RPP GEOGRAFI KELAS XII (Menganalisis wilayah dan pewilayahan)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       : SMA Negeri 3 Surakarta
                           Kelas                           : XII (Duabelas)
Semester                      : Genap / II
Matapelajaran             : GEOGRAFI
                           Alokasi waktu             : 2 × 45 menit (satu kali pertemuan)

A.    Standar Kompetensi:
1. Menganalisis  wilayah dan pewilayahan

B.     Kompetensi Dasar:
1.2 Menganalisis kaitan antara konsep wilayah dan pewilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah.

C.    Indikator pencapaian kompetensi:
1.      Aspek kognitif:
·         Menjelaskan perbedaan konsep wilayah dan pewilayahan serta perencanaan pembangunan wilayah dengan media powerpoint.
·         Menganalisis hubungan (korelasi) antara wilayah, pewilayahan dan perencanaan pembangunan wilayah dengan media peta banjir Kota Surakarta
2.      Aspek psikomotor:
·         Siswa diajak ke tempat kejadian perkara untuk melihat dan mengamati kondisi yang terjadi di wilayah tersebut.
·         Pembuatan laporan dan hasil pengamatan lapangan sesuai dengan apa yang telah dipelajari dilapangan.
3.      Apek afektif:
·         Siswa dikenalkan lingkungan sekitar dalam menganalisa banjir kota Surakarta
·         Siswa dikenalkan fenomena banjir dan kondisi kerugian korban akibat fenomena tersebut.



D.    Tujuan Pembelajaran:
  1. Kognitif
a.      Produk
1)      Melalui peta bahaya banjir Kota Surakarta siswa dapat menjelaskan konsep wilayah
2)      Melalui peta bentuklahan dan penggunaanlahan Kota Surakarta siswa dapat mendeskripsikan konsep wilayah berdasarkan wilayah formal dan fungsional.
b.      Proses
1)      Melalui citra ikonos google earth siswa dapat menjelaskan konsep pewilayahan
2)      Melalui peta infrastruktur perlindungan banjir Kota Surakarta siswa dapat menjelaskan konsep perencanaan pembangunan wilayah menggunakan pendekatan sektoral dan regional.
  1. Psikomotorik
1)      Melalui peta kemiringan lereng dan peta kepadatan penduduk Kota Surakarta siswa dapat mendeskripsikan konsep pewilayahan berdasarkan penyamarataan wilayah dan klasifikasi wilayah
2)      Siswa diperkenalkan kondisi eksisting wilayah yang terkena dampak banjir kaitanya dengan aspek social.
  1. Afektif
a.      Karakter
Fenomena banjir yang dipelajari siswa agar memilki sikap peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka, dan mengajarkan bantu membantu degan saudara yang terkena banjir.
b.      Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu memberikan ide dan pendapat tentang upaya penanggulangan banjir dan mengetahui wilayah mana saja yang menjadi langganan banjir yang tidak layak untuk dihuni.

E.     Materi Pembelajaran:
1.      Konsep wilayah
  1. Wilayah berdasarkan wilayah formal dan wilayah fungsional
  2. Konsep pewilayahan
  3. Konsep pewilayahan berdasarkan penyamarataan wilayah dan klasifikasi wilayah
  4. Konsep perencaanaan pembangunan wilayah

F.     Alokasi waktu:
NO
Kegiatan
Alokasi waktu
1.
Pendahuluan
·                Pemanasan berpikir
·                Apersepsi
·                Motivasi

5 menit
5 menit
5 menit
2.
Kegiatan inti
·                Guru menyampaikan inti materi
·                Siswa diminta untuk berpikir tentang materi
·                Siswa diminta membentuk kelompok
·                Guru memberikan studi kasus dan peta
·                Peserta didik berdiskusi

20 menit
10 menit
5 menit
2 menit
30 menit
3.
Penutup
·                Guru mereview kembali hasil diskusi
·                Guru memberikan tugas

