RPP GEOGRAFI KELAS XII (Mempraktikkan keterampilan dasar pemetaan)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu: Drs Partoso Hadi,M.Si.
Oleh :
YETTY WIHERTANTI
K5408055
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 5 Surakarta
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : XII (dua belas) / 3 (tiga)
Standar Kompetensi : Mempraktikkan keterampilan dasar pemetaan
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan konsep dasar pemetaan
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Indikator :
1) Kognitif :
a. Produk :
1. Memahami konsep dasar peta
2. Memahami jenis-jenis peta
3. Memahami jenis peta tematik
4. Memahami pembuatan peta tematik
5. Memahami simbolisasi dan tata warna peta tematik
6. Membuat peta tematik sederhana
b. Proses
1. Menginterpretasi Peta Rupabumi Indonesia dan Peta Rupabumi Indonesia Kawasan Pesisir
2. Mengkaji Peta Penggunaan Lahan Kota Surakarta, Peta Tanah Kota Surakarta, Peta Kawasan Resapan Kota Surakarta, Peta Kepadatan Penduduk Kota Surakarta
3. Mengamati dan menganalisis simbol dan tata warna Peta Penggunaan Lahan Kota Surakarta, Peta Tanah Kota Surakarta, Peta Kawasan Resapan Kota Surakarta, Peta Kepadatan Penduduk Kota Surakarta
4. Membuat peta tematik dari citra secara sederhana.
2) Psikomotor
a. Siswa mendeskripsikan, memahami konsep peta dari Peta Rupabumi Indonesia dan Peta Rupabumi Kawasan Pesisir
b. Siswa memperkaya diri tentang pengetahuan jenis-jenis peta dengan browsing
Sumber internet : http://www.mapsofworld.com
c. Mengkaji dan memahami pembuatan peta tematik
d. Membuat peta tematik sederhana dengan peta dasar citra Ikonos
3) Afektif
a. Karakter
Bekerjasama, mendengarkan, mengkaji, dan merespon pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1. Konsep-konsep peta
2. Jenis-jenis peta
3. Pembuatan peta tematik
4. Simbolisasi dan tata warna peta tematik
b. Keterampilan social
Memberikan respon, bertanya, memberikan ide, masukan, menjadi pendengar yang baik, aktif berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1. Konsep-konsep peta
2. Jenis-jenis peta
3. Pembuatan peta tematik
4. Simbolisasi dan tata warna peta tematik
B. Tujuan Pembelajaran
1) Kognitif
a. Produk
Siswa dapat :
1. Memahami konsep-konsep peta
2. Memahami jenis-jenis peta
3. Memahami jenis peta tematik
4. Memahami pembuatan peta tematik
5. Memahami simbol dan tata warna peta tematik
b. Proses
1. Siswa mampu menemukan konsep-konsep peta dengan membaca peta
2. Siswa memahami jenis peta tematik dengan mencari sumber lain dan mencari gagasan tentang fenomena di dunia nyata yang bisa dijadikan peta tematik
3. Siswa memahami pembuatan peta tematik dengan cara membuat peta tematik sederhana
2) Afektif
a. .Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya mengetahui, memahami konsep-konsep peta, jenis-jenis peta tematik dan mengeathu proses pembuatan peta tematik.
b. Keterampilan social
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mewilayahkan suatu fenomena di dunia nyata dan mendeliniasi suatu fenomena di dunia nyata dan menuangkannya dalam peta.
