RPP GEOGRAFI KELAS IX

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu: Drs Partoso Hadi,M.Si.



 













Oleh :
Lintang Prawindia
K5408007






PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 1 Boyolali
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : IX (sembilan) / 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar                   : 5.1. Menginterpretasi peta tentang pola dan bentuk-bentuk mukabumi
Alokasi Waktu                        : 1 x 40 menit

A.    Indicator
1.      Kognitif :
a.       Produk :
1)      Mengetahui bentuk mukabumi pada Peta Rupabumi Indonesia.
2)      Mengetahui kenampakan fisis dan kenampakan bentang budaya pada Peta Rupabumi Indonesia.
3)      Mengetahui profil mukabumi dari Peta Rupabumi Indonesia.
b.      Proses :
1)      Menginterpretasi bentuk mukabumi dari Peta Rupabumi Indonesia dan citra Ikonos.
2)      Menginterpretasi kenampakan fisis dan kenampakan budaya pada Peta Rupabumi Indonesia.
3)      Menganalisis kenampakan secara spasial berdasarkan bentuk mukabumi.
4)      Menganalisis hubungan kenampakan fisis dan kenampakan budaya kaitannya dengan penggunaan lahan.
2.      Psikomotor
a.       Melakukan pengukuran terhadap suatu obyek pada peta dengan kondisi sebenarnya.
b.      Menyebutkan kenampakan fisis dan kenampakan budaya yang ada disekitar wilayah sekolah maupun tempat tinggal.
c.       Mendeskripsikan pola permukiman, pola aliran sungai dan pola jalan berdasarkan interpretasi Peta Rupabumi Indonesia.
  1. Afektif
a.       Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1)      Bentuk mukabumi
2)      Kenampakan mukabumi seperti kenampakan fisis dan kenampakan bentang budaya.
3)      Perbedaan kenampakan yang ada pada masing-masing mukabumi.
b.      Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1)      Bentuk mukabumi
2)      Kenampakan mukabumi seperti kenampakan fisis dan kenampakan bentang budaya.
3)      Perbedaan kenampakan yang ada pada masing-masing mukabumi.

B.     Tujuan Pembelajaran
  1. Kognitif
a.       Produk
Siswa dapat :
1)      Mengetahui bentuk mukabumi pada Peta Rupabumi Indonesia.
2)      Mengetahui kenampakan fisis dan kenampakan bentang budaya pada Peta Rupabumi Indonesia.
3)      Mengetahui profil mukabumi dari Peta Rupabumi Indonesia.
b.      Proses
1)      Siswa mampu untuk menginterpretasi bentuk mukabumi dari Peta Rupabumi Indonesia dan citra Ikonos.
2)      Siswa mampu untuk menginterpretasi kenampakan mukabumi pada Peta Rupabumi Indonesia.
3)      Siswa mampu menginterpretasi kenampakan fisis dan kenampakan budaya pada Peta Rupabumi Indonesia.
4)      Siswa mampu menganalisis kenampakan mukabumi secara spasial berdasarkan bentuk mukabumi.
5)      Siswa mampu menganalisis hubungan kenampakan fisis dan kenampakan budaya kaitannya dengan penggunaan lahan.
  1. Afektif
a.       Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya mengetahui bentuk mukabumi pada daerah tempat tinggal dan mengetahui kenampakan mukabumi yang terdapat pada wilayahnya. Serta mampu mengkaitkan keadaan mukabumi dengan penggunaan lahan di wilayah tersebut.
b.      Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mendeskripsikan kenampakan mukabumi pada daerah tempat tinggal dan potensi wilayah tersebut kaitannya dengan bentuk mukabumi.

C.     Materi Pembelajaran
-        Kenampakan mukabumi pada peta Peta Rupabumi Indonesia
-       Interpretasi kenampakan fisis dan bentang budaya pada Peta Rupabumi Indonesia.
-       Profil bentuk mukabumi dari Peta Rupabumi Indonesia dan citra Ikonos.

D.    Model dan Metode Pembelajaran
Model        : Contextual Teaching Learning (CTL) pemodelan.
Metode      : Ceramah, Diskusi, dan Tanya jawab.

