RPP GEOGRAFI KELAS VIII (Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan penduduk)


PERMASALAHAN KEPENDUDUKAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBANGUNAN

Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Micro Teaching
Dosen Pengampu : Drs. Partoso Hadi, M.Si





Disusun Oleh :
RITA SUSANTI
K5408086

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan pendidikan          : SMP Negeri I Pacitan
Mata Pelajaran                 : Geografi
Kelas / semester               :  VIII (delapan) / I
Standar Kompetensi        : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan penduduk
Kompetensi Dasar           : 1.4 Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan.
Alokasi waktu                 : 1 x 45  menit

  1. Indikator        
1.      Kognitif
a.       Produk :
1)   Mengetahui permasalahan kuantitas penduduk.
2)   Mengetahui pemasalahan kualitas penduduk.
3)   Mengetahui dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan.
b.      Proses :
1)   Menganalisis permasalahan kuantitas penduduk.
2)   Mendeskripsikan permasalahan persebaran penduduk yang tidak merata.
3)   Mendeskripsikan permasalahan pertumbuhan penduduk yang tinggi.
4)   Menganalisis permasalahan kualitas penduduk.
5)   Mendeskripsikan permasalahan penduduk tingkat pendidikan, kesehatan dan pendapatan.
6)   Mendeskripsikan dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan.


2.      Psikomotor
a.       Menyebutkan permasalahan kuantitas penduduk di Indonesia
b.      Menyebutkan permasalahan kualitas  penduduk di Indonesia
c.       Mendeskripsikan faktor penyebab permasalahan
d.      Mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan penduduk
e.       Mendeskripsikan dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
3.      Afektif
a.       Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1)      Permasalahan Kuantitas Penduduk
2)      Permasalahan Kualitas Penduduk
3)      Dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
b.      Keterampilan Sosial
Memberikan pendapat, bertanya, memperhatikan, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1)      Permasalahan Kuantitas Penduduk
2)      Permasalahan Kualitas Penduduk
3)      Dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan

  1. Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif :
a.       Produk
Siswa dapat :
1)      Mengetahui permasalahan kuantitas di Indonesia
2)      Mengetahui permasalahan kualitas penduduk di Indonesia
3)      Mengetahui dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
b.      Proses
1)      Siswa mampu menganalisis permasalahan kuantitas penduduk.
2)      Siswa mamapu mendeskripsikan permasalahan persebaran penduduk yang tidak merata.
3)      Siswa mampu mendeskripsikan permasalahan pertumbuhan penduduk yang tinggi.
4)      Siswa mampu menganalisis permasalahan kualitas penduduk.
5)      Siswa mampu mendeskripsikan permasalahan penduduk tingkat pendidikan, kesehatan dan pendapatan.
6)      Siswa mampu mendeskripsikan dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
2.      Afektif
a.       Karakter
Siswa memiliki sikap dan persepsi yang baik tentang pentingnya mengetahui permasalahan kuantitas dan kualitas penduduk di Indonesia dan mampu mengetahui dampak dari permaslahan penduduk tersebut terhadap pembangunan.
b.      Keterampilan Sosial
Setelah melakukan kegiatan pembelajaran siswa mampu untuk mendeskripsikan permasalahan kuantitas dan kualitas penduduk Indonesia serta dampaknya terhadap pembangunan.



  1. Materi Pembelajaran
1.      Permasalahan Penduduk Indonesia.
a.       Permasalahan Kuantitas
1)      Deskripsi masalah pertumbuhan penduduk yang tinggi
2)      Deskripsi masalah persebaran penduduk yang merata
b.      Permasalahan Kualitas
1)      Deskripsi masalah di bidang kesehatan
2)      Deskripsi masalah di bidang pendidikan
3)      Deskripsi masalah di tingkat kesehatan
2.      Dampak dari permasalahan penduduk terhadap pembangunan.

  1. Model dan Metode Pembelajaran
            Model Pembelajaran   : Kooperatif Struktural
            Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi

  1. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
Sekuen/tahap-tahap pembelajaran dengan metode kooperatif struktural  maka dapat diimplementasikan dalam RPP sebagai berikut :
No
Kegiatan
Waktu
Metode

1

Pendahuluan
-       Guru menyapa siswa dan memberikan  salam
-       Guru memeriksa Presensi (guru menanyakan kepada siswa siapa yang tidak hadir).
-       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang  harus dicapai oleh siswa


