RPP GEOGRAFI KELAS VIII
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan Permasalahan Lingkungan Hidup dan Upaya Penanggulangannya Dalam Pembangunan Berkelanjutan
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro
Diampu oleh Drs. Partoso Hadi, M.Si.
Disusun Oleh:
Nuzul Wachidah
K5408043
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPN 1 Kendal
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1
Tahun Pelajaran : 2010 / 2011
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 X pertemuan)
A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami permasalahan sosial yang berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan.
C. INDIKATOR
· Mengklasifikasikan bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup berdasarkan faktor penyebabnya yang berkaitan dengan karakteristik lingkungan.
· Mendeskripsikan usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Kognitif
a. Produk
Setelah selesai mengikuti proses pembelajaran, siswa diharapkan mampu :
1) Mengetahui bentuk-bentuk kerusakan lingkungan berdasarkan faktor penyebabnya yang berkaitan dengan karakteristik lingkungan.
2) Mengetahui usaha-usaha pelestraian lingkungan hidup.
b. Proses
Setelah selesai mengikuti proses pembelajaran, siswa diharapkan mampu :
1) Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup berdasarkan faktor penyebabnya yang berkaitan dengan karakteristik lingkungan.
2) Membedakan bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup berdasarkan faktor penyebabnya yang berkaitan dengan karakteristik lingkungan.
3) Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.
2. Afektif
Setelah selesai mengikuti proses pembelajaran, siswa diharapkan mempunyai sikap :
a. Menjaga kelestarian lingkungan minimal lingkungan di sekitar sekolah dan tempat tinggalnya.
b. Tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak lingkungan hidup.
c. Dapat bekerja sama dan bertanggung jawab dalam melakukan tugasnya.
d. Bertanya, memberikan ide dan mendengarkan pendapat orang lain.
3. Psikomotor
Setelah selesai mengikuti proses pembelajaran, siswa diharapkan mempunyai keterampilan :
a. Melakukan pengamatan terhadap kerusakan lingkungan yang berada di sekitar tempat tinggalnya serta mengaitkannya dengan karakteristik lingkungan daerah tersebut.
b. Menunjukkan daerah-daerah yang terjadi kerjadi kerusakan lingkungan berdasarkan karakteristik lingkungannya.
E. MATERI PEMBELAJARAN
Kerusakan Lingkungan Hidup
1. Peristiwa Alam
a. Letusan Gunungapi
b. Gempa Bumi
c. Banjir
d. Tanah Longsor
e. Angin Topan
2. Faktor Manusia
a. Pencemaran Tanah
b. Pencemaran Air
c. Pencemaran Udara
d. Pencemaran Suara
Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup
1. Pelestarian Tanah
2. Pelestarian Udara
3. Pelestarian Hutan
4. Pelestarian Laut dan Pantai
5. Pelestarian Flora dan Fauna
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran : Quantum
2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, dan Penugasan
G. LANGKAH PEMBELAJARAN
KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
a. Pendahuluan § Pembelajaran diawali dengan berdoa dilanjutkan dengan mengecek kehadiran siswa. § Setelah berdoa dan mengecek kehadiran siswa, kemudian pelajaran dimulai dengan penayangan citra Google Earth Pulau Jawa untuk menerangkan tatanan tektonik Pulau Jawa secara singkat. § Guru menayangkan gambar mengenai kerusakan lingkungan. § Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. | 3’ 5’ 3’ 2’ Total 13’ |
b. Kegiatan Inti § Guru menampilkan kerangka konsep materi yang akan dipelajari dan menjelaskannya. § Guru menjelaskan materi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup berdasarkan faktor penyebabnya berkaitan denga karakteristik lingkungan dan upaya pelestariannya § Setelah selesai menjelaskan, guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, kemudian siswa mendiskusikan tentang : Kelompok 1 dan 2 : Sebutkan jenis kerusakan lingkungan karena peristiwa alam yang mungkin terjadi di daratan tinggi dan bagaimana upaya penanggulangannya! Kelompok 3 dan 4 : Sebutkan kerusakan lingkungan karena manusia yang terjadi di daratan tinggi dan bagaimana upaya penanggulangannya! Kelompok 5 dan 6 : Sebutkan kerusakan lingkungan karena peristiwa alam yang terjadi di daratan rendah (termasuk pantai) dan bagaimana upaya penanggulangannya! Kelompok 7 dan 8 : Sebutkan kerusakan lingkungan karena manusia yang terjadi di daratan rendah (termasuk pantai) dan bagaimana upaya penanggulangannya! § Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. § Kelompok lain menanggapi dan menjawab permasalahan yang muncul. | 5’ 15’ 15’ 15 ‘ 10’ Total 60’ |
c. Penutup - Kegiatan penutup berupa tanggapan, penarikan kesimpulan hasil diskusi dan penguatan oleh guru serta perayaan terhadap hasil kerja siswa dengan bertepuk tangan. - Guru menyampaikan rancangan materi selanjutnya yaitu tentang pembangunan berkelanjutan. - Sebelum ditutup, siswa diberi tugas untuk menganalisis Peta Kejadian Banjir Kabupaten Kendal Tahun 2009 yang dikaitkan dengan karakteristik lingkungan. | 5’ 1’ 2’ Total 7’ |
Total waktu pembelajaran: 80 menit |
H. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber Pembelajaran
- Fattah, Sanusi dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas VIII. Depdiknas.
