siswa merangkum hasil diskusi yang telah dilakukan dan memantapkan pemahaman siswa sesuai tujuan pembelajaran
b.      Meminta siswa mengerjakan PR sebagai review yang akan dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.
V.     Penilaian
v  Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian geografi dan pandangan berbagai pakar mengenai geografi dari situs internet dengan menulis sumber situs. \Penilaian untuk keaktifan siswa dalam berdiskusi mengenai perkembangan ilmu geografi dan konsep esensial geografi.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pemahaman materi pembahasan




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55












Oleh:
AISA MAYANG PURNAMASARI
K5408001
SEMESTER VI




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah
:
SMP  N 1 BANTUL
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Geografi
Kelas/Semester
:
VII / 1
Standar Kompetensi
:
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar


Indikator









Alokasi Waktu
:


:









:
1.1  Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
1.  Siswa dapat mengerti definisi tenaga asal dalam (tenaga endogen)
2.  Siswa dapat mendeskripsikan kategori dari tenaga endogen (tektonisme, vulkanisme, dan seisme)
3. Siswa dapat memberikan contoh hasil tenaga asal dalam (endogen)
4. siswa dapat mengidentifikasi keragaman bentuk muka bumi di lingkungan sekitar siswa
1 x 45 menit



A.    Tujuan Pembelajaran  
1.      Siswa dapat mendeskripsikan proses yang terjadi akibat tenaga endogen.
2.      Siswa dapat mengidentifikasi keragaman bentuk muka bumi di lingkungan sekitar siswa yang terjadi akibat tenaga endogen.

B.     Materi Pembelajaran
1.      Kategori tenaga endogen
2.      Batas dan macam tektonik lempeng
3.      Proses tektonisme berdasarkan bentuk
4.      Jenis penyusupan magma
5.      Jenis Gempa bumi berdasarkan faktor penyebabnya

C.    Metode Pembelajaran
1.      Ceramah.           
2.      Diskusi.                              
3.      Tanya jawab.
4.      Konstektual konstruktivisme

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran     
No
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.


Kegiatan Awal
a.    Mengkondisikan suasana kelas
b.   Menyampaikan tujuan pembelajaran
c.    Apersepsi : Memvisualisasikan gambar bentukan-bentukan di muka bumi yang merupakan hasil dari tenaga endogen
Motivasi : Siswa diminta untuk mengamati media gambar mengenai bentuk bumi hasil tenaga endogen.


3  menit
2    menit
5 menit




2.
Kegiatan inti
a.       Guru menjelaskan secara singkat mengenai tenaga endogen dengan menggunakan media video tektonik lempeng.
b.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, dengan jumlah masing-masing kelompok 5 orang.
c.       Siswa diminta menuliskan deskripsi gambar yang diberikan oleh guru.
d.      3 siswa ditunjuk guru untuk mempresentasikan hasil deskripsinya di depan kelas.
e.       Siswa lain dipandu guru menanggapi hasil presentasi dari segi:
1)      Ketepatan pengenalan gambar
2)      Ketepatan deskripsi gambar
3)      Ketepatan dalam pemberian contoh letak wilayahnya
f.       Menanyakan kesulitan siswa dalam mempelajari tenaga endogen.

5 menit

5 menit
2 menit


5 menit

3 menit

2 menit





5 menit
3.
Penutup
a.      Siswa dan guru menyimpulkan materi
b.      Pemberian tugas oleh guru untuk dikerjakan di rumah
c.      Post test

2 menit
1 menit

5 menit

E.     Alat Bahan dan Sumber Belajar
Alat                       : Laptop, LCD
Media                   : 1. Video Tektonik Lempeng (http://www.encyclea.com/ video/jn8ge44SiNQ-plate-tectonics-theory-2.aspx lempeng teori2)
2. Gambar sebaran lempeng tektonik dunia (http:// dirwanboxer. blogspot.com)
3. Gambar sebaran lempeng tetonik Indonesia (http://ardidafa78.wordpress.com)
Sumber Belajar     : 1. Waluyo dkk.2008.Ilmu Pengetahuan Sosial.Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional
2. Budi Utomo, Ichwan dan Sulistyana Dwi Nugraheny.2008.Bentuk Muka Bumi.Surakarta:CV. Suara Media Indonesia
3.    http://www.pbs.org/wgbh/aso/tryit/tectonics/ diakses tanggal 23 Februari 2011
6.    http://kabar999.blogspot.com/2009/10/jenis-jenis-gempa.html diakses tanggal 28 Februari 2011

Komentar

Postingan Populer