RPP GEOGRAFI KELAS XI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Materi Pokok Menganalisis Wilayah dan Perwilayahan

Disusun Guna Memenuhi Tugas Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu, Drs. Partoso Hadi, M.Si.
                                                                  Drs. Wakino, M.Si.
                                                           
Disusun oleh:
Chandra P. Hadiyanti
K5408022


Program Studi Pendidikan Geografi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sebelas Maret
Surakarta
2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                  : SMA Negeri 3 Surakarta
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi               : Menganalisis wilayah dan perwilayahan
Kompetensi Dasar                   : Menganalisis pola persebaran spasial, hubungan serta interaksi spasial Desa- Kota
Alokasi waktu                         : 1 x 40 menit
A.    Indikator
1.      Kognitif :
a.       Produk :
1)      Mengetahui pola persebaran spasial pemukiman desa dan kota melalui citra satelit Ikonos dan Peta Rupabumi Indonesia
b.      Proses :
1)      Memahami pengertian serta ciri-ciri dari desa dan kota
2)      Memahami struktur yang terdapat pada desa dan kota
3)      Menganalisis kenampakan secara spasial di peta Rupa Bumi Indonesia dan citra satelit Ikonos.
2.      Psikomotor
a.       Melakukan deliniasi terhadap kenampakan pola struktur spasial baik pada kota maupun desa pada citra satelit Ikonos.
b.      Mendiskripsikan ciri-ciri dari kenampakan pola struktur spasial sehingga dapat membedakan desa dan kota.
c.       Mendiskripsikan interaksi yang terjadi antara desa dan kota.
  1. Afektif
a.       Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1)      Pola persebaran spasial kenampakan pemukiman di desa dan kota
2)      Ciri-ciri kenampakan yang diamati .
b.      Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1)      Bentuk pola persebaran spasial desa dan kota
2)      Ciri-ciri pola persebaran spasial yang dapat diamati melalui citra satelit Ikonos dan Peta Rupa Bumi Indonesia.
3)      Interaksi antara desa dan kota.

B.     Tujuan Pembelajaran
  1. Kognitif
a.       Produk
Siswa dapat :
1)      Mengetahui pola persebaran spasial pemukiman desa dan kota melalui citra satelit Ikonos dan Peta Rupabumi Indonesia.
2)      Menganalisis pola-pola persebaran spasial desa dan kota dilihat dari kenampakan fisik di dalam peta Rupa Bumi Indonesia dan citra satelit Ikonos.
b.      Proses
1)      Siswa mampu untuk membedakan antara desa kota dilihat dari ciri-ciri dari keduanya.
2)      Siswa mampu untuk menginterpretasi pola persebaran spasial kenampakan pemukiman pada citra satelit Ikonos dan Peta Rupa Bumi Indonesia
3)      Siswa mampu menganalisis kenampakan pola persebaran spasial desa kota.
4)      Siswa mampu menganalisis hubungan Interaksi antara desa kota.



  1. Afektif
a.       Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya mengetahui bentuk pola spasial pemukiman pada daerah tempat tinggal dan mengetahui kenampakan mukabumi yang terdapat pada wilayahnya. Serta mampu mengidentifikasi perkembangan tempat tinggal masing-masing apakah perkembangan daerahnya desa atau kota dan apakah terjadi proses interaksi diantara keduanya.
b.      Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mendeskripsikan pengertian dan ciri-ciri dari desa kota serta pengaruh dari pola persebaran spasial desa dan kota terhadap kehidupan social dari keduanya.
C.     Materi Pembelajaran
-        Pengertian, cirri-ciri dari desa dan kota
-       Bentuk-bentuk pola persebaran spasial dari desa dan kota
-       Faktor-faktor yang menyebabkan interaksi Desa-Kota, serta dampak positif dan negatif dari interaksi Desa-Kota.

D.    Model dan Metode Pembelajaran
Model        : Kooperatif Jigsaw
Metode      : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan Tugas.

A.    Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

No.
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan :
a.        Apersepsi
  1. Salam.
  2. Mengabsen
b.      Menayangkan citra ikonos desa dan kota melalui google earth, dan menanyakan tanggapan beberapa siswa.

