RPP GEOGRAFI KELAS VII (Memahami lingkungan kehidupan manusia)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 20 SURAKARTA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
Tahun : 2011/2012
A. Standar Kompetensi
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
B.Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
C.Indikator
1. Aspek afektif
Ø Siswa dikenalkan lingkungan sekitar dalam menganalisa bencana Gunung Merapi.
Ø Siswa dikenalkan fenomena vulkanik dan dampak positif serta negative akibat fenomena tersebut.
Ø Siswa dikenalkan dengan tipe-tipe gunung api.
2. Aspek kognitif
Ø Menjelaskan konsep vulkanisme, tipe letusan gunung api dan dampaknya bagi kehidupan dengan media flip book.
3. Aspek psikomotorik
Ø Siswa diajak ke tempat kejadian untuk melihat dan mengamati kondisi yang terjadi di wilayah tersebut.
Ø Siswa diinstruksikan untuk membuat laporan dan hasil pengamatan lapangan.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui peta zona bahaya gunung merapi Kabupaten Sleman siswa dapat menjelaskan dampaknya bagi kehidupan.
2. Melalui video letusan gunungapi & media Flip Book siswa mampu membedakan jenis letusan gunung api serta jenis penyusupan magma.
E. Materi Pembelajaran
- Macam teori tenaga endogen berupa tektonik, vulkanik, seisme (gempa).
- Bentuk muka bumi akibat proses vulkanik.
- Tipe-tipe letusan gunung api.
- Dampak tenaga proses vulkanik.
F. Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran Kooperatif Struktural.
2. Diskusi kelompok & Tugas rumah/ pekerjaan rumah.
3. Pengamatan gambar dan video.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No. | TAHAPAN | KEGIATAN | WAKTU(menit) | |
Guru | Siswa | |||
1. | Pertemuan pertama · Pendahuluan ü Membuka Pelajaran ü Apersepsi ü Motivasi · Kegiatan Inti a. Penyampaian materi sub pokok bahasan 1. Pengertian tenaga Endogen 2.Macam penyusupan magma 3. Tipe letusan gunung api. 4. Dampak letusan gunung api. · KegiatanPenutup
| - Berdoa - Salam& menanyakan kabar - Guru menyatakan bahwa materi yang akan dibahas ini berkaitan dengan Tenaga Endogen. - Pentingnya mempelajari tenaga endogen untuk sadar bencana. - Guru Menyampaikan materi secara garis besar di sertai dengan menampilkan materi melalui media Flip Book. - Sebelum siswa masuk ke materi tipe letusan gunung api terlebih dahulu menayangkan video letusan gunung api terhebat dan mendiskripsikan sebagian video. - Membentuk siswa menjadi beberapa kelompok (anggota kelompok 6 siswa) yang sudah di bagi oleh guru. Tugasnya Identifikasi peta zona bahaya gunung merapi kabupaten sleman dampak yang ditimbulkan pada tingkatan zona bahaya. - Guru mereview kembali hasil diskusi. - Guru memberikan tugas pekerjaan rumah. Tugasnya, Buatlah Buatlah resume dampak negatif dan positif akibat letusan gunung api, dilihat dari segi ekonomi, politik, sosial, hukum? Kertas A4, Spasi 1,5, - | - Berdoa - Menyimak dan memperhatikan - Siswa berdiskusi. Yang kemudian salah satu kelompok mengutarakan hasil diskusinya. - Membuat kesimpulan bersama antara guru dan murid - Siswa mengerjakan tugas di rumah | 5 20 20 |
| Jumlah | | | 45’ |
H. Sumber
§ Budi Utomo, Ichwan dan Sulistyana Dwi Nugraheny.2008.Bentuk Muka Bumi.Surakarta:CV. Suara Media Indonesia
§ Endarto, Danang. 2000. Geomorfologi umum. Surakarta: UNS Press
§ Yasman Hestiyanto. 2006. Geografi SMA kelas X. Jakarta : Yudistira
§ (Sumber: http://geospasial.bnpb.go.id/)
I. Alat Belajar
a. Laptop
b. LCD
c. Spidol
d. White Board
J. Media pembelajaran
- Gambar tipe gunungapi
- Video letusan gunungapi
- Peta zona bahaya gunung merap Kabupaten Sleman
K. Penilaian
1. Ranah Kognitif,
a. mengumpulkan resume tentang bentuk proses tektonik, vulkanik, seisme(gempa) serta dampaknya dengan rubrik penilaan sebagai berikut:
Lembar Penilaian.
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Jumlah Skor | Nilai | ||
Ketepatan waktu | Kesesuaian isi | Kerapian | ||||
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
4 | | | | | | |
5 | | | | | | |
Keterangan aspek yang dinilai | Skor Maksimum |
1. Ketepatan waktu | 5 |
2. Banyaknya kesesuaian isi | 5 |
3. Kerapian | 5 |
Jumlah | 15 |
- Skoring Ketepatan Waktu
1 = Terlambat 1 hari atau lebih
2 = Terlambat jam
3 = Terlambat 2 jam
4 = Terlambat 1 jam
5 = Tepat waktu
- Skoring Kesesuaian Isi
1 = Sangat tidak sesuai
2 = Tidak sesuai
3 = Kurang sesuai
4 = Sesuai
5 = Sangat sesuai
Nilai = x 100
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
2. Ranah Afektif
- Sikap dalam kegiatan pembelajaran
- Kesopanan
- Kedisiplinan
Mengetahui Surakarta,……………………..
Kepala Sekolah SMP N 20 Surakarta Guru Geografi
____________________________ Ardian Raf Sanjani
NIP. NIM.
Komentar
Posting Komentar