C. Materi pembelajaran
- Konsep dasar peta
- Jenis-jenis peta
- Jenis Peta Tematik
- Pembuatan Peta Tematik
- Simbol dan tata warna peta tematik
D. Model dan Metode Pembelajaran
Model : STAD Kolaboratif
Metode : Ceramah, diskusi, Tanya jawab
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (1x 40 menit)
No. | Kegiatan | Keterangan | Alokasi Waktu |
1. | Awal | · Memberi salam · Melakukan presensi · Apersepsi Guru menampilkan gambar kenampakan Gunung Merbabu tampak samping, dan kenampakan Gunung Merbabu tampak atas pada Peta Rupabumi Indonesia. | 3 menit |
2. | Inti | - Eksplorasi Guru menugaskan siswa untuk mengamati kenampakan gedung sekolah SMA 5 Surakarta, dan menganalisis perbedaannya dengan keadaan sebenarnya. Selain itu guru menugaskan siswa untuk membedakan dengan kenampakan gedung sekolah pada Peta Penggunaan Lahan Kota Surakarta skala 1: 60.000. Siswa menemukan konsep konvensional, simbolik dan skala pada Peta Rupabumi Indonesia. Selain itu siswa juga menemukan konsep penyederhanaan dan perbesaran pada peta. | 3 menit |
3. | Elaborasi | a. Guru - Guru menjelaskan tentang pembuatan peta tematik - Guru menjelaskan simbolisasi dan tata warna pada satu contoh peta tematik - Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan peta-peta yang telah didapat oleh kelompoknya masing-masing b. Siswa - Siswa mendiskusikan peta apa saja yang bisa digunakan untuk pembuatan base map - Siswa mendiskusikan tentang tema yang bisa dijadikan peta tematik - Siswa mendiskusikan tentang simbol dan tata warna peta yang diperoleh oleh kelompoknya masing-masing - Siswa mempresentasikan hasil diskusi yang diperoleh kelompoknya 1. Penutup | 30 menit |
2. | Konfirmasi | - Guru memberikan umpan balik terhadap hasil setiap presentasi siswa | 7 menit |
3. | Penutup | Guru melakukan refleksi materi yang telah dibahas berupa menarik kesimpulan dari hasil presentasi siswa dan menyimpulkan materi | 2 menit |
F. Sumber / Alat / Media Belajar
Sumber :
1. Sinaga, M. 1995. Pengetahuan Peta. Yogyakarta : Fakultas Geografi UGM.
2. Sinaga, M. 1995. Pemetaan Lingkungan Fiskal. Yogyakarta : Fakultas Geografi UGM.
3. Sinaga, M. 1995. Pemetaan Data Statistik. Yogyakarta : Fakultas Geografi UGM
4. Skripsi, Novika Pradanesti, K5406033
- Alat : Laptop, papan tulis, spidol, LCD, slide presentasi (power point)
- Media :
1. Peta Rupabumi Indonesia Lembar 1408-343 Surakarta
2. Peta Rupabumi Indonesia Lembar 1406-114 Ambal
3. Peta Lereng Kota Surakarta Skala 1: 60.000 Tahun 2010
4. Peta Penggunaan Lahan Kota Surakarta Skala 1: 60.000 Tahun 2010
5. Peta Kepadatan Penduduk Kota Surakarta Skala 1: 60.000 Tahun 2010
6. Peta Kawasan Resapan Kota Surakarta Skala 1: 60.000
7. Citra Ikonos daerah Liputan Surakarta dan sekitarnya tanggal pencitraan 8 Agustus 2006
G. Penilaian
1. Kognitif
Dari peta Kepadatan Penduduk analisislah:
- Mengapa pewarnaan peta tersebut harus gradasi?
- Buatlah peta tematik Persebaran SPBU dari citra Ikonos
2. Afektif
- Minat
Minat pada pembelajaran dinilai guru berdasarkan presensi siswa.
- Sikap
Sikap pada pembelajaran dinilai guru berdasarkan keaktifan siswa dalam diskusi dan Tanya-jawab.
3. Psikomotor
Ditentukan guru berdasarkan :
- Keterampilan siswa menemukan konsep peta dengan cara mengkaji peta
- Ketrampilan siswa menganalisis peta.
H. Penilaian
Teknik : Unjuk kerja (diskusi), presentasi.
Bentuk tagihan : Tugas Individu
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
|
Kriteria Penilaian
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Kepala Sekolah _____________________ | Guru Geografi Yetty Wihertanti |
Komentar
Posting Komentar