·   Siswa menjawab salam
·   Menjawab siapa saja yang tidak masuk
·   Siswa mengamati citra yang ditampilkan guru, kemudian memberikan tanggapan.
10 menit


2.
Kegiatan Inti
1.   Guru menjelaskan gambaran Desa-Kota secara klasikal
2.   Guru menjelaskan mengenai terjadinya interaksi Desa-Kota dan dampak yang terjadi.
3.      Guru menunjukkan contoh gambar struktur ruang desa dan struktur ruang kota.
4.      Membentuk  kelompok-kelompok
5.      Secara berkelompok perwakilan siswa dari setiap kelompok bergabung sehingga terbentuk tim pakar dan saling berdiskusi menganalisis pola-pola pemukiman dan menjelaskan penyebab terjadinya pola-pola tersebut pada citra foto sebagian wilayah Sleman, citra foto sebagian wilayah Sragen dan menganalisis pola persebaran spasial apa saja yang terdapat apada peta Rupa Bumi Indonesia Lembar Wonogiri. Sedangkan angota lain (home team) juga mendiskusikan dengan anggota lain mengenai kedua citra foto dan pata RBI Lembar Wonogiri tersebut  sebagai bahan tambahan untuk evaluasi.
6.      Siswa-siswa yang tergabung dalam tim pakar tersebut kembali ke kelompoknya masing-masing dan menjelaskan hasil diskusinya kepada anggota lainnya (home team).
7.      Melakukan evaluasi dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada setiap kelompok tapi pertanyaan tersebut di tujukan secara individual terhadap anggota kelompok tersebut.

·   Siswa mengamati media dan mendengarkan guru mnerangkan materi, dan menjawab pertanyaan jika guru memberikan pertanyaan.



·   Beberapa perwakilan dari setiap kelompok mendiskusikan bahan materi untuk dianalisis.
·   Perwakilan kelompok kembali dan mendiskusikannya kembali dengan anggota kelompok yang asli.
·   Siswa menjawab soal yang diberikan guru.
70 menit


3.
Penutup :
1.      Guru memberikan kesimpulan materi
2.      Guru memberikan tugas.
3.      Mengucapkan salam penutup.
·   Siswa memperhatikan guru
·   Siswa menyimak tugas yang diberikan
·   Siswa menjawab salam
10    menit


B.     Sumber / Media / Alat Belajar
1.      Sumber Belajar
·                              Daldjoeni,N.1992. Geografi Baru. Bandung: Penerbit Alumni
·         Tarigan,Robinson. 2006. Perencanaan Pembangunan Wilayah. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara
·         R, Bintarto & Hadisumarno, Surastopo. 1982. Metoda Analisa Geografi. Jakarta. Penerbit LP3S
·         www. rahmatkusnadi6.blogspot.com/2010/02/pola-tata-ruang-desa-kota.html
·         www. tugasgeografi.wordpress.com/2011/02/24/interaksi-desa-kota/.html
2.      Media Pembelajaran
·         Google earth
·         Citra satelit Ikonos
-          Citra foto sebagian wilayah Sleman, Yogyakarta
-          Citra foto sebagian wilayah Sragen, Jawa Tengah
·         Peta Rupa Bumi Indonesia Wonogiri Lembar 1408-324

3.      Alat Pembelajaran
·         Laptop
·         LCD
·         White board
C.    Penilaian
Jenis tagihan                      : Unjuk kerja
Bentuk tagihan                  : Diskusi
Bahan diskusi                    : Diskusikanlah mengenai pola-pola pemukiman dan menjelaskan penyebab terbentuknya pola-pola tersebut.
Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal               : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
Nama Siswa                : .................................................................................
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah



Kemampuan merumuskan masalah



Kemampuan menganalisis masalah



Kemampuan memecahkan masalah



Kerja sama dalam kelompok



Partisipasi dalam diskusi



Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain



Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi



Nilai rata-rata



Komentar
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 – 79
Cukup
2
56 – 67
Kurang
1
< 55

Komentar

Postingan Populer