- Soemarwoto, Otto. 1989. Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Bandung : Penerbit Djambangan.
- Gemilang Sari, Ayu. 2008. Save Our Planet. Yogyakarta : Insan Madani.
- Hadi, Partoso. Modul PLPG. Surakarta : Prodi Geografi FKIP UNS.
- http://agustedhewe.blogspot.com/2009/10/geomorfologi
2. Media Pembelajaran
- Video pencemaran lingkungan
- Peta; kejadian bencana banjir di Kabupaten Kendal Tahun 2009
- Gambar-gambar :
§ Gambar 1. Lempeng–lempeng di dunia
§ Gambar 2. Gaya-gaya Tektonik yang bekerja di kepulauan Indonesia
§ Gambar 3. Proses Penunjaman Lempeng samudera dan Lempeng Benua
§ Gambar 4. Citra yang menampakkan rangkaian gunungapi pada bagian tengah
§ Gambar 5. Awan Panas Letusan Gunungapi
§ Gambar 6. Rumah yang rusak akibat letusan Gunung Merapi
§ Gambar 7. Tumbukan antar lempeng sebagai penyebab utama gempa
§ Gambar 8. Dampak adanya Gempa Bumi
§ Gambar 9. Bangunan yang roboh akibat Gempa Bumi
§ Gambar 10. Banjir
§ Gambar 11. Permukiman yang tergenang banjir
§ Gambar 12. Tanah Longsor
§ Gambar 13. Tanah Longsor di Ciwidey Jawa Barat
§ Gambar 14. Angin / Badai
§ Gambar 15. Kerusakan infrastruktur kota akibat badai
§ Gambar 16. Pencemaran Udara oleh Asap Pabrik
§ Gambar 17. Pencemaran Udara oleh Asap Kendaraan Bermotor
§ Gambar 18. Pencemaran Tanah oleh Sampah
§ Gambar 19. Pencemaran Air oleh Sampah
§ Gambar 20. Pencemaran Air oleh Limbah Pabrik
§ Gambar 21. Pencemaran Suara yang ditimbulkan roket
I. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian:
b. Tes Tulis (menjawab soal dengan diskusi).
c. Tes unjuk kerja.
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian.
b. Tes uji petik kerja produk.
3. Soal/instrumen:
· Tes Tulis (diskusi kelompok) :
· Kelompok 1 dan 2 : Sebutkan jenis kerusakan lingkungan karena peristiwa alam yang mungkin terjadi di daratan tinggi dan bagaimana upaya penanggulangannya!
· Kelompok 3 dan 4 : Sebutkan kerusakan lingkungan karena manusia yang terjadi di daratan tinggi dan bagaimana upaya penanggulangannya!
· Kelompok 5 dan 6 : Sebutkan kerusakan lingkungan karena peristiwa alam yang terjadi di daratan rendah (termasuk pantai) dan bagaimana upaya penanggulangannya!
· Kelompok 7 dan 8 : Sebutkan kerusakan lingkungan karena manusia yang terjadi di daratan rendah (termasuk pantai) dan bagaimana upaya penanggulangannya!
Tabel penilaian afektif (keaktifan siswa dalam diskusi)
No | Nama Siswa | Keaktifan Siswa | ||||||||
Kemampuan Bertanya | Kemampuan Berpendapat | Kemampuan Berdiskusi dan Kerjasama | ||||||||
B | C | K | B | C | K | B | C | K | ||
B = Baik (80 – 100)
C = Cukup (60-80)
K = Kurang (< 60)
Komentar
Posting Komentar