RPP GEOGRAFI KELAS VIII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                       : SMP Negeri 2 Surakarta
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester                     : VIII/ I               
Pertemuan Ke                       : 1
Alokasi Waktu                      : 1 x 45 menit (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi            : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar                : 1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
A.    Indikator                                     
1.      Kognitif :
a.    Produk :
(1)   Mengetahui letak geografis, letak astronomis dan  letak geologis Indonesia.
(2)   Mengetahui pengaruh letak astronomis berkaitan dengan iklim dan pembagian waktu di Indonesia.
(3)   Mengetahui hubungan antara kondisi fisik dengan aktivitas penduduk.
b.    Proses
(1)   Menunjukkan letak geografis, letak astronomis dan  letak geologis Indonesia
(2)   Menganalisis pengaruh letak astronomis berkaitan dengan iklim dan pembagian waktu di Indonesia
(3)   Menganalisis hubungan antara kondisi fisik dengan aktivitas penduduk
2.      Psikomotorik
a.       Melakukan pengamatan terhadap pengaruh letak astronomis berkaitan dengan iklim dan pembagian waktu di Indonesia.
b.      Mengidentifikasi gambar mengenai hubungan kondisi fisik dengan keadaan penduduk.
3.      Afektif
a.       Karakter
Bekerjasama tanggungjawab dan mendengarkan pendapat oranglain dalam melakukan analisis terhadap :
(1)   Letak astronomis, letak geografis dan letak geologis Indonesia
(2)   Kondisi fisik wilayah
(3)   Kondisi penduduk
b.      Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang :
(1)   Letak astronomis, letak geografis dan letak geologis Indonesia
(2)   Kondisi fisik wilayah
(3)   Kondisi penduduk

B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif
a. Produk
 Siswa dapat :
(1)   Mengetahui letak geografis, letak astronomis dan  letak geologis Indonesia.
(2)   Mengetahui pengaruh letak astronomis berkaitan dengan iklim dan pembagian waktu di Indonesia.
(3)   Mengetahui hubungan antara kondisi fisik dengan aktivitas penduduk.
b. Proses
(1)    Siswa mampu menunjukkan letak geografis, letak astronomis dan  letak geologis Indonesia.
(2)    Siswa mampu menganalisis pengaruh letak astronomis berkaitan dengan iklim dan pembagian waktu di Indonesia
(3)    Siswa mampu menganalisis hubungan antara kondisi fisik dengan aktivitas penduduk.
2.      Afektif
a.       Karakter
Siswa memiliki pandangan tentang yang baik tentang mengkaitkan kondisi fisik wilayah dan kondisi penduduk.
b.      Keterampilan Sosial
Setelah proses pembelajaran siswa mampu mendeskripsikan kenampakan muka bumi di daerah tempat tinggal dan hubungan dengan kondisi penduduknya.

C.     Materi Pembelajaran
1.      Letak geografis, letak astronomis  dan letak geologis Indonesia
2.      Pengaruh letak astronomis terhadap iklim dan pembagian waktu di Indonesia
3.      Hubungan kondisi fisik dengan aktivitas penduduk Indonesia

D.     Model dan Metode Pembelajaran
Model    : Contextual Teaching Learning (CTL) Konstruktivisme
Metode  : Ceramah dan Tanya Jawab

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
No
Kegiatan
Keterangan
Alokasi Waktu
1
Awal
·         Memberi salam, berdoa dan melakukan presensi
·         Apersepsi materi berupa : guru menampilkan citra Ikonos Google Earth Indonesia
2 menit

 3 menit

2
Inti
1.      Eksplorasi






















2.      Elaborasi















3.      Konfirmasi

·         Guru menugaskan siswa untuk mengamati Letak Astronomis, letak geografis dan letak geologis Indonesia melalui citra Ikonos.
·         Guru menugaskan siswa untuk menganalisis tentang kenampakan bentuk muka bumi berupa dataran tinggi, dataran rendah, pegunungan dan pesisir
·         Siswa menemukan persamaan bahwa sebenarnya letak astronomis, letak geografis, dan letak astronomis merupakan letak geografis.
·         Siswa dapat membedakan antara dataran tinggi, dataran rendah, pegunungan dan pesisir.

· Guru memberikan materi tentang  letak geologis, letak geografis dan letak astronomis Indonesia, pengaruh letak astronomis berkaitan dengan iklim dan pembagian waktu di Indonesia, dan bentuk-bentuk muka bumi .
·     Guru memberikan soal pada siswa dan siswa menganalisisnya
·      Siswa Mempresentasikan hasil analisis

·         Guru memberikan tanggapan presentasi siswa.













