RPP GEOGRAFI KELAS X
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu: Drs Partoso Hadi,M.Si dan Drs. Wakino M.S
Disusun Oleh
RINA WIDYANINGSIH
K5408046
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Polanharjo
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : X (sepuluh) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
geografi
Kompetensi Dasar : 1.4 Menjelaskan Aspek-aspek Geografi
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Indikator
1. Kognitif :
a. Produk :
1) Memahami ruang lingkup geografi.
2) Mengetahui objek material dan objek formal geografi
3) Mengetahui aspek fisik dan aspek sosial geografi
4) Mengetahui ilmu penunjang geografi
b. Proses :
1) Mengkaitkan objek formal dan objek material berdasarkan aspek fisik dan aspek sosial geografi dengan kehidupan manusia sehari-hari dan menanganalisis berdasarkan kenampakan spasial.
2) Mendiskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan sebagian besar penduduk Indonesia bertempat tinggal di Pulau Jawa.
3) Mengidentifikasi Ilmu bantu geografi yang ditinjau dari geografi fisik dan geografi sosial.
2. Psikomotor
a. Melakukan pengamatan pada gambar fenomena biosfer dengan menggunakan 5 W 1 H (what, where, when, who, why dan how). Yang diamati adalah aspek fisik (fenomena longsor, gempa bumi) dan aspek sosial (permukiman, pabrik AQUA).
b. Melakukan pengamatan pada daerah dataran rendah, dataran tinggi dan dataran pantai kemudian menganalisis pola perkembangannya berdasarkan aspek fisik dan aspek sosial.
c. Menyebutkan kenampakan fisik dan kenampakan sosial yang ada disekitar wilayah sekolah maupun tempat tinggal.
- Afektif
a. Karakter
Bekerjasama, tanggungjawab, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam melakukan analisis terhadap :
1) Ruang lingkup geografi yang berupa objek formal dan objek material geografi
2) Aspek-aspek geografi yang berupa aspek fisik dan aspek sosial geografi.
3) Ilmu bantu geografi.
b. Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
1) Ruang lingkup geografi yang berupa objek formal dan objek material geografi
2) Aspek-aspek geografi yang berupa aspek fisik dan aspek sosial geografi.
3) Ilmu bantu geografi.
B. Tujuan Pembelajaran
- Kognitif
a. Produk
Siswa dapat :
1) Mengetahui Ruang lingkup geografi yang berupa objek formal dan objek material geografi
2) Mengetahui Aspek-aspek geografi yang berupa aspek fisik dan aspek sosial geografi
3) Menumbuhkan kesadaran terhadap perubahan fenomena Geografi yang terjadi di lingkungan sekitar.
4) Mengetahui Ilmu bantu geografi.
b. Proses
1) Siswa mampu mengidentifikasi ruang lingkup geografi yang berupa objek formal dan objek material geografi
2) Siswa mampu untuk membedakan aspek fisik dan aspek sosial geografi berdasarkan contoh-contoh fenomena geosfer.
3) Siswa mampu menganalisis ilmu bantu geografi.
- Afektif
a. Karakter
Siswa memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya mengetahui bentuk mukabumi pada daerah tempat tinggal dan mengetahui kenampakan mukabumi yang terdapat pada wilayahnya. Serta mampu mengkaitkan keadaan mukabumi dengan keadaan sosial masyarakat di wilayah tersebut.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu untuk mendeskripsikan fenomena geosfer yang berupa aspek fisik dan aspek sosial pada daerah tempat tinggal dan potensi wilayah tersebut kaitannya dengan bentuk mukabumi. Siswa dapat mengembangkan keterampilam dengan mengumpulkan, mencatat data dan informasi yang berkaitan dengan aspek-aspek keruangan. Siswa dapat mengembangkan keterampilam dengan mengamati lingkungan fisik, lingkungan sosial dan lingkungan binaan. Siswa dapat mengembangkan keterampilan dengan menganalisis, Sintesis, kecenderungan, dan hasil-hasil dari interaksi berbagai gejala Geografis
C. Materi Pembelajaran
Ø Ruang Lingkup Geografi berupa objek material dan objek formal
geografi
Ø Aspek-aspek Geografi
o Aspek fisik (alamiah) : gejala - gejala alam yang timbul
o Aspek sosial/manusia dengan segala interaksi, penyebaran maupun relasinya.
Ø Ilmu Bantu Geografi
D. Model dan Metode Pembelajaran
Model : Contextual Teaching Learning (CTL) inkuiri.
Metode : Ceramah, Melontarkan permasalahan, Diskusi, dan menemukan pengetahuan baru.