5 menit


2


Kegiatan Inti
-       Guru menyampaikan materi kepada siswa tentang permasalahan kuantitas penduduk di Indonesia yakni persebaran penduduk yang tidak merata dengan menunjukkan Peta Kepadatan Penduduk Indonesia. Dengan media tersebut dapat diketahui di wilayah mana saja persebaran penduduk yang tinggi , sehingga siswa dapat pula mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya.
-       Guru menampilkan citra ikonos padatnya pemukiman di Jakarta dan permasalahan yang ditimbulkan yakni pemukiman kumuh.
-       Guru menyampaikn materi tentang permasalahan kualitas penduduk di Indonesia serta menampilkan gambar-gambar dampak permasalahan penduduk dan menyampaikan pengaruh permasalahan penduduk terhadap keberhasilan pembangunan.
-       Guru membagi siswa dalam delapan kelompok kerja
-       Guru meminta masing- masing kelompok untuk diskusi dan mengerjakan lembar kerja mengenai permasalahan penduduk.
-       Guru meminta perwakilan tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan meminta kelompok lain untuk memberikan tanggapan.


30 menit



















Kooperatif Struktural

3

Kegiatan Penutup
-       Guru memberikan applaus dan pujian untuk siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran sebagai motivasi belajar.
-       Guru mengevaluasi hasil dari pembelajaran pada pertemuan tersebut dan memberikan pekerjaan rumah untuk nilai individu siswa.
-       Guru menutup pelajaran dengan mengucap salam.

10 menit


  1. Alat Belajar
1.      White board
2.      Spidol
3.      Laptop
4.      LCD

  1. Media Pembelajaran
1.      Peta Kepadatan Penduduk Indonesia
2.      Slide presentasi tentang permasalahan penduduk dan dampaknya terhadap pembangunan
3.      Gambar pemukiman kumuh di Kota Jakarta
4.      Gambar kualitas pendidikan di kota dan daerah terpencil
5.      Citra Ikonos Pemukiman Kota Jakarta
6.      Citra Ikonos Sungai Ciliwung Kota Jakarta
7.      Slide Jumlah Penduduk Indonesia

  1. Sumber Belajar
- Dendasurono, Prawiroatmodjo.1998.Ekonomi Kependudukan dan Lingkungan PERTUMBUHAN PENDUDUK DAN PEMBAHASAN EKONOMI DI NEGARA-NEGARA DUNIA KETIGA.Jakarta : Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan.
- Valentinus Darsono. 1994. Pengantar Ilmu Lingkungan. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya.
- Moh.Soerjani, Ahmad Rofiq, Munir Rozy. 1987. LINGKUNGAN : Sumberdaya alam dan Kependudukan dalam pembangunan. Jakarta : UI Press.
            -  http://www.bps.go.id
-  http://nasional.kompas.com/read/2008/11/12/2024174/3.761
-  http://shishyo-heartnet.blogspot.com/2009/11/pertambahan-penduduk-       dan-lingkungan.html
- http://rozakplano09.wordpress.com/2011/01/
- http://nextindonesia.com/news/peristiwa/12175/
- http://gis.ibl.or.id/a_1/index4.php
- http://www.bps.go.id/site_map/map1.php
- http://www.kompasiana.com/home
- http://ibakadabrabicarakota.blogspot.com/

  1. Penilaian
1.      Kognitif
a)      Diskusi Kelompok
Penilaian dengan soal sebagai berikut :
- Kelompok 1 & 8
                                                        i.            Apakah upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kualitas sumberdaya manusia yang berkaitan dengan bidang pendidikan ?
- Kelompok  2 & 7
                                                      ii.            Apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi ledakan penduduk di Indonesia ?
- Kelompok 3 & 6
                                                    iii.            Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat kesehatan penduduk  !
- Kelompok 4 & 5
                                                    iv.            Sebutkan faktor-faktor penyebab pencapaian hasil pembangunan yang belum optimal !
b)      Tugas Individu
Mencari suatu daerah yang merupakan kawasan kumuh, dan mengemukakan alasan mengapa daerah tersebut dikatakan kumuh.
2.      Afektif
Ditentukan dengan kriteria:
- Keaktifan
- Minat
- Sikap
- Pemahaman
3.      Psikomotor
Ditentukan oleh :
- Kemampuan mendeskripsikan permasalahan kualitas dan kuantitas penduduk.
- Ketrampilan dasar membaca peta kepadatan penduduk Indonesia.
- Kemampuan mendeskripsikan dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan.


Aspek Penilaian :
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
Kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah



Kemampuan merumuskan masalah



Kemampuan menganalisis masalah



Kemampuan memecahkan masalah



Kerja sama dalam kelompok



Partisipasi dalam diskusi



Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain



Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi



Nilai rata-rata




Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 – 79
Cukup
2
56 – 67
Kurang
1
< 55




Mengetahui,                                                     Pacitan, ……………………..

Kepala Sekolah





_____________________
Guru Geografi





  Rita Susanti  

Komentar

Postingan Populer