10 menit













15 menit













5 menit
3
Penutup
·     Guru menyimpulkan semua materi yang disampaikan
·     Guru memberikan tugas pada siswa dan dikumpulkan Jumat 6 Mei 2011 Pukul 07.00 WIB

10 menit

F.      Sumber dan Media Belajar
-   Sumber
1.      Sugiharso,I Wayan Legawa,dkk.2008.Ilmu Pengetahuan Sosial  Sekolah Menengah Pertama kelas VIII Edisi 4: Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas
3.      http://ksupointer.com/diakses 23 Februari 2011/12.00
4.      http://3.bp.blogspot.com/diakses 23 Februari 2011/12.09
7.      http://2.bp.blogspot.com/Diakses 20 April 2011/19.03
8.      http://kabarsoloraya.com /diakses 20 April 2011/19.05
9.      http://3.bp.blogspot.com/diakses 20 April 2011/19.08
11.  http://www.kompas.com/diakses 24 April 2011/12.09
-  Media
1.      Citra ikonos Indonesia dari Google Earth
2.      Peta Pembagian Waktu Indonesia (http://ksupointer.com)
3.      Peta Geologi Indonesia
4.      Gambar Daratan Tinggi Dieng
5.      Gambar Daratan Tinggi Dieng(Citra Ikonos Google Earth)
6.      Gambar  Pegunungan Kendeng di Grobogan (Struktural) (http://kheron.wordpress.com)
7.      Gambar  Gunung Lawu (Volkan)( Citra Ikonos Google Earth)
8.      Gambar  Daratan Rendah di Surakarta(http://korantarget.files.wordpress.com)
9.      Gambar  Pesisir Utara Jawa Tengah(Citra Ikonos Google Earth)
10.  Gambar  Aktivitas di Daratan Tinggi Dieng (http://airmengalirsampaijauh.blogspot.com)
11.  Gambar Lokasi Pegunungan Kendeng (Citra Ikonos Google Earth )
12.  Gambar   Aktivitas Petani Lahan Kering(Stuktural) (http://www.kompas.com)
13.   Gambar Lokasi Kemuning Karanganyar (Citra Ikonos Google Earth )
14.   Gambar Kebun  Teh Kemuning (http://kabarsoloraya.com)
15.  Gambar Kebun Karet Batu Jamus(Citra Ikonos Google Earth)
16.  Gambar Aktivitas Pertanian di Daratan Rendah (http://www.melayuonline.com)
17.  Gambar  Daratan Rendah untuk aktivitas Industri di Jaten, Karanganyar(Citra Ikonos Google Earth)
18.  Gambar Lokasi Tambak Bandeng di Semarang (Citra Ikonos Google Earth)
19.   Gambar Aktivitas Tambak Bandeng di Semarang (http://v-images2.antarafoto.com)
20.  Gambar  Hasil Tambak Bandeng (http://img17.imageshack.us)

G.    Penilaian
1.    Aspek kognitif
Penilaian dengan kisi-kisi soal sebagai berikut :
Semua Siswa :
a.      Di Kelas
-           Perhatikan gambar-gambar dataran tinggi, dataran rendah, pegunungan, gunung dan pesisir analisislah aktivitas pada wilayah tersebut.
b.      Tugas Rumah
-           Kaitkan tataan tektonik Indonesia dengan kondisi fisik wilayah Indonesia dan penduduk dan berikan contoh nyata disekitarmu.
Pedoman penilaian soal
                            Kriteria Penilaian
Skor
Nilai
86-100
Baik sekali
71-85
                  Baik
56-70
Cukup
< 55
Kurang

2.    Psikomotorik
 Ditentukan oleh :
-          Penilaian hasil diskusi
-          Menilai keaktifan siswa dalam diskusi

Pedoman penilaian diskusi


No


Nama Siswa
Aktivitas Peserta
Kemampuan bertanya
Kemampuan berpendapat
Aktivitas diskusi
Kerjasama dalam kelompok
B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K














Keterangan :
B : Baik             (80-100)
C : Cukup          (60-80)
K : Kurang         (< 60)

3.      Afektif
-          Sikap dalam kegiatan pembelajaran
-          Kesopanan
-          Kedisiplinan
Surakarta,………………
Kepala Sekolah

_____________________
Guru Geografi

Dewi Suci Gerhanawati

Komentar

Postingan Populer