RPP GEOGRAFI KELAS X
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu : Drs. Partoso Hadi, M. Si
Drs. Wakino, M. Si
Disusun oleh :
NINA NUGRAHENI
K5408009
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Klaten
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/I (Satu)
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 1x40 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah proses pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan Jagat Raya dan Tata Surya
A. Indikator
1. Mengidentifikasi anggota tata surya
2. Mengetahui bagian-bagian matahari
3. Mengenali planet-planet dalam tata surya
B. Tujuan Pembelajaran
- Kognitif
a. Produk
Siswa dapat:
1) Mendeskripsikan masing-masing anggota tata surya
2) Mengetahui bagian-bagian matahari
3) Mengenali planet-planet berdasarkan ciri yang dimilikinya
4) Mengetahui kemungkinan adanya kehidupan selain di planet bumi
b. Proses
1) Siswa mampu mengenali anggota tata surya berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya.
2) Siswa mampu membedakan antara planet satu dengan planet lainnya
3) Siswa mampu mencari sumber data mengenai temuan baru benda langit maupun fenomena adanya kehidupan selain di planet bumi
- Afektif
a. Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pengenalan terhadap anggota tata surya.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk membuat paper mengenai temuan baru benda langit maupun fenomena adanya kehidupan selain di planet bumi
C. Materi Pembelajaran
- Matahari
- Planet
- Asteroid
- Meteor
- Komet
D. Model dan Metode Pembelajaran
Model : Kontekstual Penilaian
Metode : Ceramah dan tanya jawab
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No. | Kegiatan | Keterangan | Alokasi Waktu |
1. | Awal | · Memberi salam · Berdoa · Melakukan presensi | 3 menit |
| | · Apersepsi materi berupa: guru menyajikan tayangan video terjadinya tata surya | 5 menit |
2. | Inti 1. Eksplorasi 2. Elaborasi 3. Konfirmasi | Guru menanyakan urutan kedudukan anggota tata surya Guru menanyakan jumlah planet dan urutannya Guru menjelaskan pengertian masing-masing anggota tata surya Guru menjelaskan bagian-bagian matahari Guru menjelaskan masing-masing planet Guru menunjukkan planet lain yang mengindikasikan adanya kehidupan Guru memberikan umpan balik terhadap hasil quis (jawaban siswa) | 5 menit 20 menit 5 menit |
3. | Penutup | Guru melakukan refleksi materi yang telah dibahas bersama-sama dan memberi tugas pekerjaan rumah. | 2 menit |
F. Sumber/ Alat/Media Belajar
- Sumber :
1. Gunawan. 1999. Tata Surya dan Alam Semesta. Yogyakarta: Kanisius.
2. Endarto, Danang. 2005. Pengantar Kosmografi. Surakarta: UNS Press.
3. Hestiyanto, Yusma. 2006. Geografi 1. Jakrta: Yudhistira.
4. Tika MP, Amin, Hermanto, Arofah A. 2007. Pengetahuan Sosial Geografi 1. Jakarta: Bumi Aksara.
8. http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://kusprayogi.files.wordpress.com
9. http//www./?hl=id&tab=wT#en|id|radiative%20zone%0Ainterface%20layer%0Aconvective%20
10. http://translate.google.co.id/?hl=id&tab=wT#en|id|radiative%20zone%0Ainterface%20layer%0Aconvective%20
11. okezone.com
- Alat : laptop, papan tulis, spidol, LCD, slide presentasi.
- Media :
1. Gambar Matahari dan bagiannya
2. Gambar Planet Merkurius
3. Gambar Planet Venus
4. Gambar Planet Bumi
5. Gambar Planet Mars
6. Gambar Planet Jupiter
7. Gambar Planet Saturnus
8. Gambar Planet Uranus
9. Gambar Planet Neptunus
10. Gambar Planet Pluto
11. Gambar Asteroid
12. Gambar Meteor
13. Video kedudukan planet dalam tata surya
14. Video teori terbentuknya tata surya
Komentar
Posting Komentar