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No
Kegiatan
Keterangan
Alokasi Waktu
1.
Awal
·         Memberi salam
·         Melakukan presensi
2 menit


·         Apersepsi materi berupa : guru menyajikan citra Ikonos (gambaran sebenarnya dari suatu kenampakan) dan Peta (tampilan simbolik)
3 menit
2.
Inti
1.      Eksplorasi












2.      Elaborasi

























3.      Konfirmasi

Guru menugaskan siswa untuk menganalisis kenampakan yang terdapat pada citra Ikonos dengan kenampakan yang terdapat pada Peta Rupabumi Indonesia.
Siswa menemukan perbedaan antara citra Ikonos dan Peta Rupabumi Indonesia.
Siswa mempresentasikan hasil penemuan kepada guru dan siswa yang lain.

Guru menjelaskan tentang interpretasi peta.
Guru menjelaskan tentang kenampakan bentuk mukabumi dengan menggunakan shading dan citra Ikonos.
Guru menjelaskan tentang kenampakan fisis dan kenampakan bentang budaya.
Guru menjelaskan perbedaan kenampakan fisis dan kenampakan bentang budaya di konfigurasi mukabumi yang berbeda.
Siswa mencari dan membedakan kenampakan fisis dan bentang budaya di peta rupabumi.
Siswa mempresentasikan kenampakan mukabumi yang terdapat pada peta rupabumi.
Siswa menganalisis kenampakan mukabumi tersebut termasuk kaitannya dengan penggunaan lahan.

Guru memberikan umpan balik terhadap hasil interpretasi peta rupabumi.





10 menit









15 menit
























7 menit
3.
Penutup
Guru melakukan refleksi materi yang telah dibahas berupa menarik kesimpulan dari hasil presentasi siswa dan menyimpulkan secara keseluruhan materi tersebut.
3 menit




F.      Sumber/ Alat/Media Belajar
-          Sumber :
1.      Sinaga, M. (1995). PENGETAHUAN PETA. YOGYAKARTA: FAKULTAS GEOGRAFI UGM.
2.      Sinaga, M. (1995). PEMETAAN LINGKUNGAN FISIKAL. (MAPPING THE PHYSICAL ENVIRONMENT). YOGYAKARTA: FAKULTAS GEOGRAFI UGM.
3.      Sukmayani,Ratna dkk. 2004. Ilmu Pengetahuan Sosial 3.Galaxy:Jakarta
4.      Fattah,Sanusi dkk.2008.Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas XI. Teguh Karya:Jakarta
5.      Citra IKONOS tahun pencitraan 2006 diunduh tanggal 25 Mei 2011
6.      Skripsi Muhamad Sodiq, K5404047
8.      Gambar profil topografi dari garis kontur, sumber gambar: www.pfscience.com

-          Alat : laptop,  papan tulis, spidol, LCD , slide presentasi.
-          Media : 1. Peta Rupabumi Indonesia lembar Ngablak dan lembar Boyolali
2. Gambar profil topografi
3. Citra Ikonos
4. Peta Ketinggian Kecamatan Cepogo
5. Gambar shading sebagian wilayah Kabupaten Boyolali
6. Peta Provinsi Jawa Tengah
7. Peta Penggunaan Lahan sebagian wilayah Kabupaten Boyolali





G.    Penilaian.
  1. Kognitif
Penilaian dengan kisi-kisi soal sebagai berikut :
Kelompok 1 & 4
-          Dari potongan citra IKONOS dan Peta RBI, coba kemukakan perbedaan keduanya!
-          Sebutkan contoh-contoh dari Objek / Fenomena, kenampakan mukabumi yang ditampilkan dengan peta tersebut!
Kelompok 2 & 3
-          Tentukanlah konfigurasi mukabumi yang tergambar pada peta !
-          Berikan contoh, kenampakan mukabumi yang ditampilkan dengan peta tersebut!
Semua Kelompok :
      Dari potongan peta RBI dan citra, coba analisislah tema berikut:
  Pola aliran sungai.
  Pola sebaran fasilitas umum.
  Pola jalan.
  Ketinggian tempat.
      Hubungkan tema-tema tersebut dengan persebaran dan bentuk permukiman!
  1. Afektif
Ditentukan dengan kriteria :
-                      Minat
-                      Sikap
  1. Psikomotor
Ditentukan oleh :
-                      Keterampilan dasar membaca peta
-                      Keterampilan dasar pemetaan


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
≥ 90
Baik
3
76 - 89
Cukup
2
60 - 75
Kurang
1
< 60

Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..


Kepala Sekolah



_____________________
Guru Geografi



Lintang Prawindia















Komentar

Postingan Populer