RPP GEOGRAFI KELAS XII
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah : Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu : Drs. Partoso Hadi, M.Si
Disusun oleh :
BAGUS GUNTORO
K5408024
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII (dua belas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar : 1.3.Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan
memanfaatkan peta
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (satu pertemuan)
A. Indikator
1. Kognitif :
a. Produk :
1) Mengetahui ciri-ciri industri dan pertanian
2) Mengetahui jenis,jenis industri dan pertanian
3) Mengetahui sebaran lokasi industri dan pertanian dengan menggunakan peta
b. Proses :
1) Mengidentifikasi ciri-ciri industri dan pertanian
2) Mengidentifikasi jenis,jenis industri dan pertanian
3) Mengidentifikasi sebaran lokasi industri dan pertanian dengan menggunakan peta
2. Psikomotor
a. Membedakan antara industri dan pertanian
b. Menyebutkan jenis-jenis industri dan pertanian
c. Mendeskripsikan jenis-jenis industri, pertanian beserta ciri-cirinya
- Afektif
a. Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1) Ciri-ciri industri dan pertanian
2) Jenis-jenis industri dan pertanian
3) Lokasi industri dan pertanian pada peta
b. Keterampilan Sosial
a. Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1) Ciri-ciri industri dan pertanian
2) Jenis-jenis industri dan pertanian
3) Lokasi industri dan pertanian pada peta
B. Tujuan Pembelajaran
- Kognitif
a. Produk
Siswa dapat :
1) Mengetahui ciri-ciri industri dan pertanian
2) Mengetahui jenis,jenis industri dan pertanian
3) Mengetahui sebaran lokasi industri dan pertanian dengan menggunakan peta
Proses
1) Siswa mampu untuk mengidentifikasi ciri-ciri industri dan pertanian
2) Siswa mampu untuk mengidentifikasi jenis-jenis industri dan pertanian
3) Siswa mampu mengidentifikasi sebaran lokasi industri dan pertanian dengan menggunakan peta
- Afektif
a. Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan tentang pentingnya mengetahui ciri-ciri dan jenis-jenis industri.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk menganalisis lokasi industri dan pertanian yang berada disekitar lingkungan tempat tinggal siswa menggunakan peta
C. Materi Pembelajaran
- Klasifikasi Industri dan pertanian
- Persebaran lokasi industri dan pertanian pada peta
D. Model dan Metode Pembelajaran
Model : Kooperatif Dua Tinggal Dua Tamu
Metode : Ceramah, diskusi, penugasan.
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Metode |
1. | Kegiatan Awal a. Mengkondisikan suasana kelas b. Menyampaikan tujuan pembelajaran c. Apersepsi :Bersama sama mengidentifikasi industri dan pertanian d. Motivasi :Siswa diminta untuk mengamati media gambar/video peta dan peta strukrur ruang kawasan industri besar kota tarakan | 3 menit 2 menit 5 menit | Ceramah |
2. | Kegiatan inti a. Secara mandiri, siswa menggali informasi tentang klasifikasi industri dan pertanian menganalisis lokasi industri dan pertanian. b. Bersama-sama mendiskusikan penggunaan lokasi pertanian dan industri pada peta yang telah tersedia. | 35 menit 20 menit | Ceramah, Tanya jawab, Diskusi kelompok |
3. | Penutup a. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti b. Guru memberi penegasan terhadap hasil diskusi siswa c. Menarik kesimpulan bersama. d. Melakukan refleksi materi yang telah dibahas e. Penugasan secara individu siswa mencari lokasi industri maupun pertanian yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal kemudian diplotkan pada peta dengan tekhnis analisis sederhana | 10 menit 5 menit 5 menit 5 menit | Ceramah, tanya jawab, penugasan |
F. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
Sumber
· Lukman,Soetrisno,1998,Pertanian pada abad 21,Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
· Soetriono dkk,2006,Pengantar ilmu pertanian,Bayumedia,Jember.
· W.Wesley Eckenfender,Jr,2000,Industrial Water Pollution Control,Third Edition,Mc GrawHill,Singapore.
· Totok Mardikanto,2009,Membangun Pertanian Modern,UNS Press,Surakarta
· A.T.Mosher,1978,Menggerakkan dan Membangun Pertanian,C.O.Yasaguna,Jakarta.
· Soekartawi dkk,1986,Ilmu Usahatani dan Penelitian Untuk Perkembangan Petani Kecil,UI Press,Jakarta.
· Kuncoro,Mudrajad.2002.Analisis Spasial dan Regoinal:Studi Aglomerasi dan Kluster Industri Indonesia.UPP AMP YKPN.Yogyakarta
· Endarto,Danang.2008.Kamus Geografi Bergambar.Solo.PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
http://andimanwno.wordpress.com/2008/11/13/resume-hasil-diskusi-analisis-lokasi-industri/ diakses tanggal 1 Maret 2011
Alat
· LCD
· Papan tulis
· Spidol dan penghapus
· Laptop
· Kalkir
· Kertas HVS ukuran F4
Media
· Peta RBI Lembar ...................
Penilaian
Penilaian
Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan 3 ranah
- Ranah kognitif berupa:
· Jenis tagihan : Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
· Bentuk tagihan : Karangan analistis dan uraian
· Instrumen penilaian : Terlampir
Pedoman penilaian diskusi
No | Nama Siswa | Aktivitas Peserta | |||||||||||
Kemampuan bertanya | Kemampuan berpendapat | Aktivitas diskusi | Kerjasama dalam kelompok | ||||||||||
B | C | K | B | C | K | B | C | K | B | C | K | ||
| | | | | | | | | | | | | |
Keterangan :
· B : Baik (80-100)
· C : Cukup (60-80)
· K : Kurang (< 60)
2. Ranah Afektif, dengan mempertimbangkan:
a) Kesiapan siswa sebelum mengikuti kegiatan belajar mengajar
b) Minat siswa dalam mengikuti pembelajaran
c) Keaktifan siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung maupun kehadirannya
3. Ranah Psikomotorik
Penilaian dilakukan dengan ukuran kemampuan siswa dalam Memahami informasi keruangan dari penggunaan peta, atlas dan globe
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
Soal
1.Berdasarkan peta tersebut, tentukan kegiatan ekonomi apakah
yang sesuaiatau cocok pada daerah tersebut (pertanian atau perindustrian) jika cocok
untuk industri ,coba kemukakan apa yang dapat dikembangkan di daerah tersebut ?
kemukakan beserta alasannya?
Jawaban
1.Dari peta RBI Lembar 1408-621.GEMOLONG.SKALA 1:25.000
maka daerah dapat dijadikan sebagai area industri tekstil
Alasan berdasarkan pengamatan peta
· Topografinya datar
· Aksesibilitas memadai
· Lahan untuk pengembangan industri lebih lanjut masih luas
· Dekat dengan pusat perdagangan yaitu Kota Surakarta
Penilaian Jawaban soal no 1 skor 100
SKOR TOTAL 100
Komentar
Posting Komentar