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No | Kegiatan | Keterangan | Alokasi Waktu |
1. | Awal | · Memberi salam · Melakukan presensi | 2 menit |
| | · Apersepsi materi berupa : guru menyajikan Citra IKONOS dalam bentuk 3D daerah Gunung Merapi dan gambar dataran rendah dan gambar dataran tinggi. | 3 menit |
2. | Inti 1. Eksplorasi 2. Elaborasi 3. Konfirmasi | - Guru menugaskan siswa untuk menganalisis kenampakan yang terdapat pada layar slide presentasi dengan kenampakan dataran tinggi dan kenampakkan dataran rendah - Siswa menemukan perbedaan fenomena geosfer yang di tinjau dari aspek fisik dan aspek sosial antara dataran tinggi dan dataran pada citra Ikonos - Siswa mempresentasikan hasil penemuan kepada guru dan siswa yang lain. - Guru menjelaskan tentang ruang lingkup geografi berupa objek formal dan objek material. - Guru menerangkan aspek fisik dan aspek sosial. - Guru menjelaskan tentang fenomena geosfer berdasarkan aspek fisik dan aspek sosial secara spatial. - Guru menjelaskan perbedaan kenampakan fisik dan kenampakan sosial di konfigurasi mukabumi yang berbeda. - Siswa mencari dan membedakan fenomena geosfer baik aspek fisik maupun sosial pada citra IKONOS dan Transect. - Siswa mempresentasikan hasil temuannya yang berupa fenomena geosfer baik aspek fisik maupun sosial berdasarkan kenampakan relief mukabumi yang terdapat pada citra IKONOS dan Transect. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil pengamatan fenomena geosfer yang berupa aspek fisik dan aspek sosial. | 15 menit 15 menit 7 menit |
3. | Penutup | - Guru melakukan refleksi materi yang telah dibahas berupa menarik kesimpulan dari hasil presentasi siswa dan menyimpulkan secara keseluruhan materi tersebut. - Guru memberikan tugas individu kepada siswa mengenai gejala-gejala geografi dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk ke dalam objek material dan ilmu penunjang lainnya | 3 menit |
F. Sumber/ Alat/Media Belajar
Ø Sumber
1. Bintarto, R, Surastopo Hadisumarno. 1979. Metode Analisis Geografi. Jakarta: LP3ES
2. Bintarto, R. 1968. Beberapa Aspek Geografi. Yogyakarta: Karya Sekip T/5
3. Harmanto Gatot. 2008. Geografi Bilingual untuk SMA/MA kelas X Semester 1 dan 2. Bandung: Yrama Widya.
4. Hestiyanto Yusman. 2008. Geografi 1 SMA Kelas X KTSP. Jakarta: Yudistira
5. Sumaatmadja, Nursid. 1981. Studi Geografi (Suatu Pendekatan Dan Analisis Keruangan). Bandung: Alumni
6. Citra IKONOS tahun pencitraan 2006 diunduh tanggal 19 Juni 2011
9. Transect, Sumber: http://transect.org//
10. Gambar Longsor, Sumber: http:// rovicky.wordpress.com//
11. Gambar Gempa Bumi, Sumber:// bloomy-day.blogspot.com//
12. Materi geografi Sumber: //http: geografi.web.id//
Ø Alat
1. Laptop,
2. Papan Tulis,
3. Spidol,
4. LCD,
5. Slide Presentasi.
Ø Media :
1. Animasi dan gambar Gempa Bumi
2. Transect
3. Citra Ikonos
4. Peta Indonesia
5. Peta Zonasi Gempa Indonesia
6. Gambar Longsor
7. Gambar Dataran Tinggi dan Dataran Rendah
G. Penilaian.
- Kognitif
Penilaian dengan kisi-kisi soal sebagai berikut :
Tugas Diskusi (Kelompok)
Mendiskripsikan fenomena geosfer baik dari aspek fisik maupun aspek sosial.
Ø Kelompok 1
Menjelaskan Mengapa kota-kota yang terletak di dataran rendah lebih cepat berkembang, bila dibandingkan di daerah dataran tinggi? (dilengkapi dengan gambar)
Ø Kelompok 2
Menganalisis gambar fenomena geosfer dari aspek fisik yakni mengapa terjadi longsor di daerah dataran tinggi?
Ø Kelompok 3
Menganalisis gambar fenomena geosfer dari aspek sosial yakni perkembangan pola permukiman
Ø Kelompok 4
Menganalisis gambar fenomena geosfer dari aspek sosial yakni mengapa kegiatan Pabrik AQUA didirikan di Polanharjo?
Komentar
Posting Komentar