5 menit
3 menit

G.    Metode dan Model Pembelajaran:
a.       Model pembelajaran kooperatif GI (Group Investigation)
b.      Model pembelajaran kontekstual
H.    Media Pembelajaran:
a.       Citra Ikonos Google Earth 3 Dimensi Surakarta dan Sekitarnya
b.      Citra Ikonos Google Earth Sekolahan SMA 3 Surakarta
c.       Peta Bentuk Lahan Kota Surakarta
d.      Peta DAS Samin Tahun 2008
e.       Peta Penggunaan Lahan Kota Surakarta
f.       Peta Sub DAS Keduang Menjadi Sub- Sub DAS untuk informasi yang lebih detail
g.      Peta Geologi Kota Surakarta Skala 1 : 60.000
h.      Peta Bahaya banjir Kota Surakarta
i.        Peta Kemiringan Lereng Kota Surakarta
j.        Peta Kepadatan Penduduk Kota Surakarta Tahun 2003
k.      Peta Infrastruktur Perlindungan Banjir Kota Surakarta
I.       Alat Pembelajaran
a.       LCD Proyektor
b.      Laptop
c.       White board
J.      Kegiatan Pembelajaran:
     a. Pendahuluan
1.      Pemanasan berpikir : topik apakah yang saat ini hangat diberitakan oleh media massa?
2.      Apersepsi : guru menyatakan bahwa materi yang akan dibahas ini berkaitan dengan konsep wilayah dan pewilayahan.
3.      Motivasi : guru menyampaikan pentingnya mempelajari konsep wilayah dan pewilayah untuk perencanaan pembangunan wilayah di Indonesia sebagai bentuk upaya meningkatkan kapasitas dan pengelolaan potensi yang dimiliki Indonesia.
     b. Kegiatan inti
1.      Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai.
2.      Siswa diminta untuk berpikir tentang materi/ permasalahan yang disampaikan guru.
3.       Siswa diminta membentuk kelompok yang terdiri dari  empat orang anggota dengan cara berhitung dari 1- 4 dan berkumpul sesuai dengan urutanya.
4.      Guru memberikan peta sebagai media untuk mendeskripsikan konsep wilayah dan pewilayahan
5.      Guru memimpin diskusi, setelah memberikan waktu untuk berfikir dan menganalisis masalah kemudian kelompok mengemukakan hasil diskusinya.
     c. Penutup
1.      Guru mereview kembali hasil diskusi dan memberikan pengarahan mengenai konsep materi yang telah di lakukan.
2.      Guru memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah terkait dengan aplikasi perencanan pembangunan wilayah di Indonesia.

K.    Daftar Pustaka:
Bintarto, R dan Hadisumarno, Surastopo. 1982. Metode Analisa Geografi. Jakarta: LP3ES
Citra Ikonos Google Earth Tahun 2010 Wilayah Surakarta dan Sekitarnya
Hadi, Partoso. 2010. Modul PLPG IPS 2010 (Revisi 7 Juli). Surakarta. Prodi Geografi FKIP UNS.

Hartono, Agung. 2008. Arahan Konservasi Daerah Aliran   Sungai Samin Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo Tahun 2006. Skripsi. FKIP UNS Surakarta. Tidak diterbitkan.
Fitriansyah, Sukma Agung. 2009. Studi Tentang Pola Tanam Sayur-Sayuran Di Kecamatan Tawangamangu Kabupaten Karanganyar. Skripsi. P.Geografi FKIP UNS. Tidak diterbitkan
Sabari, Hadi. 1991. Konsepsi Wilayah dan Prinsip Pewilayahan. Yogyakarta: PT. Hardana Ekacita Tunggal
Setyarso, Budi. 2009. Studi Reaksi Manusia Terhadap Bahaya Banjir Kota Surakarta. Skripsi. P.Geografi FKIP UNS. Tidak diterbitkan.
Taringan, Robinson. 2005. Perencanaan Pembangunan Wilayah (edisi revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2007 Tentang Standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah
Prahastowati, Nova. 2009. Pemetaan Water Balance Sub DAS Botok Kabupaten Karanganyar Tahun 2009. Skripsi. P.Geografi FKIP UNS. Tidak diterbitkan.
Rahman MS, Khabibur. 2008. Analisis Spasial Warnet Kecamatan Jebres Kota Surakarta Tahun 2008. Skripsi. P.Geografi FKIP UNS. Tidak diterbitkan.
http://www.googleearth.com/citraikonos
http://www.partosohadi.staff.fkip.uns.ac.id Diakses pada tanggal 12 Maret 2011
http://www.pwk.undip.ac.id/ Diakses pada tanggal 2 Maret 2011

Komentar

Postingan Populer