RPP GEOGRAFI KELAS X (Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek Geografi)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu : Drs. Partoso Hadi, M.Si
















Disusun Oleh :
Farida Tri Surya Kusumaningrum
K 5408066

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMA Negeri 7 Surakarta
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : X (Sepuluh) / 1 (satu)
Tahun Pelajaran                       : 2010-2011
Pertemuan Ke                         : 1
Alokasi Waktu                        : 1 x 40 menit
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan                
     aspek Geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan Konsep Geografi

A.    Indikator
1.      Kognitif :
a.       Produk :
1)      Mengetahui definisi geografi.
2)      Mengetahui perbedaan beberapa konsep-konsep esensial geografi.
3)      Menerapkan/ mengaplikasikan konsep-konsep geografi dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Proses :
1)      Menganalisis beberapa definisi geografi.
2)      Menganalisis mengenai perbedaan beberapa konsep-konsep esensial geografi.
3)      Menganalisis mengenai konsep-konsep geografi dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Psikomotor
a.       Menyebutkan beberapa definisi geografi.
b.      Menyebutkan beberapa konsep-konsep esensial geografi.
c.       Memberikan contoh konsep-konsep geografi dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Afektif
a.       Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1)      Konsep esensial geografi
2)      Contoh penerapan konsep-konsep geografi dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1)      Definisi geografi
2)      Konsep-konsep esensial geografi
3)      Penerapan atau aplikasi konsep-konsep geografi dalam kehidupan sehari-hari.

B.     Tujuan Pembelajaran
  1. Kognitif
a.       Produk
Siswa dapat :
1)      Mengetahui definisi geografi.
2)      Mengetahui perbedaan beberapa konsep-konsep esensial geografi.
3)      Menerapkan/ mengaplikasikan konsep-konsep geografi dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Proses
1)      Siswa mampu untuk menyebutkan definisi geografi.
2)      Siswa mampu untuk membedakan beberapa konsep-konsep esensial geografi.
3)      Siswa mampu menganalisis konsep-konsep geografi dalam kehidupan sehari-hari.


  1. Afektif
a.       Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya mengetahui konsep geografi dan mengetahui aplikasinya kedalam kehidupan sehari-hari.
b.      Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mengidentifikasi konsep-konsep esensial geografi dan mampu menganalisis implementasinya kedalam kehidupan sehari-hari.

C.    Materi Pembelajaran
Menganalisis konsep-konsep esensial geografi, antara lain :
1)           Konsep Lokasi
2)           Konsep Jarak
3)           Konsep Keterjangkauan
4)           Konsep Morfologi
5)           Konsep Aglomerasi
6)           Konsep Nilai Kegunaan
7)           Konsep Pola
8)           Konsep Diferensiasi Areal
9)           Konsep Interaksi/Interpedensi
10)       Konsep Keterkaitan Keruangan

D.    Model dan Metode Pembelajaran
Model pembelajaran         : Kuantum
Metode pembelajaran       : Ceramah dan tanya jawab





E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama

No
Kegiatan
Waktu
Metode

1.

Awal
·         Guru memberi salam dan menanyakan kabar siswa serta melakukan presensi.
·         Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai.

5 menit

Ceramah, tanya jawab
2.
Inti
a)      Eksplorasi
·         Guru memberikan pertanyaan tentang definisi geografi.
·         Guru memberikan pancingan pertanyaan tentang konsep esensial geografi diantaranya mengenai konsep lokasi.
b)      Elaborasi
·         Guru menjelaskan definisi geografi
·         Guru menjelaskan konsep-konsep esensial geografi.
·         Siswa mampu memberikan contoh aplikasi konsep geografi kedalam kehidupan sehari-hari.
c)      Konfirmasi
·         Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan maupun isyarat.

10 menit




15 menit




5 menit

  Ceramah, tanya jawab
3.
Penutup
·         Guru memberi kesempatan siswa bertanya tentang materi yang dipelajari.
·         Melakukan refleksi materi yang dibahas.
·         Guru mengakhiri pelajaran.
5 menit
Ceramah


F.     Sumber Pembelajaran
1.      Endarto, Danang. 2009. Geografi I SMA/MA Kelas X. Jakarta: Buku Sekolah Elektronik (BSE).
2.      Ariwibowo, Yoga. 2007. Geografi SMA/MA Kelas X. Jakarta : Ganeca Exact
3.      Sumaatmadja, Nursid. 1981. Studi Geografi. Bandung : Alumni.

G.    Alat Pembelajaran
·         White Board-Spidol
·         LCD
·         Laptop

H.    Media Pembelajaran
·         Powerpoint konsep geografi

I.       Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, tanya jawab

J.      Penilaian
  1. Kognitif
Penilaian dengan kisi-kisi soal sebagai berikut :
1).  Jelaskan definisi geografi !
2).  Sebutkan ruang lingkup geografi !
3).  Sebutkan 2 konsep esensial geografi dan jelaskan !
  1. Afektif
Ditentukan dengan kriteria :
-                      Minat
-                      Sikap
  1. Psikomotor
Ditentukan oleh :
-                      Keterampilan dalam menanggapi atau menjawab soal
-                      Keterampilan analisis konsep geografi
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
≥ 90
Baik
3
76 - 89
Cukup
2
60 - 75
Kurang
1
< 60




Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..


Kepala Sekolah



_____________________
Guru Geografi



Farida Tri Surya K



Komentar

Postingan Populer