RPP GEOGRAFI KELAS X (Menganalisis unsur-unsur geosfer)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah             : SMA Negeri 5 Surakarta
Kelas/ Semester           : X (sepuluh)/ 2
Standar Kompetensi   : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar       : 3.1 Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan  pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi.
Alokasi Waktu            :  1 x 45 menit (1 kali pertemuan)
  1. Indikator         :
  1. Kognitif
a.       Produk:
1)      Mengetahui struktur lapisan bumi
2)      Mengetahui teori pembentukan muka bumi (teori pemekaran dasar samudera, apungan benua, dan lempeng tektonik)
3)      Mengetahui mengapa lempeng bergerak
4)      Mengetahui hasil pergerakkan lempeng (divergent, convergent, dan transform)
b.      Proses:
1)      Menganalisis struktur lapisan bumi
2)      Menganalisis teori pembentukkan muka bumi (teori pemekaran dasar samudera, apungan benua, dan lempeng tektonik)
3)      Menganalisis mengapa lempeng bergerak
4)      Menganalisis hasil pergerakan lempeng dan dampaknya di muka bumi.
2.      Psikomotorik
a.       Menyebutkan struktur lapisan bumi
b.      Menampilkan video mengenai teori pembentukkan muka bumi (teori pemekaran dasar samudera, teori apungan benua, dan lempeng tektonik)
c.       Mengidentifikasi penyebab pergerakkan lempeng berdasarkan video yang diputar
d.      Mendeskripsikan hasil pergerakkan lempeng dan menunjukkan hasilnya di permukaan bumi.
3.      Afektif
a.       Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1)      Struktur lapisan bumi
2)      Pembentukkan muka bumi
3)      Penyebab pergerakkan lempeng
4)      Perbedaan kenampakan yang ada di muka bumi.
b.      Keterampilan Sosial
      Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik,     berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1)      Struktur lapisan bumi
2)      Pembentukkan muka bumi
3)      Penyebab pergerakkan lempeng
4)      Perbedaan kenampakan yang ada di muka bumi
B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif
a.       Produk
Siswa dapat:
1)      Mengetahui struktur lapisan bumi
2)      Mengetahui pembentukkan muka bumi
3)      Mengetahui penyebab lempeng bergerak
4)      Mengetahui kenampakan yang ada di muka bumi
b.      Proses
1)      Siswa mampu untuk mengidentifikasi struktur lapisan kulitbumi dari gambar yang telah ditampilkan.
2)      Siswa mampu untuk menganalisis pembentukkan muka bumi berdasarkan video yang telah diputar.
3)      Siswa mampu menganalisis penyebab pergerakkan lempeng.
4)      Siswa mampu menganalisis hubungan pergerakkan lempeng dengan kenampakan yang ada di muka bumi.
2.      Afektif
a.       Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya mengetahui struktur lapisan bumi dan mengetahui pergerakkan lempeng-lempengnya serta mengetahui dampak yang dapat timbul akibat pergerakkan tersebut baik untuk antisipasi bencana maupun bentuk muka buminya. Serta mampu mengaitkan pergerakkan lempeng dengan keadaan bentuk muka bumi.
b.      Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mendeskripsikan letak Indonesia dan kaitannya dengan jajaran gunungapi.
  1. Materi Pembelajaran
1.      Struktur lapisan bumi pada slide
2.      Teori pembentukan muka bumi (teori pemekaran dasar samudera, apungan benua, dan lempeng tektonik) berdasarkan video yang putar
3.      Menunjukksn video pergerakkan lempeng
4.      Mengetahui hasil pergerakkan lempeng (divergent, convergent, dan transform).
D.    Metode Pembelajaran
Model              : pembelajaran kontekstual inkuiri dengan
Metode            : ceramah dan diskusi
E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama










Tahapan
Kegiatan
Alokasi
Keterangan
Metode
Awal
1. Apersepsi


2. Motivasi

·         Guru memberi salam dan melakukan presensi
·         Guru memutar video apungan benua


5 menit

·  Tahap ini guru memulai pelajaran dengan memberi salam, berdoa, dan melakukan presensi
·  Tahap apersepsi media yang digunakan adalah video apungan benua

Ceramah
Dan
Tanya Jawab
Kegiatan inti
1.            Elaborasi







2. Eksplorasi

·         Guru memberikan
materi tentang  teori pembentukkan permukaan bumi, struktur lapisan bumi, dan tataan tektonik yang menghasilkan vulkanik, seismik, dan bentukan struktural.

·         Guru memberikan tugas kelompok pada siswa dan menganalisisnya
·         Mempresentasikan hasil analisis kelompok

15 menit









15 menit

·  Tahap ini guru menerangkan pada siswa tentang proses apungan benua, struktur lapisan bumi, pergerakkan tenaga endogen, tataan tektonik yang menghasilkan vulkanik, seismik, dan bentukan struktural.
·  Soal yang diberikan berupa gambar citra ikonos wilayah Indonesia
·  Guru menunjuk siswa sebagai perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi










Kontekstual Inkuiri
Kegiatan Penutup
·         Guru melakukan refleksi materi yang telah dibahas berupa menarik kesimpul semua materi yang telah disampaikan.
10 menit
·  Penyimpulan berdasarkan hasil analisis dan kegiatan belajar
Ceramah
Dan Evaluasi
F.      Sumber/ Alat/ Media Belajar
1.      Sumber
1.      Munir, Moch. 2003. Geologi Lingkungan. Malang: Banyumedia.
2.      Charles C. Plummers,dkk. 2010. Physical Geology. NY: Mc Graw Hill.
8.      http://www.blogspot.com/Struktur lapisan bumi.htm diakses 13 Juni 2011
2.      Alat: Laptop, papan tulis, spidol, LCD, slide presentasi
3.      Media:
1.      Gambar struktur lapisan bumi
1.      Video apungan benua
2.      Video pergerakkan tenaga endogen
3.      Video pergerakkan lempeng
4.      Gambar proses tektonisme
5.      Gambar pergerakkan lempeng (divergent, convergent, dan transform)
  1. Penilaian
1.      Kognitif
Penilaian dengan kisi-kisi soal sebagai berikut:
Semua Kelompok:
                        Dari gambar yang telah dilampirkan Identifikasi:
1)      Letak geologis Indonesia melalui citra ikonos dan hubungannya dengan persebaran gunungapi dan gempa di Indonesia!
2)      Tunjukkan daerah mana saja yang tampak dipengaruhi aktivitas lempeng tektonik!
2.      Afektif
                        Ditentukan dengan kriteria :
·         Minat
·         Sikap
·         Kesopanan
·         Kedisiplinan
3.      Psikomotor
Ditentukan oleh :
-          Kemampuan bertanya
-          Kemampuan berpendapat
-          Keaktifan dalam berdiskusi
-          Kerjasama dalam kelompok
-          Ketrampilan mempresentasikan hasil di depan kelas
                                                            Kriteria Penilaian
                       Skor       
Nilai
86 - 100
Baik Sekali
71 - 85
Baik
56 - 70
Cukup
<55
Kurang
Mengetahui,                                                                                        ................................,

..................................

                      


Kepala Sekolah
Guru Geografi


                          
Hendra Dwi Kushartanti
                                                                                                

Komentar

Postingan Populer